Informasi

Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Visi BKN : Menjadi Pembina dan Penyelenggara Manajemen Kepegawaian yang Profesional dan Bermartabat Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Melayani dengan Peduli, Iklas dan Bertanggungjawab ... ;
Selasa, 09 Oktober 2018 - 11:17:59 WIB

Naskah Soal TKD CPNS 2018 Telah Diserahkan Kemendikbud Ke Panselnas


Diposting oleh : Teamweb
Kategori: Kepegawaian - Dibaca: 579 kali

Naskah Soal TKD CPNS 2018 Telah Diserahkan Kemendikbud Ke Panselnas
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy secara resmi telah menyerahkan soal ujian seleksi CPNS kepada Menteri PANRB Syarifudin selaku Tim Pembina dari Panitia Seleksi Nasional (Panselnas). Acara penyerahan soal tes ini dilakukan di Kantor Kemendikbud Jakarta, Senin (8/10 2018). Soal yang diberikan tersebut merupakan soal materi untuk Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang nantinya akan dimasukkan kedalam aplikasi Computer Assisted Test (CAT) BKN untuk proses seleksi CPNS 2018.
 
Menteri Muhadjir Effendy menyampaikan bahwa Kemendikbud sudah dipercaya sebagai bagian dari Panselnas CPNS sejak 2012 lalu, di mana salah satu tugasnya untuk menyediakan soal-soal ujian seleksi CPNS. “Terimakasih atas kepercayaan selama ini. Semoga kerja sama yang baik dapat terus meluas pada lebih banyak hal,” ujar Muhadjir seperti yang dilansir tim dari Humas BKN.
 
Seperti diketahui, Panselnas selaku tim pengelola dari proses rekrutmen CPNS telah menyerahkan proses penyusunan soal SKD kepada pihak perguruan tinggi yang dikoordinasikan oleh Kementerian Pendidikan dan kebudayaan. Soal SKD CPNS 2018 ini terdiri dari 13.667 soal yang disusun oleh 110 orang penulis naskah soal yang berasal dari 18 Perguruan Tinggi yang ditunjuk.
 
Dalam penyusunan soal, panitia seleksi nasional didukung juga oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), dan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).
 
Sementara itu, MenPANRB Syarifudin menyampaikan bahwa penyerahan naskah soal SKD ini merupakan tahap awal seleksi CPNS 2018. Menurutnya Panselnas masih harus bekerja keras hingga proses rekrutmen CPNS 2018 ini berakhir. Dia menyampaikan kembali bahwa untuk formasi CPNS 2018 ini tersedia 238.015 formasi.
 
Syarifudin mengungkapkan, proses rekrutmen CPNS kali ini menjadi momentum bersejarah, karena jumlah formasi yang terbesar sepanjang sejarah Republik Indonesia. Rekrutmen CPNS tahun ini mencerminkan kerja sama erat antara pusat dan daerah untuk menghadirkan penyelenggara negara yang kompeten, modern, berdaya saing, dan berkelas dunia.
 
Kendati masih banyak pihak yang memiliki pandangan negatif terhadap seleksi CPNS Tahun 2018, MenPANRB menegaskan bahwa pemerintah siap mereduksi dengan proses yang transparan dan akuntabel. "Kembali saya sampaikan, ini adalah demi kepentingan bangsa dan negara," tutur Syafruddin seperti yang dilansir tim Humas dari Kemendikbud.