Informasi

Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Visi BKN : Menjadi Pembina dan Penyelenggara Manajemen Kepegawaian yang Profesional dan Bermartabat Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Melayani dengan Peduli, Iklas dan Bertanggungjawab ... ;
» Forum Tanya Jawab

  • Berkas Cuti DiLuar Tanggungan Negara (CLTN) ( 21-01-2020 )
  • Nama : Santi Dewinta P
    Tanya : Assalamualaikum bp/ibu admin, Mau menanyakan berkas cuti di BKN itu masuk di bagian apa ya? Trus bgmn saya mengetahui hasil dari pengajuan CLTN saya. Sdh sy ajukan dari bulan November 2019, dgn pngajuan cuti per 1 maret 2020 a.n SANTI DEWINTA PRASASTI, S.Pd Nip. 19871201 201001 2 014 Unit Kerja : SMAN 1 Kaliwiro, Kab. Wonosobo Disdikbud Prov. Jawa Tengah Trmksh, mhon infonya


  • jadwal SKD 2020 ( 21-01-2020 )
  • Nama : ANNISA
    Tanya : mohon maaf, apakah jadwal seleksi test CPNS untuk kanreg BKN Yogyakarta belum di umumkan secara resmi untuk tanggal dan tempat pelaksanaanya?

    Jawab:

    Slot jadwal pelaksanaan seleksi kompetensi dasar (SKD) CPNS di wilayah Jateng dan DIY sudah kami serahkan ke Instansi daerah masing-masing, untuk selanjutnya pihak Instansi nantinya yang akan mengumumkan jadwal teknis riil per peserta sesuai dengan jumlah pelamar yang dimiliki, silakan dipantau terus media informasi Instansi yang dilamar. Demikian terima kasih.


  • Jabatan perawat ( 21-01-2020 )
  • Nama : Dwi
    Tanya : Saya tahun 2016 naik pangkat ke IIIa dg jabatan perawat pelaksana lanjutan (SK kenaikan jabatan). Tahun 2019 saya naik pangkat ke III b dg jabatan perawat mahir (tanpa SK jabatan). 1. Samakah jabatan perawat pelaksana lanjutan dg perawat mahir? 2. Saya seharusnya memakai jabatan perawat pelaksana lanjutan (sesuai SK kenaikan jabatan) ato perawat mahir (sesuai SK KP)? terimakasih

    Jawab:
    Sesuai dengan Permenpan RB No. 25 tahun 2014 tentang jabatan fungsional perawat dan angka kreditnya, terdapat penyesuaian dalam penyebutan jenjang jabatan yakni ada tiga (3) jabatan pada jenjang keterampilan yaitu perawat terampil, mahir, dan penyelia. Adapun jabatan perawat pelaksana lanjutan disesuaikan dengan perawat mahir, sehingga untuk penyebutan silakan menggunakan jabatan perawat mahir. Demikian, terima kasih.

  • TMT dan tanggal lahir BKN yang ada di aplikasi dapodik salah, ( 20-01-2020 )
  • Nama : nikma agustina gani
    Tanya : assalamualaikum, mau tanya pak,, data individu say pada aplikasi dapodik mengenai TMT PNS pada BKN dan tanggal lahir pada BKN datanya salah,, padahal data di dapodik sudah sesuai, dan saya sudah mengecek data saya di aplikasi SAPK BKN Nip dan tanggal lahir saya sudah sesuai. yang mau saya tanyakan bagaimana cara saya memperbaiki data tanggal lahir dan TMT PNS pada BKN yang salah pada validasi data GTK dapodik

    Jawab:
    Untuk melakukan udpdating data pada dapodik, silakan menghubungi operator dapodik instansi Saudara untuk diberikan bantuan/asistensi. Demikian, terima kasih.

