Manajemen Kepegawaian Hibrid; Mampukah Kita?

Gambar Manajemen Kepegawaian Hibrid; Mampukah Kita?

Pandemi Covid-19 yang datang pada awal tahun 2020 telah memberikan dampak yang penting pada setiap lini. Tidak hanya kesehatan, dampak pandemi juga dapat dirasakan pada aspek sosial khususnya bagaimana manusia hidup maupun bagi organisasi dimana manusia tersebut berada. Pada ranah organisasi, hadirnya pandemi telah mengubah banyak tatanan kerja baik yang terkait dengan sumber daya manusia maupun proses bisnisnya.

Beberapa kalangan telah melihat adanya tren perubahan budaya kerja yang dijalankan organisasi, baik organisasi swasta mapun pemerintah. Bagaimana organisasi berupaya untuk menjaga roda bisnis berputar selama pandemi telah menjadi tren yang saat ini masih terus berlangsung dan menjadi bahan kajian para ilmuan.

Dilansir dari  Human Resources Today, banyak ahli di bidang Sumber Daya Manusia (SDM) telah menganalisa dan memprediksi arah mata angin tren pengelolaan SDM organisasi baik swasta maupun pemerintahan merespon hadirnya pandemi. Pada tahun ini, diprediksi terdapat beberap tren penting pengelolaan SDM yang akan dan masih digunakan oleh organisasi/perusahaan di tahun-tahun mendatang.

Antara Kantor dan Rumah

Salah satu perubahan yang paling nyata dengan hadirnya pandemik adalah perubahan mekanisme kerja. Pengaturan Work From Home (WFH) dan Work From Office (WFO) menjadi opsi yang harus dijalankan untuk tetap menjaga ritme kerja organisasi dan juga upaya menegakkan protokol kesehatan.

Opsi WFH telah menjadi strategi responsif yang dalam hal ini organisasi seolah dipaksa berlari lebih cepat dengan menyediakan mekanisme kerja dan infrastruktur yang dibutuhkan. Sumber daya manusia yang ada didalamnya juga seolah dipaksa untuk cepat belajar, memahami dan mengikuti pola kerja jarak jauh. Mereka dituntut dapat beradaptasi tidak hanya pada pola kerja baru namun juga penguasaan teknologi komunikasi yang mendukung mekanisme kerja digital.

Human Resources Today dan para ahli SDM memprediksi di tahun 2021 ini organisasi dan perusahaan akan semakin memantapkan sistem dan infrastruktur untuk menunjang sistem kerja jarak jauh bagi karyawan mereka. Perusahaan seperti Twitter, Square, dan Capital One baru-baru ini mengumumkan bahwa bekerja akan menjadi model baru dan akan dipatenkan bahkan setelah Covid-19 ini nantinya berlalu. Sejalan dengan itu, Microsoft mengumumkan rencana untuk mengadopsi "tempat kerja hibrid", yang menawarkan fleksibilitas yang lebih besar kepada karyawan setelah pandemi mereda.