RAT 2019 Koperasi Sedar: Jadikan Pandemi Tantangan Baru Bagi Koperasi

Gambar RAT 2019 Koperasi Sedar: Jadikan Pandemi Tantangan Baru Bagi Koperasi

Yogyakarta-Humas BKN, Koperasi Pegawai Kantor Regional (Kanreg) I Badan Kepegawaian Negara (BKN) “Sedar” menggelar rapat anggota tahunan (RAT) periode tahun 2019 di Aula Kanreg I BKN pada Selasa (16/06/2020). Rapat dipimpin langsung secara virtual oleh Ketua Koperasi, Dwi Haryono, yang berada di Jakarta. 

Anjaswari Dewi, Kepala Kanreg I BKN sekaligus sebagai Pembina Koperasi Sedar mengungkapkan bahwa RAT merupakan spirit untuk berkumpul bersama untuk membahas program kerja dan permasalahan yang ada, terutama di masa new normal di tengah pandemi. “Saya mendorong koperasi untuk bisa memfasilitasi hp dan laptop untuk mendukung pelaksanaan kerja WFH (work from home). Juga mendorong koperasi agar lebih agresif dengan program sektor jasa dan pelayanan, tidak hanya mengandalkan simpan pinjam. Ada jasa pembelian pulsa, telepon, listrik, dll,” ungkap Anjaswari. 

Selain dihadiri oleh sebagian anggota koperasi yang melaksanakan WFO (work from office), RAT juga mengundang perwakilan dari Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sleman dan Pusat Koperasi Pegawai Republik Indonesia (PKP RI).  Pustopo, Kepala Dinas Koperasi dan UKM yang hadir mengungkapkan bahwa RAT saat ini juga cukup banyak dilakukan melalui video konferensi. “Namun demikian, hal tersebut tidak mengurangi akuntabilitas kinerja koperasi. Walaupun dalam kondisi tataran tidak normal, tetapi dapat menjalankan program kerja, dari segi laporan keuangan tidak ada penurunan yang signifikan, cukup bagus,” ungkap Pustopo. 

Secara umum RAT membahas laporan pertanggungjawaban pengurus dan menetapkan rencana kerja dan rencana anggaran pendapatan dan belanja koperasi. Dalam kesempatan tersebut juga dibagikan SHU (sisa hasil usaha) dan juga voucer belanja di Koperasi Sedar bagi anggota koperasi. han