  • Penyesuaian ijazah S2 bagi cpns ( 19-01-2020 )
  • Nama : Efan
    Tanya : Assalamualaikum min, saya cpns ta 2018 formasi guru kelas dengan ijazah s1 pgsd, sebelum diterima cpns saya sudah mendapat ijazah S2 pgsd th 2017. Apakah nanti jika saya sudah menerima sk pns sya bisa ikut penyesuaian ijazah s2.?

    Jawab:
    Dapat kami sampaikan bahwa dalam penyesuaian ijazah perlu diperhatikan apakah S1/S2 PNS ybs linear/sesuai dengan klasifikasi pendidikan yang dibutuhkan oleh jabatan ybs, tersedianya formasi, serta kebijakan internal Instansi selaku pengelola kepegawaian di daerah. Demikian, terima kasih.




  • pencantuman gelar dari jabatan fuingsional ke struktural ( 18-01-2020 )
  • Nama : Desmaria
    Tanya : Pangkat gol III/ D ,TMT april 2012 jabatan Bidan Penyelia,tahun 2016 saya menyelesaikn kuiah s1 ,SKM dan sudah pencatuam gelar,dan saat ini status kepegawaian saya menjadi struktural Apakah gelar SKM bisa dicantumkan pada pada SK struktural.apakah perlu ada SK fungsional SKM untuk bisa dicantumkan gelar Trima kasih

    Jawab:
    Jika Saudara bukan pejabat fungsional, maka cukup diusulkan saja pencantuman gelarnya, tanpa harus ada dalam PAK fungsional. Demikian, terima kasih.

  • penilaian skp bagi cpns guru ( 17-01-2020 )
  • Nama : abd. haris
    Tanya : Bagaimana penilaian SKP bagi CPNS guru yang SPMT CPNSnya per Juni 2019, yang di dalamnya ada penilaian dengan induksi ataupun PKG? Apakah penilaiannya harus dilakukan di di bulan Januari 2020 (utk periode Januari - Des 2019) at0 di genapkan 1 tahun (Juni 2019 - Mei 2020)?

    Jawab:
    Untuk penilaian SKP CPNS dilakukan di akhir bulan Desember 2019 dengan menilai kinerja mulai dari SPMT (Juni - Desember 2019). Demikian, terima kasih.

  • Pertimbangan Teknis BKN ( 17-01-2020 )
  • Nama : LUHRI BUDIRIYANTO
    Tanya : saya sedang proses usulan pensiun tmt 01-09-2020, apakah saat ini pertek BKN tentang pensiun saya sudah dapat diketahui, hal ini saya tanyakan karena setelah melalui aplikasi My SAPK BKN ternyata sulit sekali untuk login, serta berulang kali gagal, konon dibuatkan aplikasi tersebut guna memudahkan asn/pns untuk akses data kepegawaian,tapi kenyataan tidak semudah yang dibayangkan, apakah ada cara atau solusi lain untuk mengetahui pertek BKN tersebut, terima kasih

    Jawab:
    Hubungi pengelola kepegawaian di instansi Anda untuk memastikan NIK yang tersimpan di database SAPK sudah benar. Jika terjadi kesalahan, perbaiki data NIK Anda. Setelah perbaikan NIK, Anda baru dapat log in ke MySAPK 1 hari kemudian. Demikian. Terima kasih.


  • Keluhan ( 17-01-2020 )
  • Nama : Gega
    Tanya : Kenapa keluhan kami jarang di balas/ditanggapi oleh pihak bkn. Terimakasih

    Jawab:

    Mohon dapat disebutkan jenis dan media yang digunakan untuk mengajukan saran keluhan. Kami selalu berkomitmen untuk menindaklanjuti setiap saran, masukan, maupun keluhan yang masuk untuk perbaikan layanan yang lebih baik. Demikian semoga dapat membantu, terima kasih.


