Informasi

Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Visi BKN : Menjadi Pembina dan Penyelenggara Manajemen Kepegawaian yang Profesional dan Bermartabat Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Melayani dengan Peduli, Iklas dan Bertanggungjawab ... ;
Selasa, 17 Maret 2020 - 09:30:38 WIB

Sestama BKN: Talent Pool BKN Mendukung Pembangunan SDM Nasional


Diposting oleh : Teamweb
Kategori: Kepegawaian - Dibaca: 26 kali

Sestama BKN: Talent Pool BKN Mendukung Pembangunan SDM Nasional
Yogyakarta-Humas BKN, “Kegiatan ini tidak terlepas dari program nasional, salah satunya pembangunan sumber daya manusia,” buka Sekretaris Utama Badan Kepegawaian Negara (BKN), Supranawa Yusuf, memberi pengarahan sekaligus membuka kegiatan Penilaian Potensi dan Kompetensi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama dan Administrator di Aula Kantor Regional (Kanreg) I BKN Yogyakarta, Selasa (10/03/2020).

Yusuf menambahkan bahwa pada program pembangunan sumber daya manusia, khususnya di birokrasi, BKN mengemban tugas untuk menyelenggarakan penilaian potensi dan kompetensi melalui talent pool untuk pejabat pimpinan tinggi dan pejabat administrasi, bahkan BKN juga telah beberapa kali menyelenggarakan untuk level pejabat pengawas. Tugas ini juga merupakan bagian dari penerapan sistem merit yang diamanatkan undang-undang nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN).

Lebih lanjut Yusuf memaparkan bahwa ada 2 langkah strategis yang dilakukan oleh BKN dalam rangka membangun manajemen talenta, “Yang pertama adalah menyiapkan data base profil para pejabat pimpinan tinggi dan pejabat administrasi, yang difokuskan pada JPT pratama dan administrator. Yang kedua, BKN sudah menerbitkan standar penyelenggaraan penilaian kompetensi melalui peraturan BKN nomor 26 tahun 2019 tentang Pembinaan Penyelenggara Penilaian Kompetensi Pegawai Negeri Sipil.” Hal ini berarti bahwa semua lembaga yang akan melakukan penilaian kompetensi untuk PNS harus di bawah binaan BKN, dalam hal ini Pusat Penilaian Kompetensi ASN.

Kegiatan penilaian potensi dan kompetensi JPT pratama dan administrator di wilayah kerja Kanreg I BKN Yogyakarta akan berlangsung selama 3 hari, mulai tanggal 10 sampai dengan 12 Maret 2020 yang diikuti oleh 117 peserta dari 10 kabupaten/kota. Kesepuluh kabupaten/kota tersebut yaitu Kabupaten Cilacap, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Purworejo, Kabupaten Magelang, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Semarang, Kabupaten Pekalongan, serta Kota Pekalongan. (han)