14 Kanreg BKN Mencari Solusi Permasalahan Pensiun

Gambar 14 Kanreg BKN Mencari Solusi Permasalahan Pensiun

Yogyakarta – Humas BKN, Kanreg I BKN Yogyakarta menjadi tuan rumah penyelenggaraan Focus Group Discussion (FGD) membahas permasalahan kepegawaian di bidang pensiun oleh Direktorat Pensiun PNS dan Pejabat Negara BKN yang dihadiri oleh 14 Kanreg BKN serta PT Taspen yang digelar selama dua hari, 9-10 Maret 2021.

Direktur Pensiun PNS dan Pejabat Negara, Sri Widayanti menyampaikan beberapa permasalahan yang akan dibahas pada FGD. Permasalahan tersebut antara lain lambatnya penerbitan Pertimbangan Teknis (Pertek) pensiun, lambatnya penerbitan SK pensiun, kesalahan data ahli waris, dan permasalahan lain terkait status dan kedudukan PNS yang berpengaruh pada penetapan pensiun PNS. “Untuk menetapkan Pertek pensiun diperlukan kecermatan dan kecepatan. Cermat, karena pada pertek terdapat data-data ahli waris serta jenis pemberhentian yang berbeda-beda. Dan cepat, karena jangan sampai penetapan pertek kita terlambat,” terangnya. Sri Widayanti juga menambahkan bahwa koordinasi dengan PT Taspen dan PT Asabri terutama dalam proses bisnis secara digital perlu segera dilakukan untuk meningkatkan layanan.

Kepala Kanreg I BKN Yogyakarta, Anjaswari Dewi pada pembukaannya berharap agar kegiatan FGD ini memberikan inspirasi dan solusi dalam memecahkan permasalahan layanan pensiun. “Melalui FGD permasalahan pensiun ini, diharapkan akan mendapatkan persamaan persepsi yang nantinya akan sangat bermanfaat dalam layanan kepegawaian,” terang Anjaswari.

Pada kesempatan yang sama, PT Taspen menyambut positif kegiatan FGD. Pihaknya juga terus melakukan koordinasi dan kerja sama dalam pelayanan pensiun bersama BKN. Kerja sama tersebut meliputi integrasi data dan aplikasi dari kedua belah pihak. han