  • kenaikan pangkat ( 16-01-2020 )
  • Nama : catherine
    Tanya : saya mau menanyakan, saya staf dengan pangkat saat ini adalah IIId. Pada April 2019 seharusnya naik IVa (pendidikan S2). Tetapi karena ada aturan (perwali) yang mengatur bahwa staf tidak boleh IVa meski lulusan S2 maka saya tidak bisa naik pangkat. kemudian perwali tersebut dicabut, sehingga pada oktober 2019 banyak staf dan kasi yang bisa naik pangkat 4a. Saya mengalami kendala karena kasi saya gol IIIc. Maka pada 1 des 2019 saya dipindah ke kasi lain yg gol 4a, dan diusulkan kp 4a bulan april 2020. Di akhir desember terjadi pelantikan eselon. Kasi saya yg 4a promosi menjadi kabid (tmt 1 januari 2020) dan digantikan dengan kasi yg gol IIIc. kemudian oleh bkdik dikatakan proses kp saya tidak bisa dilanjutkan dan harus mutasi ke dinas lain. Per tanggal 1 Januari 2020 saya mendapat SK untuk mutasi ke dinas lain dan ditempatkan di bawah kasi 4a. Pertanyaan saya apakah proses usulan kp saya bulan april 2020 bisa dilanjutkan? Terimakasih

    Jawab:
    Terima kasih atas partisipasi dan informasi yang diberikan. Terkait dengan proses pengusulan kenaikan pangkat, segala hal akan kami komunikasikan dengan pengelola kepegawaian Instansi selaku pihak pengusul baik yang statusnya memenui syarat, bahan tidak lengkap, maupun tidak memenuhi syarat. Nantinya pihak pengelola kepegawaian/BKD yang akan menginformasikan kepada pegawai yang bersangkutan. Demikian, terima kasih.

  • Mutasi ( 15-01-2020 )
  • Nama : Susi winarsih
    Tanya : Terkait pengajuan usul mutasi saya an susi winarsih nip 199206132015022003 melalui aplikasi SAPK oleh kepegawaian kab banyumas pd tgl 09 januari 2020 apakah saya bisa mengakses untuk mengeceknya? Katanya paling lama 15 hari kerja . Untuk mengetahui prosesnya mohon informasinya. Terimakasih

    Jawab:
    Silakan dikoordinasikan dengan Instansi/pengelola kepegawaian Instansi Saudara. Demikian, terima kasih.

  • Kenaikan pangkat melebihi atasan langsung ( 15-01-2020 )
  • Nama : MULYADI P
    Tanya : Apakah Kenaikan Pangkat reguler PNS tidak Boleh Melebihi pangkat Atasan Langsung? Kalau Tidak Boleh apakah ada peraturan maupun petunjuk teknis yang mengaturnya?

    Jawab:
    Kenaikan pangkat reguler dapat diberikan sepanjang tidak melampaui pangkat atasan langsungnya. Hal ini tertuang dalam Keputusan Kepala BKN Nomor 12 tahun 2002 tentang kenaikan pangkat PNS. Demikian, terima kasih.

  • Kapan CPNS 2018 diangkat PNS ditahun 2020 apa 2021? ( 15-01-2020 )
  • Nama : Parno
    Tanya : Assalamualaikum, Min mau tanya saya CPNS 2018 dan sudah Lulus LATSAR 2019. Kapan status saya menjadi PNS, Apakah ditahun 2020 atau ditahun 2021? trima kasih

    Jawab:
    Pengangkatan CPNS menjadi PNS, menjadi kewenangan dari pejabat pembina kepegawaian Instansi. Beberapa pertimbangan untuk pengangkatan menjadi PNS diantaranya telah lulus diklat prajabatan/latsar, prestasi kerja minimal bernilai baik, lolos uji kesehatan, serta syarat-syarat lainnya. Demikian, terima kasih.

  • Resign cpns ( 15-01-2020 )
  • Nama : Blew
    Tanya : Bagaimanakah maksut dari blacklist cpns periode berikutnya ? Apakah setelah periode berikutnya itu berlalu kita dapat mendaftar kembali ?

