Informasi

Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Visi BKN : Menjadi Pembina dan Penyelenggara Manajemen Kepegawaian yang Profesional dan Bermartabat Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Melayani dengan Peduli, Iklas dan Bertanggungjawab ... ;
Rabu, 02 Mei 2018 - 08:40:20 WIB

BKN Perkenalkan Aplikasi E-Kinerja Ke Instansi Di Daerah


Diposting oleh : Teamweb
Kategori: Kepegawaian - Dibaca: 119 kali

BKN Perkenalkan Aplikasi E-Kinerja Ke Instansi Di Daerah
Direktorat Kinerja ASN bekerja sama dengan Kantor Regional (Kanreg) I BKN Yogyakarta menyelenggarakan acara bimbingan teknis dengan tema “Perkuatan Sistem Penilaian Kinerja Berbasis IT Bagi PNS” bertempat di Aula Kanreg I BKN. Kegiatan ini diikuti oleh para pengelola kepegawaian di daerah se-wilayah kerja Kanreg I BKN. Hadir pada acara tersebut Deputi Bidang Pembinaan Manajemen Kepegawaian (PMK) BKN Haryomo Dwi Putranto, Kepala Kanreg I BKN Ibtri Rejeki, serta Direktur Kinerja ASN Neny Rochyani.
 
Deputi PMK menyampaikan bahwa penilaian kinerja pegawai merupakan salah satu akar penting dari tegaknya sistem merit selain kualifikasi dan kompetensi. Tantangan yang muncul di lapangan menunjukkan masih didapati anggapan bahwa penilaian kinerja hanya terkait dengan urusan administratif semata semisal untuk kenaikan pangkat. Banyak pihak melihat penilaian prestasi kerja pegawai masih selayaknya DP3 yang dianggap normatif. 
 
“Masih kita jumpai terkait dengan penyusunan dan penilaian sasaran kerja pegawai diantaranya masih ada instansi yang belum menyusun dan melaporkan penilaian kinerjanya. Jika kita lihat secara nasional baru masuk 54,33%” Jelas Deputi.
 
Sementara itu, Kepala Kanreg I BKN memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh peserta atas kehadiran dan partisipasinya dalam kegiatan bimbingan teknis. Dia berharap ilmu yang diperoleh dapat ditindaklanjuti dan disebarluaskan ke instansi masing-masing. Lebih lanjut disampaikan bahwa pelaksanaan pelaporan prestasi kerja oleh daerah kepada BKN khususnya di wilayah kerja Kanreg I BKN Yogyakarta secara umum telah berjalan dengan baik. Laporan penilaian prestasi kerja ke BKN dilakukan paling lambar tanggal 31 maret setiap tahunnya, meskipun dalam realisasinya masih terdapat beberapa catatan karena ada penyampaian yang belum sesuai dengan target waktu. 
 
Kakanreg juga menyampaikan bahwa penyampaian laporan penilaian prestasi kerja di wilayah kerja Kanreg I BKN telah menunjukkan prestasi yang bagus. Berdasarkan data yang masuk, jumlah laporan yang masuk telah mencapai 81% dari seluruh PNS yang ada dan merupakan pencapaian terbaik di bandingkan wilayah lainnya. Secara nasional, data yang masuk di BKN sebesar 54,33%. Beliau berharap agar penyampaian laporan penilaian untuk tahun 2017 bisa disampaikan tepat waktu sehingga prestasi ini dapat terus dipertahankan.
 
“Kanreg I sudah membuat group WA khusus untuk mendukung tugas penyampaian kinerja yang berisikan anggota para perwakilan dari pengelola kinerja di daerah untuk memudahkan dalam koordinasi. Alhamdulillah sangat membantu baik dalam penyusunan maupun pelaporan kinerja, dapat disampaikan permasalahan serta dapat kita opyak-opyak” Ungkap Kakanreg. 
 
Penyebab keterlambatan penyampaian laporan penilaian kinerja sejauh ini disebabkan karena daerah merasa kesulitan baik dalam menyusun maupun melakukan penilaian. Dengan hadirnya e-kinerja yang digagas oleh Direktorat Kinerja ASN ini diharapkan nantinya dapat membantu bahkan menjadi standar instansi dalam melakukan penilaian kinerja. 
 
Saat ini BKN sedang mengembangkan e-kinerja versi 3 dengan kriteria tahap I baru mencatat apa yang dikerjakan PNS, tahapan ekinerja tahap II sudah mulai dikaitkan anatara kegiatan yang dilakukan dengan SKP, sementara tahapan e-kinerja tahap III data yang dimasukkan sudah dikaitkan dengan rencana kegiatan tahunan. Bagi instansi yang berminat mengimplementasikan e-kinerja yang telah dibangun BKN dapat menghubungi Direktorat Kinerja ASN.
 
Penilaian perilaku nantinya akan menggunakan penilaian 360 derajat, seorang pegawai dinilai oleh atasan, bawahan, dan rekan kerja agar penilaiannya lebih baik. Di tahun 2019, penilaian SKP melalui SAPK akan ditutup dan hanya dapat diisi melalui aplikasi e-Lapkin sehingga pembuatan SKP tidak hanya untuk kenaikan pangkat seperti yang berjalan selama ini.