Informasi

Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Visi BKN : Menjadi Pembina dan Penyelenggara Manajemen Kepegawaian yang Profesional dan Bermartabat Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Melayani dengan Peduli, Iklas dan Bertanggungjawab ... ;
Jumat, 26 Oktober 2018 - 10:45:33 WIB

Selintas Tentang Narkoba Dan Upaya Berpola Hidup Sehat


Diposting oleh : Teamweb
Kategori: Olahraga - Dibaca: 44 kali

Selintas Tentang Narkoba Dan Upaya Berpola Hidup Sehat
Dewasa ini penyalagunaan narkotika makin marak terjadi sehingga perlu masyarakat mengetahui apakah yang dimaksud dengan narkoba tersebut. Berbagai macam penyakit baru juga muncul semakin berkembang  sehingga diperlukan suatu pola hidup yang lebih sehat guna mengantisipasi dan mengurangi resiko terkena berbagai macam penyakit maupun dari kecanduan mengonsumsi narkoba. Namun tidak sedikit orang yang tidak tau bagaimana pola hidup sehat yang benar dan cara menghindari dampak-dampak dari bahaya narkoba itu sendiri. Masyarakat perlu memperhatikan tentang pola hidup sehat dan mengenal lebih dalam tentang apa itu narkoba agar tidak terjerumus dalam penyalahgunaan narkoba yang berdampak buruk bagi kesehatan. 
 
Kesehatan adalah harta yang paling berharga dalam hidup sehingga perlu di jaga. Cara menjaga tubuh agar tetap sehat bisa dimulai dengan melakukan budaya hidup sehat dengan tidak mengonsumsi narkoba dan berolahraga secara teratur. Selain itu juga agar kita bisa mengetahui manfaat pola hidup sehat dan pencegahan dari narkotika.
Pengertian narkoba dan hubungannya dalam dunia kesehatan.
 
Narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintetis maupun semi sintetis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa nyeri dan dapat menimbulkan ketergantungan (Undang-Undang No. 35 tahun 2009). Cara kerjanya mempengaruhi susunan syaraf yang dapat membuat kita tidak merasakan apa-apa, bahkan bila bagian tubuh kita disakiti sekalipun. 
 
Penyebaran Narkoba di di semua kalangan hampir tak bisa dicegah mengingat hampir seluruh penduduk dunia dapat dengan mudah mendapat narkoba dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Misalnya saja dari bandar narkoba yang senang mencari mangsa didaerah sekolah, diskotik, tempat pelacuran, dan tempat-tempat perkumpulan genk. Tentu saja hal ini bisa membuat para orang tua, ormas, pemerintah khawatir akan penyebaran narkoba yang begitu meraja rela.
 
Upaya pemberantas narkoba pun sudah sering dilakukan namun masih sedikit kemungkinan untuk menghindarkan narkoba dari kalangan remaja maupun dewasa, bahkan anak-anak usia SD dan SMP pun banyak yang terjerumus narkoba. Hingga saat ini upaya yang paling efektif untuk mencegah penyalahgunaan narkoba pada anak-anak yaitu dari pendidikan keluarga. Orang tua diharapkan dapat mengawasi dan mendidik anaknya untuk selalu menjauhi Narkoba. 
 
Upaya penanggulangan penyalahgunaan narkoba
Berbagai upaya yang dapat dilakukan dalam menanggulangi penyalahgunaan narkoba di masyarakat khususnya pada anak dan remaja diantaranya adalah dengan menjaga diri sendiri dan teman terdekat dari hal yang menjurus ke narkoba, memberi kesempatan agar remaja mengembangkan kegiatannya, membentuk perkumpulan dalam gerakan anti narkoba (say no to drugs), melaporkan ke pihak yang berwajib jika mengetahui pengedar/bandar narkoba, memberikan program, terapi dan rehabilitasi, serta menyediakan sarana konseling untuk para pemakai dan pengedar narrkoba.
 
Selain upaya diatas perlu pula diperhatikan upaya lain yang tidak kalah penting yaitu mengikutsertakan keluarga dalam membentengi anggota keluarga dari bahaya narkoba, dan menekankan secara jelas kebijakan untuk mengatakan tidak pada narkoba dan meningkatkan kepercayaan dan hubungan interpersonal antara orang dewasa dengan anak-anak.
 
Pola Hidup Sehat
Pola hidup sehat yang kita harapkan yaitu segala upaya untuk menerapkan kebiasaan yang baik dalam menciptakan hidup yang sehat dan menghindari kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan. Kesehatan bukanlah segala-galanya namun segala-galanya tanpa kesehatan tidak ada artinya. Bahkan kesehatan merupakan investasi, hak dan kewajiban setiap manusia.
 