    Jawab:
    Yang dimaksud dengan tidak dapat mengikuti seleksi penerimaan CPNS berikutnya adalah satu (1) kali periode penyelenggaraan seleksi. Demikian, terima kasih.

  • Mutasi apa harus punya jabfung ( 14-01-2020 )
  • Nama : Trio
    Tanya : Saya PNS dan diangkat sebagai guru gol 3a, karena ijazah dan SK tidak relevan dg tugas mengajar kami ingin mengajukan mutasi, kebetulan mutasi tsb harus antar instansi. Namun saat ini kami belum diangkat jabatan fungsional guru. Apakah ketika mengajukan mutasi, wajib bagi kami utk memiliki jabatan fungsional guru terlebih dahulu? Terimakasih atas perhatiannya.

    Jawab:
    Seorang pegawai yang mengajukan mutasi pindah wilayah kerja, maka pola penyetaraan/manajemen kepegawaian termasuk dalam pengangkatan dalam suatu jabatan menjadi kewenangan dari instansi yang dituju sesuai dengan kebijakan dan kebutuhan yang dipertimbangkan oleh pejabat Pembina Kepegawaian (PPK). Silakan dikonsultasikan dengan pengelola kepegawaian instansi Saudara. Demikian, terima kasih.

  • KP PI ( 13-01-2020 )
  • Nama : Sapii
    Tanya : Assalaamu'alaikum. mohon maaf, jabatan fungsional umumum sebagai pelaksana guru dengan pangkat IIIb telah selesai menempuh S2, ijin belajar dan penggunaan gelar sudah saya dapatkan. apakah bisa untuk KP atau tidak dengan mendaftar UKPPI. Terimakasih.

    Jawab:
    Syarat KPPI salah satunya adalah:
    - adanya formasi sesuai dengan jabatan yang relevan dengan pendidikan
    - Memperoleh ijin belajar dengan akreditasi minimal B dan bukan kelas jauh
    - lulus ujian penyesuaian ijazah
    Silakan koordinasikan dengan pengelola kepegawaian Instansi Saudara. Demikian, terima kasih.

  • Pencantuman gelar jabatan struktural ( 13-01-2020 )
  • Nama : Ardi
    Tanya : Saat ini saya sebagai eselon IV dengan gol III/d tmt 1 Oktober 2013, saya telah menyelesaikan S2 di tahun 2019, saya usul naik pangkat TMT 1 April 2020 tetapi belum punya surat keterangan pencantuman gelar. Apakah saya harus usul pencantuman gelar terlebih dahulu?

    Jawab:
    Untuk dapat diusulkan kenaikan pangkat ke pangkat/golongan IVa, maka Saudara harus melaporkan peningkatan pendidikan yang diperoleh terlebih dahulu sebagai bagian persyaratan untuk kenaikan pangkat, baik sudah dicantumkan gelarnya atau belum. Demikian, terima kasih.


  • Resign sekolah kedinasan ( 13-01-2020 )
  • Nama : Pur
    Tanya : Apakah resign dari sekolah kedinasan ikatan dinas berdampak blacklist cpns ? Jika iya apakah blacklist berlaku untuk periode selanjutnya atau selamanya

    Jawab:
    Seorang penerima sekolah kedinasan saat ini sudah melewati proses seleksi layaknya CPNS, sehingga ketika Ybs mengundurkan diri akan dikenai batasan tidak dapat mengikuti seleksi sekolah kedinasan maupun CPNS periode berikutnya, selain juga dimungkinkan adanya pengenaan denda. Demikian, terima kasih.

