Informasi

Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Visi BKN : Menjadi Pembina dan Penyelenggara Manajemen Kepegawaian yang Profesional dan Bermartabat Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Melayani dengan Peduli, Iklas dan Bertanggungjawab ... ;
Minggu, 21 Oktober 2018 - 17:03:33 WIB

CAT BKN Menjadi Bagian Penting Dalam Proses Seleksi Calon Penerima Beasiswa LPDP 2018


Diposting oleh : Teamweb
Kategori: Teknologi - Dibaca: 787 kali

CAT BKN Menjadi Bagian Penting Dalam Proses Seleksi Calon Penerima Beasiswa LPDP 2018
Computer Assisted Test (CAT) Badan Kepegawaian Negara dipercaya menjadi salah instrumen dalam proses seleksi calon penerima beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Melalui sistem CAT ini, para pelamar LPDP diwajibkan mengikuti proses tes berbasis komputer yang diselenggarakan di station CAT BKN salah satunya station CAT yang dimiliki Kantor Regional I BKN Yogyakarta pada tanggal 15-17 Oktober 2018.
 
Pada seleksi yang diselenggarakan di Yogyakarta tersebut, para pelamar akan menghadapi serangkaian tes berbasis CAT yang terdiri atas tes potensi akademis (TPA), tes kepribadian, serta tes menulis yang dinamai on the spot easy writing. Tes TPA terdiri atas 60 soal, tes kepribadian 60 soal serta satu (1) soal untuk easy writing yang harus diselesaikan dalam waktu 150 menit.
 
Salah seorang peserta tes menuturkan bahwa untuk memperoleh beasiswa LPDP saat sekarang ini tidaklah mudah, meskipun diberikan jumlah (jatah) calon peneriman beasiswa yang cukup banyak (sekitar 4000 penerima) namun harus berhadapan dengan proses seleksi yang tidak ringan.
 
“Soalnya super sulit kalau menurut saya sih, beda dengan tes-tes lain bahkan jika dibandingkan dengan soal seleksi CPNS sekalipun” cerita salah seorang peserta tes saat menunggu sesi tes dimulai. Dirinya menambahkan, meskipun dulu sudah pernah mengikuti tes LPDP dan lolos untuk program S2-nya, namun saat sekarang ini proses seleksinya lebih sulit. Ini adalah periode keduanya mengikuti seleksi beasiswa LPDP yang ia tujukan untuk mengikuti program doktoral di luar negeri.
 
“Dulu Alhamdulillah saya sudah pernah bisa lolos pas saat mau sekolah S2 saya di Inggris, nah sekarang ini mau ikutan lagi untuk program S3 saya di bidang robotik” ungkap salah seorang peserta tes yang merupakan dosen tetap disalah satu perguruan tinggi negeri di Semarang. “Dulu belum pakai CAT seperti sekarang ini, jadi pengen nyobain seperti apa tes pakai CAT ini” tambahnya.
 
Lembaga Pengelola Dana Pendidikan, atau biasa disingkat LPDP, adalah sebuah lembaga yang beroperasi dibawah Kementerian Keuangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, serta Kementerian Agama yang komitmen untuk mempersiapkan pemimpin dan profesional masa depan serta mendorong inovasi demi terwujudnya Indonesia yang sejahtera, demokratis, serta berkeadilan.
 
Beberapa tujuan dari lembaga ini antara lain untuk mencetak pemimpin masa depan yang tersebar di berbagai bidang dengan menjamin keberlangsungan program pendidikan bagi generasi mendatang. LPDP menawarkan beberapa program beasiswa Warga Negara Indonesia (WNI) yang ingin melanjutkan pendidikan di dalam maupun di luar negeri.
 
Untuk mendaftar, para pelamar dapat melakukannya secara online dengan cara mengisi formulir pendaftaran, dan kemudian mengunggah semua dokumen kelengkapannya (sesuai persyaratan) pada laman resmi LPDP di www.beasiswa.lpdp.kemenkeu.go.id.