Dari penyataan tersebut diatas, makin terasa bahwa sehat adalah kebutuhan dan milik kita yang harus diperjuangkan. Karena dengan pola hidup sehat, kita akan sehat lahir dan batin, yaitu: merasa nyaman, aman dan tentaram, memiliki rasa percaya diri, sukses dalam pekerjaan, serta dapat menikmati kehidupan sosial di lingkungan keluarga,tetangga dan masyarakat.
 
Pola hidup sehat memiliki banyak komponen. Tetapi secara umum meliputi beberapa faktor, antara lain: Istirahat yang cukup dan teratur, mengkonsumsi makanan yang sehat secara teratur dan seimbang, mempertahankan berat badan ideal, melakukan latihan fisik secara teratur, benar, terukur dan berkesinambungan, berpandangan positif dan melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin dan teratur. 
 
Upaya mewujudkan Pola Hidup Sehat
Menerapkan pola hidup sehat dapat dilakukan dengan berbagai cara antara lain:
1. Berolahraga secara rutin
Salah satu cara untuk menyehatkan badan dan pikiran adalah berolahraga secara teratur. Dalam konteks ini, tidak hanya mendapatkan  kesehatan pada tubuh, tetapi kesehatan jiwa. Oleh karena itu, membudayakan hidup sehat dengan menerapkan pola hidup sehat dapat diterapkan dengan berolahraga secara rutin. Tentu olahraga dimulai dengan olahraga yang ringan tapi teratur.
2. Mengkonsumsi makanan sehat
Makanan sering menjadi sumber penyakit! penyakit yang kita derita adalah akibat dari makanan yang konsumsi. Cara membudayakan pola hidup sehat adalah dengan cara membudayakan mengkonsumsi makanan yang sehat. Dengan cara ini, maka lambung atau perut tidak mengalami sakit dan secara teratur kegiatan seperti ini dapat mencegah tubuh dari penyakit.
3. Memelihara kebersihan diri
Kebersihan badan dijaga dengan cara mandi, gosok gigi, keramas, cuci tangan, memotong kuku. Kebersihan  pakaian dijaga dengan dicuci dan disetrika Pakaian yang kotor seharusnya dicuci sampai bersih, kemudian dijemur di tempat yang tidak banyak debu, dan setelah kering seharusnya disetrika untuk mematikan segala bibit penyakit.
4. Istirahat
Tubuh harus dapat istirahat untuk memperbaiki dirinya sendiri. Kita harus menyediakan waktu berekreasi dan beristirahat untuk menghilangkan ketegangan dalam pekerjaan. Tanpa istirahat yang cukup orang sering kali kegugupan tiap kali berbicara, depresi dan mudah tersinggung, maka istirahat yang cukup itu perlu.
5. Rekreasi
Rekreasi adalah penyegaran kembali badan dan pikiran, sesuatu yang menggembirakan hati dan menyegarkan, misalnya piknik. Kegiatan yang merupakan rekreasi diantaranya wisata ke pantai, gunung ataupun taman. Pemandangan yang menyegarkan dapat mengembalikan energi yang hilang.
 
Selain beberapa upaya mewujudkan pola hidup sehat tersebut berikut perlu diupayakan agar menjaga pola makan dengan mengurangi makanan berlemak tinggi, menghindari bahan makanan berpengawet  dan  pilih makanan atau minuman yang berwarna putih alami atau yang  menggunakan pewarna dari bahan alami seperti warna coklat dari bubuk coklat, merah dari strowbery, kuning dari kunyit, dan hijau dari daun suji.
 
Dari uraian diatas dapat diambil kesimpulan bahwa kesehatan amatlah penting untuk meraih kebahagiaan hidup. Syarat utama seseorang dapat menikmati kebahagiaan dalam hidup ini adalah saat mereka memiliki kesehatan secara jasmani dan rohani. Pengertian hidup sehat ini menjadi cara seseorang untuk menuju kebahagiaan hidup. 
 
Oleh sebab itu mulailah membiasakan hidup sehat. Sebab salah satu resep kebahagiaan ternyata adalah apabila kita bisa hidup dalam kondisi sehat. Kesehatan  jasmani menjadikan manusia mempunyai kesempatan untuk mencapai usia harapan hidup lebih tinggi. Sementara kesehatan batin akan menjadikan manusia lebih optimis dalam menatap masa depan. Semua hal tersebut dapat terwujud jika manusia mau mengaplikasikan pola hidup sehat dan tidak mengonsumsi narkoba.

 
 
Ditulis Oleh: Supriyanto, SH
Diolah dari berbagai sumber


Berita Terkait