Informasi

Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Visi BKN : Menjadi Pembina dan Penyelenggara Manajemen Kepegawaian yang Profesional dan Bermartabat Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Melayani dengan Peduli, Iklas dan Bertanggungjawab ... ;
Selasa, 01 Oktober 2019 - 22:48:44 WIB

Rakornas Kepegawaian 2019 hasilkan Komitmen Pelayanan Kepegawaian Dalam Bingkai Keragaman


Diposting oleh : Teamweb
Kategori: Kepegawaian - Dibaca: 249 kali

Rakornas Kepegawaian 2019 hasilkan Komitmen Pelayanan Kepegawaian Dalam Bingkai Keragaman
Salah satu kebanggaan bagi Kantor Regional I BKN karena dipercaya menjadi tuan rumah untuk gelaran Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepegawaian 2019. Pada tahun ini Rakornas Kepegawaian mengusung  tema “ASN Sebagai Perekat dan Pemersatu Bangsa”. Kegiatan tersebut telah sukses dilaksanakan pada 25 September 2019 bertempat di Marriott Hotel Yogyakarta. 
 
Dalam rangkaian acara Rakornas tersebut, BKN memberikan penghargaan bagi Kementerian/Lembaga/Instansi pusat dan daerah untuk beberapa kategori melalui “BKN Awards”. Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Kepala BKN Bima Haria Wibisana kepada Instansi Pengelola Kepegawaian terbaik sepanjang tahun 2018. Adapun kategori BKN Awards yakni perencanaan kebutuhan, pelayanan pengadaan, kepangkatan dan pensiun; implementasi SAPK dan pemanfaatan CAT; penilaian kompetensi; penilaian kinerja; dan komitmen pengawasan.
 
Keberagaman menjadi salah satu tema dalam perhelatan rakornas tahun ini. Keberagaman merupakan potensi kekuatan sumber daya yang dimiliki Indonesia ASN yang menjadi perekat dan pemersatu bangsa. Sudah selayaknya, para ASN menjadi penggerak utama upaya menumbuhkembangkan nuansa kebhinnekaan. Hal ini sesuai dengan apa yang tertuang dalam Undang-Undang No 5 Tahun 2014 tentang Manajemen ASN, sebagaimana telah dijelaskan pada pasal 10, pasal 11 serta pasal 23 tentang kewajiban ASN untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. 
 
Pada acara rakornas kepegawaian tahun 2019 ini BKN memberikan penghargaan kepada instansi pengelola kepegawaian terbaik atas beberapa kategori melalui BKN Awards. Kepala Kantor Regional I BKN Yogyakarta Anjaswari Dewi menyampaikan antusiasnya di wilayah kerja Kanreg I BKN berhasil memenangkan beberapa kategori yaitu: Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sebagai pemenang kategori Penilaian Kompetensi; Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai pemenang kategori Komitmen Pengawasan; dan Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul sebagai pemenang kategori Penilaian Kinerja.
 
Dalam acara tersebut juga dilakukan presentasi dari Kemenpan-rb terkait dengan rencana seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019. Pemerintah akan menyelenggarakan rekrutmen CPNS 2019 dengan estimasi waktu pembukaan akhir oktober 2019 dan pelaksanaan seleksi kompetensi dasar (SKD) dilaksanakan bulan februari 2020 (berdasarkan rencana yang disampaikan Sekretaris Kemenpan-RB dalam hal ini diwakilkan oleh Sekretaris Menteri kecuali apabila ada kebijakan lain).
 
Rencananya formasi yang akan dibuka sejumlah 197.111, dari total formasi tersebut sebanyak 37.854 dialokasikan untuk kementerian dan lembaga pusat dan 159.257 formasi akan didistribusikan untuk 467 pemerintah daerah. Rekrutmen CPNS 2019 diprioritaskan pada bidang kesehatan dan tenaga pendidik, serta disesuaikan dengan karakteristik potensi dari masing-masing instansi daerah.
 
Tidak kalah menariknya, pada momen tersebut BKN meluncurkan apliaksi terbaru MySAPK 2.0 yang merupakan aplikasi online khusus bagi ASN yang bisa diunduh di  Google Play Store. MySAPK 2.0 menyajikan beberapa fitur bermanfaat bagi ASN yaitu: kondisi data kepegawaian, permohonan perubahan data kepegawaian, antauan status kepegawaian (kenaikan pangkat dan pensiun), mengecek otentifikasi dokumen kepegawaian yang diterbitkan BKN, laporan prestasi kerja, mySAPK 2.0 juga terintegrasi dengan BPJS, Taspen, dan data kependudukan nasional.