Informasi

Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Visi BKN : Menjadi Pembina dan Penyelenggara Manajemen Kepegawaian yang Profesional dan Bermartabat Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Melayani dengan Peduli, Iklas dan Bertanggungjawab ... ;
Minggu, 29 Juli 2018 - 10:12:54 WIB

Rekrutmen CPNS 2018 Hanya Akan Gunakan Single Entry System BKN


Diposting oleh : Teamweb
Kategori: Kepegawaian - Dibaca: 250 kali

Rekrutmen CPNS 2018 Hanya Akan Gunakan Single Entry System BKN
Menyongsong dibukanya penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah menyiapkan persiapan. Berbekal evaluasi atas penyelenggaraan penerimaan CPNS tahun-tahun sebelumnya, BKN telah menetapkan beragam strategi teknis yang diharapkan dapat mendukung proses seleksi penerimaan CPNS yang berkualitas dan akuntabel. Salah satu kebijakan penting terkait hal ini diantaranya adalah dengan diberlakukannya sistem pendaftaran tunggal. Berbeda dengan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sebelumnya, penerimaan dan pendaftaran CPNS Tahun Anggaran 2018 ini bakal dilakukan secara terpusat. 
 
Jika pada penerimaan tahun-tahun sebelumnya proses pendaftaran dapat dilakukan melalui dua website yakni website dari BKN maupun website yang dikelola oleh masing-masing instansi, maka pada ini hanya akan menggunakan satu portal nasional yang terintegrasi yakni melalui situs https://sscn.bkn.go.id saja.
 
Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan menyatakan bahwa untuk mekanisme pendaftaran dan pelaksanaan seleksi CPNS tahun 2018 akan dilakukan secara terpusat atau terintegrasi. Jika sebelumnya pendaftaran dapat dilakukan melalui situs mandiri baik kementerian/lembaga maupun instansi daerah, maka pada pendaftaran CPNS tahun ini semua proses pendaftaran dilakukan secara terpusat melalui di https://sscn.bkn.go.id. Melalui perubahan mekanisme ini diharapkan dapat menyingkat alur pendaftaran sehingga memudahkan bagi pelamar. 
 
Selain itu, pada rekrutmen tahun 2018 ini pelaksanaan tes kompetensi dasar (TKD) maupun tes kompetensi bidang (TKB) hanya akan dilakukan melalui seleksi Computer Assisted Test yang dimiliki BKN (CAT BKN) sebagai salah satu dari Pelaksana Panitia Seleksi Nasional (Panselnas). 
 
Melalui kebijakan reformasi dalam hal perubahan sistem seleksi CPNS ini, BKN berharap dapat menyuguhkan proses rekrutmen yang semakin mudah, murah, namun tetap akuntabel sehingga dapat semakin meningkatkan kepercayaan publik terkait proses penerimaan CPNS di tanah air.