Informasi

Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Visi BKN : Menjadi Pembina dan Penyelenggara Manajemen Kepegawaian yang Profesional dan Bermartabat Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Melayani dengan Peduli, Iklas dan Bertanggungjawab ... ;
Senin, 11 November 2019 - 10:39:23 WIB

Sertifikasi Pejabat Pengawas Sebagai Bukti Kompetensi Diri


Diposting oleh : Teamweb
Kategori: Kepegawaian - Dibaca: 459 kali

Sertifikasi Pejabat Pengawas Sebagai Bukti Kompetensi Diri
Kantor Regional I BKN Yogyakarta bekerjasama dengan Pusat Pengembangan Aparatur Sipil Negara (ASN) menyelenggarakan kegiatan pelatihan dan sertifikasi kompetensi teknis manajemen ASN jenjang Pejabat Pengawas. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari mulai 31 Oktober sampai dengan 02 November 2019 yang diikuti 77 orang, yang sebelumnya juga telah dilaksanakan di beberapa kota lainnya seperti Surabaya, Bandung, Makassar, dan Banjarmasin.
 
Kegiatan dan pelatihan sekaligus sertifikasi ini dimaksudkan untuk memastikan terpenuhinya kesesuaian antara jabatan dengan kompetensi teknis dibidang kepegawaian yang dimiliki seorang pejabatan Pengawas. Hal ini dilakukan untuk menindaklanjuti amanah sesuai yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 5 tahun 2014 tentang Manajamen ASN, dimana tugas jabatan haruslah sesuai dengan kompetensi teknis yang dimiliki seorang pejabat.
 
Hasil dari sertifikasi ini adalah diperolehnya pegawai/pejabat yang memiliki sertifikat kompetensi teknis di bidang kepegawaian, sebagai bukti sah yang manyatakan kapasitas dari seorang pejabat. 
 
“Ini adalah bukti apakah seorang pegawai/pejabat itu capable atau tidak, dapat dilihat salah satunya melalui sertifikat yang dimiliki” ungkap Kepala Pusbang ASN Ahmad Jalis saat membuka kegiatan. Ditambahkannya, program ini penting sebagai wacana baru bahwa seorang pejabat harus dapat menjadi role model khususya para pengelola kepegawaian. 
 
Diumpamakannya, layaknya Polantas, sebelum menertibkan pegawai lain sudah selayaknya menertibkan diri terlebih dahulu. Dirinya berharap, melalui sertifikasi ini dapat menjadi upaya pendukung dalam implementasi sistem merit khususnya sebagai aspek pendukung dalam proses promosi dan rotasi pegawai.