Wujudkan Satu Data ASN, BKN Launching SIASN

Gambar Wujudkan Satu Data ASN, BKN Launching SIASN

Yogyakarta – Humas BKN, Badan Kepegawaian Negara (BKN) secara resmi meluncurkan Sistem Informasi ASN atau SIASN pada Rakornas Kepegawaian 2020, Kamis (17/12/2020) yang diselenggarakan secara virtual. Peluncuran SIASN dilakukan secara langsung oleh Kepala BKN, Bima Haria Wibisana bersama Menteri Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo, Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), Agus Pramusinto dan Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN, Suharmen.

“Sistem Informasi ASN ini adalah rangkaian data dan informasi yang disusun secara teratur, menyeluruh, dan terintegrasi berbasis teknologi informasi. Ini adalah sistem yang terintegrasi, yang tadinya sistemnya terpecah-pecah dijadikan satu, sehingga proses monitoring dan aplikasi pelayanan menjadi lebih mudah,” terang Suharmen. SIASN akan mengintegrasikan data ASN secara nasional meliputi seluruh Instansi Pemerintah Pusat dan Instansi Pemerintah Daerah. Lebih lanjut lagi SIASN bertujuan untuk memperbaiki kualitas data ASN dan memperbaiki layanan publik khususnya layanan manajemen kepegawaian. 

Suharmen mengungkapan bahwa melalui SIASN, setiap ASN dapat memantau progres layanan kepegawaian melalui notifikasi MySAPK atau melalui Whatsapp. SIASN juga telah berbasis paperless dengan menerapkan tanda tangan digital untuk layanan kepegawaian. Suharmen juga menambahkan bahwa SIASN mengusung teknologi artificial intelligence dalam pengiriman berkas ke instansi. Tidak hanya itu, data yang dihasilkan oleh SIASN juga dapat dimanfaatkan untuk pengambilan kebijakan (evidence based policy) oleh pimpinan. han