Informasi

Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Visi BKN : Menjadi Pembina dan Penyelenggara Manajemen Kepegawaian yang Profesional dan Bermartabat Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Melayani dengan Peduli, Iklas dan Bertanggungjawab ... ;
Kamis, 30 Januari 2020 - 19:28:56 WIB

Kepala BKN Ungkap Peningkatan Hasil SKD Pada Komisi II DPR RI


Diposting oleh : Teamweb
Kategori: Kepegawaian - Dibaca: 333 kali

Kepala BKN Ungkap Peningkatan Hasil SKD Pada Komisi II DPR RI
Yogyakarta-Humas BKN, Kantor Regional I Badan Kepegawaian Negara (Kanreg I BKN) Yogyakarta menerima kunjungan kerja spesifik dari  Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI pada Kamis (30/01/2020) yang diterima Kepala BKN, Bima Haria Wibisana, didampingi oleh Deputi Pembinaan Manajemen Kepegawaian, Haryomo Dwi Putranto, serta Kepala Kanreg I BKN  Anjaswari Dewi. 

Agenda utama kunjungan Komisi II DPR RI adalah melihat langsung pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar(SKD) CPNS tahun formasi 2019 di Gedung Assessment Center Computer Assisted Test (CAT) Kanreg I BKN yang menjadi salah satu titik lokasi pelaksanaan SKD dari total 13 titik lokasi SKD CPNS 2019 yang difasilitasi oleh Kanreg I BKN. Acara kemudian dilanjutkan dengan paparan oleh Kepala BKN dan Kepala Kanreg I BKN tentang persiapan pelaksanaan seleksi CPNS tahun formasi 2019.

Bima menjelaskan bahwa pada pelaksanaan SKD CPNS formasi 2019 terjadi peningkatan dibandingkan pelaksanaan CPNS tahun sebelumnya. “Sementara ini hasil SKD beberapa hari ini rata-rata hasil tesnya sekitar 350-355, dibandingkan tahun lalu 305,” papar Bima. Beberapa hal dianggap menjadi faktor peningkatan tersebut antara lain yaitu masa belajar peserta yang lebih lama karena mundurnya jadwal seleksi CPNS 2019. Faktor lainnya yaitu peserta lebih familiar dengan soal-soal SKD dengan adanya penyelenggaraan simulasi SKD menggunakan CAT yang diselenggarakan oleh seluruh Kanreg dan UPT BKN.

Kaitannya dengan passing grade (PG) yang turun, Bima menjelaskan bahwa PG tersebut disamakan dengan PG seleksi CPNS 2017. Namun meski turun dibanding tahun sebelumnya, kualitas dan bobot soal lebih ditingkatkan. Hal ini dilakukan untuk menghindari kekosongan formasi.

Ketua tim Kunjungan Kerja Spesifik Komisi II DPR RI, H. Moh. Arwani Thomafi, mengapresiasi pelaksanaan SKD CPNS 2019 di Kanreg I BKN. Arwani mengharapkan bahwa pelaksanaan seleksi di daerah lain sama baiknya dengan yang terselenggara di Kanreg I BKN. “Rekrutmen CPNS ini merupakan pintu masuk untuk mendapatkan ASN unggul, yang mampu berkompetisi di era milenial dan di tengah dinamika masyarakat,” ungkap Arwani. han