Informasi

Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Visi BKN : Menjadi Pembina dan Penyelenggara Manajemen Kepegawaian yang Profesional dan Bermartabat Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Melayani dengan Peduli, Iklas dan Bertanggungjawab ... ;
Rabu, 23 September 2019 - 08:18:08 WIB

Apa Yang Kurang Dari Pejabat JPT dan Administrator Kita?


Diposting oleh : Teamweb
Kategori: Kepegawaian - Dibaca: 636 kali

Apa Yang Kurang Dari Pejabat JPT dan Administrator Kita?
Badan Kepegawaian Negara (BKN) melalui Pusat Penilaian Kompetensi ASN (Puspenkom) sejak 2015 telah menyelenggarakan kegiatan penilaian potensi dan kompetensi khusus bagi Pejabat Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama dan Pejabat Administrator yang diberi tajuk talent pool. Tujuan dari talent pool dimaksudkan untuk membangun sistem informasi kepegawaian berbasis kompetensi yang komprehensif menuju era manajemen talenta.

Talent pool merupakan kegiatan dalam rangka mencari calon-calon pemimpin potensial. Hasil dari talent pool merupakan sekelompok kandidat baik dari internal maupun eksternal organisasi yang memenuhi persyaratan jabatan untuk mengisi jabatan pimpinan tinggi.

Beberapa kegunaan dari talent pool ini diantaranya sebagai proses pengumpulan data JPT dan Administrator potensial, sebagai bahan database untuk dasar seleksi lebih lanjut, serta untuk pengembangan kompetensi kepemimpinan. Bagi instansi, hasil dari talent pool dapat diperoleh database profil kompetensi dan potensi JPT dan Administrator yang dapat digunakan sebagai dasar dalam penerapan sistem kaderisasi sebagai langkah nyata menuju implementasi manajemen ASN berbasis sistem merit.

Hasil dari talent pool ini nantinya diharapkan dapat dijadikan dasar dalam proses pengisian jabatan yang lowong. Pelaksanaan penilaian ini juga telah berkoordinasi dengan KASN sehingga hasil penilaian ini idealnya dapat digunakan sebagai bagian dalam proses seleksi terbuka Calon Pejabat Pimpinan Tinggi meskipun implementasinya hingga saat ini masih belum sesuai yang diharapkan.

Talent pool dipersyaratkan bagi JPT yang belum pernah mengikuti kegiatan Assessment Center sebelumnya baik yang diselenggarakan oleh BKN maupun lembaga lain. Selain itu, calon peserta talent pool tahun ini juga terdapat batasan usia. Untuk peserta JPT maksimal usia 57 tahun, sementara untuk pejabat Administrator maksimal usia 56 tahun.

Penyelenggaraan talent pool dilaksanakan pada kantor regional BKN dengan peserta para JPT dan Administrator kabupaten/kota se-Indonesia. Pada event talent pool 2018 lalu, setidaknya diikuti oleh 2194 peserta dengan rincian 374 pejabat JPT dan 1820 pejabat Administrator yang berasal dari 173 instansi daerah. Sejauh ini, pelaksanaan talent pool memang baru menyasar pegawai daerah, belum melibatkan instansi pusat/vertikal.

Secara teknis, talent pool menggunakan dua belas (12) kompetensi untuk menyasar kriteria profil seorang pejabat. Kompetensi visioning, memprakarsai perubahan, analisis dan pengambilan keputusan, inovasi, integritas, perencaan dan pengorganisasian, mendorong pada hasil, fokus pada pemangku kepentingan, kepemimpinan, manajemen konflik, mengelola keberagaman, serta mengelola kebangsaan menjadi aspek yang dipotret dalam talent pool. Selain kompetensi manajerial, peserta talent pool juga akan dipotret dalam aspek potensinya melalui serangkaian uji psikotes, beragam simulasi, serta wawancara kompetensi.

Hasil dari talent pool merefleksikan matrik perpaduan antara aspek kompetensi dan potensi yang dimiliki seorang pejabat sehingga dapat diperoleh deskripsi sembilan kategori (nine box), mulai dari sangat potensial untuk dipromosikan, masih layak untuk dipromosikan namun dengan catatan pengembangan, maupun tingkatan kurang optimal sehingga dibutuhkan upaya pengembangan maupun upaya tindak lanjut.





Berita Terkait