Bappenas Gali Informasi CPNS dan WFH di Kanreg I BKN

Gambar Bappenas Gali Informasi CPNS dan WFH di Kanreg I BKN

Yogyakarta – Humas BKN, Kantor Regional (Kanreg) I BKN Yogyakarta menerima kunjungan dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) pada Rabu (14/10/2020). Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka evaluasi seleksi CPNS formasi tahun 2019 dan pemantauan penerapan pelaksanaan work from home (WFH) selama masa pandemi Covid-19.

Kepala Kanreg I BKN, Anjaswari Dewi, menerima langsung kunjungan tim Bappenas yang dipimpin oleh Direktur Aparatur Negara Bappenas, Tatang Muttaqin. Anjaswari menyampaikan bahwa seluruh pelaksanaan SKB CPNS 2019 dilakukan secara daring berdasarkan Surat Edaran Kepala BKN Nomor 17/SE/VII/2020 Tentang Prosedur Penyelenggaraan Seleksi dengan Metode CAT BKN dengan Protokol Kesehatan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19. “Pelaksanaan SKB CPNS 2019 ini telah dilaksanakan secara daring, artinya bisa dilaksanakan kapan saja, di mana saja. Namun demikian bukan berarti bebas tak terbatas, pelaksanaan seleksi hanya dapat dilakukan di titik-titik lokasi yang telah ditentukan. Hal ini salah satunya untuk menghindari perjokian. Selain itu secara pembiayaan juga lebih hemat karena tidak perlu sewa server, karena server berada di BKN pusat,” terang Anjaswari.

Sedangkan terkait pelaksanaan WFH selama masa pandemi, Kanreg I BKN  mengacu pada SE Menpan dan RB Nomor 67 Tahun 2020 dan SE BKN Nomor 20/SE/IX/2020 Tentang Perubahan Atas SE Kepala BKN  Nomor 15/SE/VI/2020. Anjaswari menjelaskan bahwa saat ini Kanreg I BKN tengah mengembangkan aplikasi Semar (Sistem Elektronik Manajemen ASN Ter-rekonsiliasi) khususnya untuk layanan pindah instansi, peningkatan pendidikan, cuti di luar tanggungan negara, serta karpeg, karis, dan karsu bagi PNS. Namun demikian, selain sarana dan prasarana, kompetensi dalam hal IT juga dibutuhkan dalam menjalankan sistem WFO. “Pelaksanaan pelayanan paperless memerlukan kesiapan aparatur, termasuk juga membangun mindset masyarakat secara umum terkait pelayanan secara daring,” pungkas Anjaswari. 

Selain berdiskusi mengenai pelaksanaan CPNS 2019 dan WFH di masa pandemi, tim dari Bappenas juga berkesempatan mengunjungi Gedung CAT dan Assessment Center di Kanreg I BKN Yogyakarta yang menyelenggarakan SKB CPNS 2019 pada 1 September sampai dengan 1 Oktober lalu. han