Informasi

Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Visi BKN : Menjadi Pembina dan Penyelenggara Manajemen Kepegawaian yang Profesional dan Bermartabat Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Melayani dengan Peduli, Iklas dan Bertanggungjawab ... ;
Rabu, 11 September 2019 - 07:47:01 WIB

Belajar Wira Usaha Di Rumah Produksi Tahu Susu Lembang Bandung


Diposting oleh : Teamweb
Kategori: Hiburan - Dibaca: 243 kali

Belajar Wira Usaha Di Rumah Produksi Tahu Susu Lembang Bandung
Memasuki Batas Usia Pensiun bagi Pegawai Negeri Sipil sangatlah dibutuhkan persiapan, agar waktu setelah pensiun dapat segera menyesuaikan keadaan dengan mengisi kesibukan serta aktifitas. Semua ini dilakukan sebagai solusi dalam mengganti waktu kesibukan ketika masih menjalankan kedinasan.
 
Sehubungan dengan hal tersebut, Kantor Regional I BKN Yogyakarta bekerja sama dengan Koperasi Pegawai SEDAR menyelenggarakan Orientasi Persiapan Pensiun (OPP) bagi para pegawai yang pada tahun 2020 dan 2021 memasuki purna tugas. Pelaksanaan OPP dilaksanakan dengan belajar berwira usaha disalah satu Rumah Produksi Tahu Susu yang berlokasi di Lembang Bandung Propinsi Jawa Barat.

Pelaksanaan OPP dilaksanakan selama 3 hari dimulai tanggal 6-8 September 2019 dengan diikuti 44 Pegawai Kanreg I BKN Yogyakarta yang akan memasuki Batas Usia Pensiun di tahun depan. Sebelumnya Kepala Kantor Regional I BKN Yogyakarta Anjaswari Dewi dalam pengarahan dan pelepasan OPP menyampaikan bahwa menjelang memasuki Batas Usia Pensiun diharapkan tetap bersemangat dalam bekerja dan segera menyusun kegiatan untuk mengisi waktu pensiun dengan aktifitas yang berguna dan tetap berproduktif, misalnya dengan mengelola pertanian, perkebunan, peternakan, perdagangan dan lai-lain. Semua dilakukan untuk mengisi waktu luang ketika sudah memasuki masa pensiun.

Menghadapi purna tugas harus diisi dengan kegiatan atau aktifitas sebagai pengganti waktu kesibukan dalam menyelesaikan pekerjaan kedinasan. Ada beberapa kegiatan yang dapat diagendakan bagi pegawai untuk menyiapkan masa pensiun, antara lain belajar berwira usaha,  dari mulai persiapan melakukan kegiatan sampai memperoleh hasil yang maksimal.
 
Pegawai Kantor Regional I BKN Yogyakarta yang akan purna tugas pada tahun 2020 dan tahun 2021 sudah melakukan persiapan dengan belajar pada budidaya pengolahan tahu susu, dengan harapan ketika pensiun nanti akan dapat meniru dan dapat mengembangkan usaha sebagai pengganti pekerjaan.

Pada kunjungan ke Rumah Produksi Tahu Susu diperoleh penjelasaan dari manajemen perusahaan tersebut dari mulai pencarian bahan pembuatan, peralatan yang digunakan, tahapan proses produksi, serta pemasaran hasil produksi. Hal tersebut disimak oleh para peserta orientasi persiapan pensiun, dengan harapan setelah mendapatkan ilmu terus dapat mengembangkan dilingkungannya masing-masing, guna untuk meningkatkan perekonomian keluarga setelah menjalani masa pensiun nanti.