Informasi

Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Visi BKN : Menjadi Pembina dan Penyelenggara Manajemen Kepegawaian yang Profesional dan Bermartabat Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Melayani dengan Peduli, Iklas dan Bertanggungjawab ... ;
Senin, 18 Maret 2019 - 10:19:22 WIB

Komitmen BKN, Pertek Pensiun Dapat Diunduh Langsung Melalui SAPK


Diposting oleh : Teamweb
Kategori: Kepegawaian - Dibaca: 625 kali

Komitmen BKN, Pertek Pensiun Dapat Diunduh Langsung Melalui SAPK
Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah menerbitkan Peraturan Kepegawaian Nomor 2 tahun 2018 tentang Pedoman Pemberian Pertimbangan Teknis Pensiun Pegawai Negeri Sipil dan Pensiun Janda/Duda Pegawai Negeri Sipil. Dengan terbitnya peraturan ini, usulan pensiun yang masuk setelah 2 Mei 2018 yang menetapkan SK Pensiunnya adalah Pejabat Pembina Kepegawian (PPK) masing-masing instansi, dan BKN hanya bertugas mengeluarkan nota persetujuan teknis pensiunnya saja.

Untuk memperkuat implementasi pemberian pertimbangan teknis pensiun (Pertek) Pensiun ini, Kedeputian Bidang Mutasi Kepegawaian BKN telah mengeluarkan surat nomor D26-30/V25-6/99 tanggal 20 Februari 2019 perihal penyampaian Pertek Pensiun PNS dan Pensiun Janda/Duda PNS berbasis SAPK.

Dalam surat tersebut Deputi Bidang Mutasi Kepegawaian Aris Windiyanto menyampaikan bahwa untuk kepentingan ketepatan waktu penerbitan Surat Keputusan (SK) pensiun, Pertek Pensiun dapat diunduh langsung melalui Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK) BKN. Ini merupakan langkah nyata aktif BKN dalam mendukung proses layanan kepegawaian yang cepat dan mudah.

“Nanti Presiden maupun PPK dapat mengunduh langsung Pertek Pensiun melalui SAPK BKN. Setelah Pertek Pensiun kami selesaikan maka akan langsung kami kirim ke Instansi Pusat maupun daerah melalui SAPK. Jadi setelah Pertek Pensiun tersebut statusnya inbox, instansi dapat langsung memroses untuk SK Pensiunnya” Ungkap Aris dalam surat tersebut.

Seperti diketahui, sesuai dengan aturan terbaru, BKN tidak lagi menerbitkan SK Pensiun melainkan dalam bentuk Pertek. Hal ini diharapkan dapat mempercepat dan mempermudah proses layanan kepegawaian khususnya dalam penerbitan SK pensiun yang saat ini dikelola langsung oleh instansi masing-masing melalui PPK.

Untuk PNS yang menduduki Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Madya, JPT Utama, dan Jabatan Fungsional Ahli Utama Pertek Pensiun disampaikan kepada Presiden dengan tembusan ke PPK dan PT Taspen / PT Asabri. Sementara untuk PNS selain jabatan tersebut, Pertek Pensiun disampaikan ke PPK dengan tembusan ke PT Taspen / PT Asabri.