Informasi

Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Visi BKN : Menjadi Pembina dan Penyelenggara Manajemen Kepegawaian yang Profesional dan Bermartabat Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Melayani dengan Peduli, Iklas dan Bertanggungjawab ... ;
Rabu, 26 Juni 2019 - 12:56:24 WIB

Talent Pool 2019 Di Wilayah Kerja Kanreg I BKN Yogyakarta Diikuti 162 Peserta


Diposting oleh : Teamweb
Kategori: Kepegawaian - Dibaca: 340 kali

Talent Pool 2019 Di Wilayah Kerja Kanreg I BKN Yogyakarta Diikuti 162 Peserta
Pusat Penilaian Kompetensi ASN (Puspenkom) Badan Kepegawaian Negara menyeleggarakan kegiatan penilaian potensi dan kompetensi Pejabat Pimpinan Tinggi dan Adminstrator se wilayah kerja Kantor Regional I BKN Yogyakarta. Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 25-27 Juli 2019 di Kanreg I BKN Yogyakarta. Hadir dalam acara pembukaan, Kepala Puspenkom Purwanto, Kepala Kanreg I BKN Anjaswari Dewi, dan Asesor SDM Aparatur Utama Usman Gumanti.
 
Talent pool merupakan salah satu langkah strategis yang dilakukan BKN dalam menjalankan tugasnya menyelenggarakan manajemen ASN. Hal ini terkait dengan proses penyiapan database potensi dan kompetensi JPT dan Administrator. Diharapkan melalui talent pool ini dapat diperoleh database yang terintergrasi dengan Sistem Informasi Kepegawaian. 
 
Pada kegiatan talent pool 2019 diikuti oleh sepuluh (10) kabupaten/kota dengan 162 peserta. Kesepuluh instansi tersebut yaitu Kota Magelang, Kabupaten Tegal, Kabupaten Grobogan, Kabupaten Temanggung, Kabupaten Klaten, Kota Salatiga, Kota Surakarta, Kabupaten Sleman, Kabupaten Gunung Kidul, dan Kabupaten Kulon Progo.
 
Data yang sudah terkumpul ini dapat dimanfaatkan oleh instansi untuk menyusun profil PNS sebagaimana amanat PP 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS. Dengan mengetahui profil PNS yang berbasis pada aspek potensi, kompetensi, dan kinerja pegawai, setiap instansi dapat mengetahui kekuatan SDM dari keseluruhan PNS yang ada diinstansinya, dapat dimanfaatkan dalam Manajemen Karir PNS yaitu promosi, mutasi, rotasi, pengembangan karis pegawai dan pengembangan kompetensinya. 
 
Seperti tahun-tahun sebelumnya, Kepala Puspenkom berharap pemerintah daerah dapat memanfaatkan kegiatan talent pool ini secara maksimal dengan berpartisipasi aktif mengirimkan para JPT yang dimiliki sesuai jumlah peserta yang ditetapkan BKN. 
 
Talent pool merupakan kegiatan dalam rangka mencari calon-calon pemimpin potensial. Hasil dari talent pool merupakan sekelompok kandidat baik dari internal maupun eksternal organisasi yang memenuhi persyaratan jabatan untuk mengisi jabatan pimpinan tinggi. Beberapa kegunaan dari talent pool ini diantaranya sebagai proses pengumpulan data JPT dan Administrator potensial, sebagai bahan database untuk dasar seleksi lebih lanjut, serta untuk pengembangan kompetensi kepemimpinan. 
 
Pada kegiatan talent pool 2019 ini dipersyaratkan bagi JPT yang belum pernah mengikuti kegiatan Assessment Center sebelumnya baik yang diselenggarakan oleh BKN maupun lembaga lain. Selain itu, calon peserta talent pool tahun ini juga terdapat batasan usia. Untuk peserta JPT maksimal usia 57 tahun, sementara untuk pejabat Administrator maksimal usia 56 tahun per 1 Januari 2019. 
 
Kegiatan penilaian potensi dan kompetensi untuk penyusunan talent pool ini sudah dilakukan sejak tahun 2015. Hasil dari talent pool ini nantinya diharapkan dapat dijadikan dasar dalam proses pengisian jabatan yang lowong. Pelaksanaan penilaian ini juga telah berkoordinasi dengan KASN sehingga hasil penilaian ini dapat digunakan sebagai bagian dalam proses seleksi terbuka Calon Pejabat Pimpinan Tinggi.