Informasi

Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Visi BKN : Menjadi Pembina dan Penyelenggara Manajemen Kepegawaian yang Profesional dan Bermartabat Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Melayani dengan Peduli, Iklas dan Bertanggungjawab ... ;
Jumat, 16 Maret 2018 - 10:09:45 WIB

CPNS Dari PTT, THL-TB, dan GGD Harus Segera Diklat Prajabatan


Diposting oleh : Teamweb
Kategori: Kepegawaian - Dibaca: 1036 kali

CPNS Dari PTT, THL-TB, dan GGD Harus Segera Diklat Prajabatan
Beberapa waktu yang lalu pemerintah telah mengambil kebijakan dengan mengangkat Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) melalui jalur khusus. Kebijakan pengangkatan CPNS ini diambil dari pegawai tidak tetap (PTT) Kementerian Kesehatan, tenaga harian lepas dan tenaga bantu (THL-TB) dari Kementerian Pertanian, serta guru garis depan (GGD) oleh Kementerian pendidikan dan kebudayaan (Kemendikbud).
 
Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 Tentang Manajemen PNS, setiap CPNS wajib menjalani masa percobaan selama 1 (satu) tahun melalui proses pendidikan dan pelatihan. Akan tetapi dalam pelaksanaannya, sesuai hasil investigasi yang dilakukan BKN menunjukkan bahwa sampai saat ini terdapat banyak CPNS dari program khusus tersebut yang belum diikutkan diklat prajabatan oleh masing-masing Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) Daerah yang bersangkutan.
 
Menindaklanjuti hal tersebut, Kementerian PANRB melalui Surat yang tertanggal 2 Maret 2018 telah memerintahkan kepada PPK untuk segera mengikutsertakan diklat prajabatan bagi CPNS dari jalur khusus tersebut, khususnya bagi yang memiliki TMT pengangkatan 1 Maret 2017 dan 1 April 2017.

PPK juga diminta mengalokasikan anggaran untuk melaksanakan diklat prajabatan dalam tahun 2018 dan diharapkan sudah terlaksana sebelum bulan November 2018. PPK juga diwajibkan mengangkat menjadi PNS apabila CPNS tersebut telah dinyatakan lulus diklat prajabatan dan lulus tes kesehatan.
 
Berbeda dengan CPNS dari jalur umum, pada formasi jalur khusus ini masih menggunakan mekanisme diklat prajabatan model lama yakni selama 1 (satu) minggu.