Informasi

Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Visi BKN : Menjadi Pembina dan Penyelenggara Manajemen Kepegawaian yang Profesional dan Bermartabat Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Melayani dengan Peduli, Iklas dan Bertanggungjawab ... ;
Selasa, 31 Juli 2018 - 08:23:10 WIB

Hasil Talent Pool Tahun 2018 Tahap I Telah Diserahkan Ke Instansi Daerah


Diposting oleh : Teamweb
Kategori: Kepegawaian - Dibaca: 294 kali

Hasil Talent Pool Tahun 2018 Tahap I Telah Diserahkan Ke Instansi Daerah
Sejak awal tahun hingga Mei 2018, Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah melaksanakan penilaian kompetensi dan potensi (Talent Pool) pada Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama dan administrator. Pada pelaksanaan Talent Pool tahap pertama ini diikuti lima (5) Pemerintah Provinsi, sebelas (11) Pemerintah Kabupaten dan sepuluh (10) Pemerintah kota yang ada di Indonesia.
 
Kepada BKN Bima Haria Wibisana menjelaskan bahwa saat ini BKN sedang mengembangkan talent management dari asessment talent pool ini, dimana hasilnya nanti akan menjadi cluster kompetensi/rangking dalam menentukan penempatan seseorang yang sesuai yang sifatnya terbuka dan kesemuanya itu mengarah pada system merit. Hal ini disampaikannya saat membuka kegiatan pelaksanaan talent pool pada Rapat Koordinasi dan Penyerahan Hasil Talent Pool tahap pertama yang berlangsung pada Jum’at (20/07 2018) di BKN Pusat Jakarta.
 
Lebih lanjut Kepala BKN menyatakan bahwa proses manajemen SDM Aparatur perlu ditunjang salah satunya dengan cara membuat data analisa diklat. Jenis pelatihan apa saja yang dibutuhkan sesuai dengan hasil assessment agar mampu melihat seorang pegawai mempunyai bekal kompetensi yang dapat digunakan dalam menciptakan suatu inovasi.
 
Sementara itu, Kepala Bidang Pengembangan Standar Penilaian Kompetensi dalam Pusat Penilaian Kompetensi ASN, Christina Nailiu dalam laporan pelaksanaan kegiatan menyatakan bahwa tujuan dari Talent Pool ini adalah untuk membangun database Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) dan administrator yang didasarkan pada aspek potensi dan kompetensi. 
 
Baik BKN maupun instansi nantinya memiliki database yang benar dan akurat dalam menerapkan sistem informasi kepegawaian yang berbasis kompetensi yang terintegrasi. Melalui talent pool ini, nantinya instansi akan memiliki database potensi dan kompetensi pegawai yang dapat digunakan untuk keperluan pengisian jabatan, pengembangan kompetensi, maupun pengembangan karir pegawai.
 
Untuk wilayah kerja Kanreg I BKN Yogyakarta, kegiatan talent pool telah dilaksanakan pada tanggal 19 – 22 Maret 2018 yang diikuti 175 pejabat baik JPT Pratama maupun administrator dari pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota se-wilayah Jawa Tengah dan DIY.