Informasi

Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Visi BKN : Menjadi Pembina dan Penyelenggara Manajemen Kepegawaian yang Profesional dan Bermartabat Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Melayani dengan Peduli, Iklas dan Bertanggungjawab ... ;
Selasa, 02 Juli 2019 - 08:13:21 WIB

Deputi PMK: Aplikasi E-DUPAK Sangat Membantu Pejabat Fungsional Kepegawaian


Diposting oleh : Teamweb
Kategori: Kepegawaian - Dibaca: 349 kali

Deputi PMK: Aplikasi E-DUPAK Sangat Membantu Pejabat Fungsional Kepegawaian
Deputi Pembinaan Maajemen Kepegawaian BKN Haryomo Dwi Putranto mengatakan bahwa saat sekarang masing-masing instansi telah berlomba-lomba dalam menyuguhkan layanan digital. Ini tentu selaras dengan semangat pemerintah dalam menjalankan pemerintah berbasis elektronik. Meskipun demikian, deputi mencatat adanya proses implementasi yang masih perlu diatur.

Dijelaskannya, masih terdapat tumpang tindih dan duplikasi aplikasi pada satu bidang atau kewenangan. Hal tersebut disampaikan saat membuka kegiatan Workshop Tata Cara Penyusunan dan Penilaian DUPAK Berbasis E-DUPAK di Sasono Panggih Ageng Kanreg I BKN Yogyakarta, Senin (1/07 2019).
 
“Semua harus digitalisasi, namun implementasinya beda-beda. Banyak aplikasi dibangun di bidang yang sama sehingga tidak efektif” Ungkap deputi. Dicontohkannya, pada bidang kepegawaian selain telah dibangun Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK) BKN, dalam pelaksanaannya masing-masing daerah juga mengembangkan simpeg sehingga proses terintegrasi data dibutuhkan upaya ekstra.

“Awal-awal membangun sistem memang sulit. Dulu waktu kita membangun SAPK juga perjuangan, dianggap mengganggu karena memang belum sempurna. Kedepan dengan E-DUPAK ini akan sangat diuntungkan. Karena selain menjadi cepat, pasti, juga mengurangi potensi kehilangan berkas, selain juga beragam manfaat lainnya.” Ungkap Deputi PMK menyinggung terkait aplikasi E-DUPAK.

E-DUPAK merupakan salah satu inovasi BKN selain aplikasi lain seperti E-Kinerja dan E-Perilaku. E-DUPAK akan mempermudah proses penyusuan dan penilaian Penatapan Angka Kredit (PAK) secara cepat dan terukur. Proses ini dilakukan dengan tuntutan zaman serta kemajuan tehnologi yaitu dengan menggunakan sebuah aplikasi.

Diharapkan dengan menggunakan aplikasi ini proses pengusulan angka kredit bagi pegawai yang memangku jabatan tertentu khusunya bagi Analis kepegawaian, Auditor Kepegawaian, dan Assesor SDM Aparatur akan lebih mudah dan efisien serta diperoleh akurasi data yang valid.

Melalui aplikasi ini, proses penyusunan angka kredit dapat dilakukan secara lebih transparan dan efisien. Adapun manfaat dari E-Dupak ini antara lain mengurangi resiko perbedaan duplikasi, kehilangan data, meminimalisasi biaya serta dapat memberikan informasi yang cepat, akurat dan tepat bagi pejabat JFT kepegawaian yang akan menyusun DUPAK.
 
Workshop Tata Cara Penyusunan dan Penilaian DUPAK Berbasis E-DUPAK dilaksanakan selama dua (2) hari. Diikuti oleh para pengelola kepegawaian instansi, pejabat fungsional Analis Kepegawaian, Auditor Kepegawaia, dan Asesor SDM Aoparatur Kabupaten/Kota se Jawa Tengah dan DIY.