Informasi

Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Visi BKN : Menjadi Pembina dan Penyelenggara Manajemen Kepegawaian yang Profesional dan Bermartabat Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Melayani dengan Peduli, Iklas dan Bertanggungjawab ... ;
Kamis, 15 Maret 2018 - 15:01:28 WIB
Cegah Konten Negatif pada Sistem Operasi Android
Diposting oleh : Teamweb
Kategori: Teknologi - Dibaca: 196 kali

Internet telah secara drastis mengubah cara berinteraksi dengan dunia. Hampir tidak ada batasan apa saja yang bisa dilakukan secara online, melalui internet kita dapat mengakses berbagai infomasi dengan cepat, berkomunikasi dengan orang-orang diseluruh dunia melalui media sosial, selain itu internet juga dapat dijadikan sebagai alat untuk mengekspresikan kreativitas. Namun internet bagaikan pisau bermata dua, disatu sisi sangat bermanfaat tetapi disisi lain juga dapat menimbulkan dampak yang negatif. Tidak semua informasi yang berasal dari internet memilik konten yang baik atau “sehat” seperti pemuatan gambar porno, perjudian, berita bohong atau hoax, cyber bullying, dan yang sedang marak adalah predator online.
Menurut Kementerian Komunikasi dan Informasi, 80 persen pengguna internet di indonesia adalah remaja berusia 15-19 tahun yang mayoritas menggunakan jejaring sosial. Komisi Perlindungan Anak Indonesia mencatat pada tahun 2014 sebanyak 322 kasus kekerasan terjadi pada anak-anak yang dipicu dari sosial media dan internet, sedangkan kasus kekerasan seksual melalui internet menjadi kategori kasus yang tinggi. Oleh karena itu diperlukan suatu upaya untuk melindungi diri dan terutama anak-anak dan remaja dari dampak negatif yang ditimbulkan dari mudahnya akses internet. Salah satu upaya untuk meminimalkan dampak negatif tersebut adalah dengan mengaktifkan fitur parental control yang ada pada sistem operasi Android.
Berikut beberapa cara untuk mengaktifkan fitur parental control:

  1. Membatasi konten pada play store
    1. Buka aplikasi play store yang ada pada smart phone
    2. Di sudut kiri atas, tap menu 
    3. Tap menu “Setting”
    4. Tap menu “Parental Controls”
    5. Buat PIN dan konfirmasi PIN
    6. Tap jenis konten yang ingin di filter
    7. Pilih batasan akses
    8. Tap tombol Simpan
  2. Mengatur akses video di Youtube
    1. Buka aplikasi youtube yang ada di smart phone
    2. Pada sudut kanan atas tap icon akun anda
    3. Tap “setting” atau setelan
    4. Tap “Umum” atau “General”
    5. Aktifkan “mode terbatas” (Restricted Mode)
  3. Mengatur akses mesin pencarian (search engine)
    1. Buka search engine google
    2. Pada bagian bawah tap Setting atau setelan
    3. Pada “Setelan Penelusuran” atau “Search Setting”
    4. Pada opsi “Filter Safe Search” pilih “Filter hasil yang berisi konten tidak pantas”
    5. Scroll ke bawah dan tap tombol “simpan”

Meskipun fitur parental control sudah diaktifkan akan tetapi tidak menjamin 100 persen bahwa anak-anak atau remaja terbebas dari konten negatif dari internet. Oleh karena itu pengawasan orang tua atau orang sekeliling tetaplah diperlukan.
 

*Ditulis oleh Sa'diyah Noor Novita Alfisahrin, pegawai UPT BKN Semarang