Informasi

Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Visi BKN : Menjadi Pembina dan Penyelenggara Manajemen Kepegawaian yang Profesional dan Bermartabat Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Melayani dengan Peduli, Iklas dan Bertanggungjawab ... ;
Sabtu, 15 September 2018 - 23:52:30 WIB

Samakan Persepsi dan Pengetahuan Mekanisme Kerja SSCN, Kanreg I BKN Undang Admin Daerah


Diposting oleh : Teamweb
Kategori: Inka - Dibaca: 472 kali

Samakan Persepsi dan Pengetahuan Mekanisme Kerja SSCN, Kanreg I BKN Undang Admin Daerah
Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) merupakan momen spesial yang menyita banyak pihak. Tidak hanya bagi para pelamar kerja, momentum seleksi CPNS juga menjadi hajatan besar bagi seluruh instansi terlebih bagi Badan Kepegawaian Negara (BKN) sebagai panitia teknis nasional. 
 
Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) telah menargetkan 19 September 2018 sebagai tanggal dimulainya pembukaan pendaftaran CPNS secara nasional. Untuk mendukung kebijakan tersebut tentunya dibutuhkan banyak hal yang harus disiapkan oleh BKN khususnya dalam menyuguhkan informasi terkait dengan formasi lowongan yang nantinya akan diakses oleh para pelamar. Informasi lowongan ini terintegrasi kedalam database sistem seleksi CPNS nasional (SSCN) BKN melalui sscn.bkn.go.id.
 
Untuk dapat tersaji informasi formasi lowongan yang ditawarkan melalui SSCN BKN, maka masing-masing instansi wajib meng-input rincian formasi yang telah diperoleh dari KemenPAN-RB. Sehingga, dibutuhkan kerjasama dan partisipasi aktif dari lintas lembaga baik vertikal maupun daerah dalam mendukung kelancaran sistem SSCN BKN sebagai satu-satunya media informasi dan pendaftaran seleksi CPNS tahun ini. 
 
Maka, pada Jum’at (14/09 2018) Kanreg I BKN Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan sosialisasi dan bimbingan teknis sistem seleksi CPNS nasional bagi admin di daerah. Kegiatan ini diikuti dua (2) orang perwakilan dari masing-masing instansi daerah se-wilayah kerja Jawa Tengah dan DIY. Bimbingan teknis dilaksanakan di ruang Sasono Panggeh Ageng dengan menghadirkan narasumber dari Kedeputian Sistem Informasi Kepegawaian BKN Pusat Jakarta.
 
“Ini bukan hanya kegiatan sosialisasi tapi bimtek SSCN bagi admin daerah. Jadi mohon nanti partisipasi aktifnya, silahkan dimanfaatkan dengan menanyakan hal-hal apapun yang sekiranya masih belum dipahami” Terang Kepala Kanreg I BKN Anjaswari Dewi saat membuka acara.
 
Dirinya menambahkan bahwa momentum penting hajatan besar yang dinanti-nanti masyarakat akhirnya datang juga. Untuk itu, sebagai penyelenggara sekaligus operator seleksi dituntut dapat mengemban amanah secara profesional pada semua kegiatan mulai dari penyusunan kebutuhan, pengumuman formasi, proses seleksi, hingga proses akhir pengangkatan menjadi CPNS.
 
“Mari kita jaga amanah sebagai penyelenggara seleksi yang berkualitas untuk dihasilkan calon-calon Aparatur Sipil Negara yang berkualitas tanpa adanya praktek KKN” Ungkap Anjaswari.
 
Kegiatan bimbingan teknis ini penting dalam rangka menyamakan pengetahuan teknis khususnya bagi admin instansi dalam menjalankan sistem SSCN BKN. Semua formasi berikut rincian kualifikasi pendidikan dan persyaratan lainnya harus dimasukkan kedalam sistem SSCN sehingga dibutuhkan pengetahuan teknis mengenai setting parameter yang dibutuhkan.
 
Banyak parameter yang harus diset dalam sistem SSCN ini mengingat pada penerimaan CPNS tahun 2018 ini pemerintah memberikan beberapa jalur masuk seperti formasi khusus lulusan berprestasi (cumlaude), Putra/Putri Papua dan Papua Barat, penyandang disabilitas, diaspora, serta eks tenaga honorer kategori II, disamping pula melalui jalur formasi umum.