Kanreg I BKN Berkomitmen Membangun Layanan Yang Berintegritas

Gambar Kanreg I BKN Berkomitmen Membangun Layanan Yang Berintegritas
Yogyakarta-Humas BKN. Hari ini merupakan moment spesial bagi Kantor Regional I BKN Yogyakarta. Rabu (22/01 2020) segenap pimpinan dan staf mendeklarasikan diri untuk mewujudkan layanan zona integritas wilayah bebas korupsi. Pencanangan ini merupakan komitmen yang telah ditetapkan oleh kepala kantor dengan dukungan sepenuhnya dari seluruh pegawai. 
 
Sebagai bentuk komitmen dalam mewujudkan layanan berintegritas, pada kesempatan tersebut ditandatangani pakta integritas atau komitmen bersama lintas sektoral dengan melibatkan perwakilan dari Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta, Kejaksaan Tinggi DIY, serta dari Ombudsman DIY.
 
Kepala Kanreg I BKN Yogyakarta Anjaswari Dewi mengatakan, sebagai pelayan masyarakat kita sudah seharusnya menyuguhkan proses layanan yang cepat, mudah dan murah, serta terhindar dari tindak perilaku yang kurang berintegritas. Dicontohkannya, proses pelayanan yang masih bergantung pada aspek-aspek tertentu maupun yang bersifat subyektif harus segera ditinggalkan. Pelayanan berintegritas berarti melayani dengan sepenuh hati dengan berorientasi pada terpenuhinya kebutuhan dari pelanggan, mana yang sekiranya pelanggan senang.
 
Ketua Ombudsman DIY Budhi Masthuri dalam kesempatan tersebut menuturkan, tantangan yang dihadapi oleh instansi pemerintah saat ini tidak hanya pada praktik korupsi melainkan perilaku koruptif. Perilaku koruptif ini banyak sekali terjadi di masyarakat maupun pemerintah seperti datang terlambat, mengulur-ulur waktu pelayanan, serta tidak produktif di jam kerja.
 
“Sekarang ini kita sudah tidak berbicara lagi soal korupsi melainkan perilaku koruptif, seperti datang terlambat, tidak produktif, serta mengulur-ulur waktu pelayanan” ungkapnya. 
 
Dirinya berharap dengan telah dicanangkannya zona integritas di Kanreg I BKN ini sebagai langkah awal candradimuka motivasi jangka panjang untuk memberika pelayanan yang mudah, cepat, sederhana, dan murah. Berhasil tidaknya agenda pembangunan zona integritas ini sangat bergantung pada ada tidaknya perubahan perilaku dalam lembaga publik tersebut. Rdl