Informasi

Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Visi BKN : Menjadi Pembina dan Penyelenggara Manajemen Kepegawaian yang Profesional dan Bermartabat Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Melayani dengan Peduli, Iklas dan Bertanggungjawab ... ;
Rabu, 12 September 2018 - 11:06:13 WIB

Wali Kota Surakarta Apresiasi Kegiatan Penilaian Kompetensi Bagi Jabatan Pelaksana


Diposting oleh : Teamweb
Kategori: Kepegawaian - Dibaca: 300 kali

Wali Kota Surakarta Apresiasi Kegiatan Penilaian Kompetensi Bagi Jabatan Pelaksana
Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta baru-baru ini menyelenggarakan kegiatan penilaian kompetensi (assessment) bagi pejabat pelaksana. Kegiatan ini diselenggarakan di Hotel Grand HAP selama tiga hari tanggal 4-6 September 2018 yang diikuti para perwakilan pegawai dari berbagai SKPD. Kegiatan ini merupakan bentuk kerjasama antara Pemkot Surakarta dengan Kantor Regional I BKN Yogyakarta.

Samir Gunawan mewakili Kepala Kanreg I BKN Yogyakarta menyatakan, dengan adanya UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara maka seluruh Pegawai Negeri Sipil harus bersiap untuk go public dengan kualifikasi kompetensi bertaraf internasional. PNS dituntut dapat mengikuti dinamika perkembangan yang dibutuhkan untuk pelayanan yang berkualitas.

“Tidak adalagi PNS yang lenggang kangkung, baca koran, karena semua sudah terfokus dengan kompetensi dan jabatan masing-masing” Terang Samir. Dirinya menambahkan bahwa uji kompetensi ini bertujuan untuk mencari calon pemimpin yang berkualitas dalam menatap era birokrasi internasional, birokrasi yang melayani.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo menyatakan dukungannya atas penyelenggaraan uji kompetensi ini. Dirinya berharap para pegawai pelaksana di wilayah Pemkot Surakarta dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk meraih karir yang lebih tinggi.

“Saya berharap semua pegawai yang ikut uji kompetensi ini dapat terangkat secara bertahap, sampai 2019 mudah-mudahan bisa selesai terangkat, tentunya yang sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan. Tes jangan spaneng, kerjakan sesuai kemampuan, semangat mengikuti” Pinta walikota.
 
Dirinya menambahkan, sejak tahun 2005 hingga sekarang Pemkot Surakarta telah membangun fondasi perubahan yang luar biasa pada ASN, semua layanan tidak ada pungli.

Kegiatan assessment jabatan pelaksana ini diikuti oleh 75 orang pegawai Kota Surakarta dari berbagai satuan kerja. Kegiatan ini dilakukan sebagai persiapan dalam rangka proses rotasi dan mutasi kepegawaian di Pemkot Surakarta. Diharapkan dengan penilaian kompetensi ini dapat dihasilkan profil pegawai secara utuh yang nantinya digunakan sebagai dasar dalam pengisian maupun rotasi jabatan.