Kanreg I BKN Fasilitasi Ujian Dinas dan Penyesuaian Ijazah Pemkab Cilacap

Gambar Kanreg I BKN Fasilitasi Ujian Dinas dan Penyesuaian Ijazah Pemkab Cilacap

Yogyakarta-Humas BKN, Kantor Regional (Kanreg) I Badan Kepegawaian Negara (BKN) Yogyakarta selenggarakan ujian dinas dan ujian penyesuaian ijazah bagi 40 orang pegawai Pemerintah Kabupaten Cilacap yang diselenggarakan selama 2 hari, 4 dan 5 Agustus 2020. Empat puluh orang orang pegawai yang mengikuti ujian terbagi dalam beberapa kelompok ujian yaitu Ujian Dinas tingkat 1 dan 2, serta Ujian Penyesuaian Ijazah tingkat 1, 2, 3, dan 4.

Pelaksanaan ujian terdiri dari 3 metode yang dilakukan secara daring, yaitu presentasi makalah, wawancara, serta ujian substantif berbasis komputer. Presentasi makalah dan wawancara dilakukan melalui alat bantu aplikasi meeting virtual sementara ujian substantif berbasis komputer dilakukan secara daring melalui aplikasi yang dikembangkan oleh Kanreg I BKN. Proses ujian substantif yang berisi materi wawasan kebangsaan, inteligensi, dan kepegawaian. Meskipun dilakukan secara daring, penguji dari Kanreg I BKN tetap memantau secara langsung jalannya ujian melalui layar lebar yang dipimpin langsung oleh Kakanreg. 

Metode ujian secara daring ini merupakan yang perdana digagas oleh Kanreg I BKN Yogyakarta merespon pandemi Covid-19. Dengan metode ini para peserta ujian lebih dimudahkan mengingat tidak perlu melakukan ujian secara tatap muka. Kanreg I BKN juga tetap dapat menjalankan pelayanan yang optimal meskipun di tengah tantangan pembatasan akses dengan adanya pandemi covid-19.

Dalam acara pembukaan, Kepala Kanreg I BKN, Anjaswari Dewi, merespon positif adanya layanan ujian dinas dan penyesuaian ijazah secara daring ini. Anjaswari berharap llayanan ini dapat segera diikuti oleh kabupaten/kota lain di wilayah kerja Kanreg I BKN. Selain itu, proses kerja layanan daring ini dapat terus dikembangkan dan disempurnakan untuk layanan yang semakin optimal dan berkualitas. “Selamat mengikuti ujian, persiapkan diri seoptimal mungkin, jaga kesehatan karena agenda kita ini dilaksanakan selama dua hari, semoga lancar dan sukses untuk semua peserta,” pesan Anjaswari kepada peserta ujian. han