Informasi

Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Visi BKN : Menjadi Pembina dan Penyelenggara Manajemen Kepegawaian yang Profesional dan Bermartabat Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Melayani dengan Peduli, Iklas dan Bertanggungjawab ... ;
Kamis, 24 Januari 2019 - 08:48:24 WIB

Selain Melalui Open Bidding, Ada Alternatif Lain Dalam Pengisian JPT


Diposting oleh : Teamweb
Kategori: Kepegawaian - Dibaca: 251 kali

Selain Melalui Open Bidding, Ada Alternatif Lain Dalam Pengisian JPT
Untuk menegakkan sistem birokrasi bersih dan profesional salah satunya pada proses pengisian jabatan pemerintahan, pemerintah telah menetapkan mekanisme baku. Ketentuan yang dimaksud adalah dengan adanya uji kompetensi bagi setiap calon baik mulai dari jenjang jabatan pengawas, administrator, jabatan pimpinan tinggi (JPT), maupun jabatan fungsional. 
 
Mekanisme yang telah berjalan selama ini, proses pengisian jabatan terlebih JPT dilakukan melalui proses seleksi terbuka (open bidding). Dengan open bidding, proses pengisian jabatan dapat dilakukan secara fair dan diikuti oleh siapapun yang mampu memenuhi persyaratan yang ditentutkan, baik persyaratan administratif maupun kompetensi.
 
Selain melalui open bidding, proses pengisian JPT sebetulnya juga dapat dimungkinkan melalui mekanisme lain. Dalam PP 11 Tahun 2017 Pasal 134 tentang Manajemen ASN telah diamanahkan bahwa pengisian JPT secara terbuka dan kompetitif dapat dikecualikan pada Instansi Pemerintah yang telah menerapkan Sistem Merit dalam pembinaan Pegawai ASN. 
 
Sistem Merit yang dimaksud PP tersebut diperuntukkan bagi instansi yang sudah memiliki manajemen karir. Sistem manajemen karir yang dimaksud terdiri mulai dari perencanaan, pengembangan, pola karir dan kelompok rencana suksesi yang diperoleh dari manajemen talenta.
 
Menurut Deputi Bidang Pembinaan Manajemen Kepegawaian (PMK) BKN Haryomo Dwi Putranto, Perencanaan suksesi (succession planning) merupakan salah satu alternatif untuk pengisian JPT pada Instansi Pemerintah. Succession planning merupakan alternatif pengisian JPT selain melalui jalur seleksi terbuka atau open bidding. Hal ini disampaikannya saat mengisi materi di Rapat Pembahasan Tentang ASN di Kantor Wantimpres, Rabu (23/1/2019) seperti yang dirilis bkn.go.id.
 
Menurut Haryomo, pengisian JPT melalui perencanaan suksesi, bertujuan untuk melakukan kaderisasi kepemimpinan yang terencana sejak awal seseorang menjadi PNS. Penilaian akan dilihat dari perjalanan karir pegawai baik saat sebelum PNS, saat mulai diangkat melalui formasi tertentu, serta saat pengembangan karir kedepannya. Melalui perencanaan suksesi dapat diketahui perjalanan karir seorang pegawai nantinya akan ke mana dan mengisi apa.
 
Untuk dapat melaksanakan perencanaan suksesi sebagai alternatif pengisian JPT, Haryomo menyampaikan perlu diterbitkannya regulasi yang mengikat baik melalui Peraturan Presiden atau aturan lainnya. Ditambahkannya, bahwa saat ini BKN sedang menyusun pedoman pola karir di Instansi Pemerintah yang nantinya diharapkan dapat menjadi pedoman bagi instansi dalam menjalan Merit System.