Informasi

Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Visi BKN : Menjadi Pembina dan Penyelenggara Manajemen Kepegawaian yang Profesional dan Bermartabat Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Melayani dengan Peduli, Iklas dan Bertanggungjawab ... ;
Rabu, 30 Januari 2019 - 11:33:04 WIB

Kapan CPNS Mulai Masuk Kerja? Berikut Mekanismenya


Diposting oleh : Teamweb
Kategori: Kepegawaian - Dibaca: 5878 kali

Kapan CPNS Mulai Masuk Kerja? Berikut Mekanismenya
Kantor Regional I BKN Yogyakarta tengah menyelesaikan proses penetapan NIP atau yang dikenal dengan pemberkasan Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah (CPNSD) di wilayah kerja Jawa Tengah dan DIY. Dari beban yang ada, tercatat 18.846 formasi yang dinyatakan terisi hingga pengumuman seleksi akhir dari jatah 19.812 formasi yang diberikan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).
 
Secara angka, jumlah kekosongan formasi di Jateng dan DIY sebanyak 966 formasi. Meskipun demikian, jumlah ini juga dapat bertambah bergantung hasil proses verifikasi dan validasi (pemberkasan NIP) yang dilakukan di Kanreg I BKN. 
 
Beberapa kemungkinan tidak diakomodirnya berkas usul NIP misalnya disebabkan karena tidak sesuainya kualifikasi pendidikan yang dimiliki pelamar dengan kualifikasi formasi yang ditetapkan KemenPAN-RB. Hal lain seperti tidak dipenuhinya beberapa persyaratan administrasi pendukung seperti tidak dimilikinya Surat Tanda Registrasi (STR), akreditasi perguruan tinggi tidak kategori A untuk formasi cumlade, tidak dipenuhinya surat keterangan jenis disabilitas dari dokter rumah sakit pemerintah, maupun ketidaksesuaian persyaratan administratif lainnya.
 
Terkait dengan penentuan Terhitung Mulai Tanggal (TMT) CPNS, diatur ketentuan satu (1) bulan berikutnya sejak tanggal masuk dari berkas usulan penetapan NIP ke Tim Pemberkasan NIP Kanreg I BKN Yogyakarta. 
 
Menurut Kepala Bidang Pengangkatan Dan Pensiun Suratini, penentuan TMT CPNS bergantung pada usul masuk berkas. Jika berkas masuk dibulan Januari maka TMT CPNS dihitung per 1 Februari 2019, jika berkas masuk bulan Februari maka TMT CPNS akan ditetapkan 1 Maret 2019. Meskipun demikian, untuk pemberkasan di wilayah Kanreg I BKN telah diatur kesepakatan bersama waktu/periode pengusulan berkas NIP oleh masing-masing instansi daerah.
 
Suratini menambahkan, terkait kapan seorang CPNS akan mulai masuk kerja, hal ini tergantung dari kesiapan instansi masing-masing baik terkait administrasi maupun hal lainnya. 
 
“Meskipun Nota Persetujuan (NP) penetapan NIP sudah dikeluarkan pihak BKN, namun instansi daerah juga harus menindaklanjutinya dengan mengeluarkan SK Pengangkatan CPNS-nya. Dan ini juga tentunya dibutuhkan waktu apalagi jika berkas usul NIP yang masuk agak mepet dengan tanggal TMT. Daerah tentu akan mempertimbangan waktu yang pas kapan CPNS nya diberikan SPMT (Surat Perintah Melaksanakan Tugas-red)” Ungkapnya disela-sela proses penetapan NIP di Kanreg I BKN Yogyakarta.