Informasi

Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Visi BKN : Menjadi Pembina dan Penyelenggara Manajemen Kepegawaian yang Profesional dan Bermartabat Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Melayani dengan Peduli, Iklas dan Bertanggungjawab ... ;
Rabu, 18 Maret 2020 - 13:02:42 WIB

Mematrikan Semangat Juang Para CPNS


Diposting oleh : Teamweb
Kategori: Kepegawaian - Dibaca: 60 kali

Mematrikan Semangat Juang Para CPNS
Dalam suatu kesempatan saya diminta untuk memberikan asistensi kepada para mahasiswa jurusan administrasi publik salah satu kampus negeri yang ada di Yogyakarta. Mereka diberikan tugas oleh salah seorang dosen mata kuliah manajemen sumber daya manusia dengan memilih spesifikasi topik mengenai pengelolaan sumber daya manusia aparatur yang tentu menjadi core business dari Badan Kepegawian Negara (BKN).

Salah satu topik yang ingin mereka gali yakni terkait dengan implementasi dari pelaksanaan latihan dasar (latsar) bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sebelum nantinya dapat diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Mereka ingin mengetahui apa sebenarnya yang membedakan antara Latsar ini dengan bentuk pendidikan dan latihan (diklat) lain yang sebelumnya disebut sebagai diklat pra jabatan. Sebelum datang ke kantor untuk melakukan diskusi, ternyata mereka sudah menyiapkan diri dengan amunisi materi yang ingin dieksplor. Beberapa bahan materi sudah mereka dalami dan petakan sehingga saat penggalian informasi sudah langsung tune in.

Menariknya, tidak hanya menanyakan hal deskriptif yang secara umum ingin diketahui mengani Latsar, fokus perhatian mereka langsung tertuju pada aspek lain yang sifatnya lebih evaluatif. Alih-alih bertanya mengenai bagaimana dan apa itu Latsar, fokus perhatian mereka lebih tertuju pada aspek dampak yang dihasilkan dari kegiatan Latsar.

Simpelnya, mereka ingin mengelaborasi mengenai apa dampak yang dihasilkan dari kegiatan Latsar serta capaian yang ingin diraih (outcome). Lebih menohok lagi, pada pertengahan diskusi mereka melakukan challenge dengan menanyakan “Bagaimana caranya untuk mengetahui bahwa proses Latsar yang telah dijalankan oleh seorang CPNS itu berhasil sesuai dengan tujuan mulia dari Latsar itu sendiri?”, sebuah pertanyaan sederhana namun kaya akan makna. Pertanyaan ini layak untuk dijadikan bahan diskusi lanjutan bagi para pengelola Latsar untuk semakin menajamkan pola maupun target yang seharusnya ada dalam setiap penyelenggaraan pendidikan dan latihan.

Memahami Latsar CPNS
Latsar merupakan salah satu program terintegrasi yang harus diikuti oleh seorang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sebelum nantinya dapat diangkat menjadi PNS. Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari program masa percobaan kegiatan selama satu (1) tahun sebagai bahan pertimbangan apakah nantinya dapat diangkat menjadi PNS atau tidak.





Berita Terkait