Kanreg I BKN Peroleh Predikat Wilayah Bebas Korupsi

Gambar Kanreg I BKN Peroleh Predikat Wilayah Bebas Korupsi

Yogyakarta – Humas BKN, Kantor Regional I BKN Yogyakarta menerima predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dalam rangka pembangunan Zona Integritas yang diberikan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) pada Senin (21/12/2020) yang diselenggarakan secara daring.

Penganugerahan predikat dihadiri pula oleh Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin, yang hadir secara virtual. Ma’ruf Amin menyampaikan bahwa pemerintah berkomitmen untuk melakukan reformasi birokrasi demi terwujudnya visi Indonesia yang maju. “Pemerintah berkomitmen untuk memperkuat dan mempercepat reformasi birokrasi di seluruh kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah. Dalam konteks ini kita harus memastikan tegaknya integritas birokrasi,” ungkap Ma’ruf. Lebih lanjut lagi Ma’ruf menyatakan bahwa keberhasilan dalam pembangunan Zona Integritas diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan publik kepada instansi pemerintah.

Kepala Kanreg I BKN Yogyakarta, Anjaswari Dewi mengungkapkan rasa syukur atas penganugerahan predikat WBK. “Terima kasih sekali, kami akan sungguh-sungguh komit dengan penghargaan tersebut untuk terus memberikan pelayanan yang profesional dan berintegritas.” Anjaswari juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung pembangunan  Zona Integritas, termasuk mitra kerja Kanreg I BKN Yogyakarta.

Pada pembangunan Zona Integritas tahun 2020, sebanyak 3.691 unit kerja diusulkan ke Tim Penilai Nasional. Selanjutnya, sebanyak 2.570 unit kerja lolos ke tahap evaluasi lanjutan dan menyisakan 763 unit kerja yang mendapatkan predikat WBK dan WBBM, yaitu 681 instansi untuk WBK dan 82 instansi untuk WBBM. Di BKN, selain Kanreg I BKN Yogyakarta, Kanreg IX BKN Jayapura dan Kanreg XI BKN Manado juga menerima predikat WBK. han