  • Apakah setelah lulus UPP/Ujian penggunaan gelar wajib ikut UKPPI ( 11-01-2020 )
  • Nama : MARIA IHWANIKA, A.Md.
    Tanya : Asslkm admin..mohon tanya saya PNS gol.3a pustakawan mahir dg ijazah D3..dan sdh py ijazah S1 dan sdh lulus Ujian Peningkatan Pendidikan/Penggunaan gelar..Apakah saya harus ikut UKPPI atau tidak, biar ijazah S1 nya di pake..mohon pencerahannya

    Jawab:
    Jika Saudara adalah pemangku jabatan fungsional dan sudah lulus ujian penggunaan gelar, maka Saudara tidak perlu mengikuti ujian KPPI, cukup dimasukkan saja ijazah yang telah diperoleh kedalam DUPAK. Demikian, terima kasih.

  • Ijin bertanya mengenai pendidikan apa yg linier dengan D2 Pengujian Kendaraan Bermotor ( 11-01-2020 )
  • Nama : Muhammad taufik ramadhan
    Tanya : Saya lulusan d2 pengujian kendaraan bermotor.jabatan di sk cpns yaitu penguji kendaraan bermotor pelaksana..apabila saya ingin melanjutkan pendidikan, pendidikan apa yg dpt saya ambil(yg linier)..banyak terjadi senior sudah sekolah tp ijazah tidak diakui/ tidak linier keterangan dari pihak bkd. Mohon informasinya

    Jawab:
    Terkait dengan jurusan yang linier silakan dikonsultasikan terlebih dahulu dengan BKD instansi serta instansi pembina JFT penguji kendaraan bermotor supaya tidak diperoleh kerugian nantinya. Demikian, terima kasih.


Hal: 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | 11 | 12 | 13 | 14 | 15 | 16 | 17 | 18 | 19 | 20 | 21 | 22 | 23 | 24 | 25 | 26 | 27 | 28 | 29 | 30 | 31 | 32 | 33 | 34 | 35 | 36 | 37 | 38 | 39 | 40 | 41 | 42 | 43 | 44 | 45 | 46 | 47 | 48 | 49 | 50 | 51 | 52 | 53 | 54 | 55 | 56 | 57 | 58 | 59 | 60 | 61 | 62 | 63 | 64 | 65 | 66 | 67 | 68 | 69 | 70 | 71 | 72 | 73 | 74 | 75 | 76 | 77 | 78 | 79 | 80 | 81 | 82 | 83 | 84 | 85 | 86 | 87 | 88 | 89 | 90 | 91 | 92 | 93 | 94 | 95 | 96 | 97 | 98 | 99 | 100 | 101 | 102 | 103 | 104 | 105 | 106 | 107 | 108 | 109 | 110 | 111 | 112 | 113 | 114 | 115 | 116 | 117 | 118 | 119 | 120 | 121 | 122 | 123 | 124 | 125 | 126 | 127 | 128 | 129 | 130 | 131 | 132 | 133 | 134 | 135 | 136 | 137 | 138 | 139 | 140 | 141 | 142 | 143 | 144 | 145 | 146 | 147 | 148 | 149 | 150 | 151 | 152 | 153 | 154 | 155 | 156 | 157 | 158 | 159 | 160 | 161 | 162 | 163 | 164 | 165 | 166 | 167 | 168 | 169 | 170 | 171 | 172 | 173 | 174 | 175 | 176 | 177 | 178 | 179 | 180 | 181 | 182 | 183 | 184 | 185 | 186 | 187 | 188 | 189 | 190 | 191 | 192 | 193 | 194 | 195 | 196 | 197 | 198 | 199 | 200 | 201 | 202 | 203 | 204 | 205 | 206 | 207 | 208 | 209 | 210 | 211 | 212 | 213 | 214 | 215 | 216 | 217 | 218 | 219 | 220 | 221 | 222 | 223 | 224 | 225 | 226 | 227 | 228 | 229 | 230 | 231 | 232 | 233 | 234 | 235 | 236 | 237 | 238 | 239 | 240 | 241 | 242 | 243 | 244 | 245 | 246 | 247 | 248 | 249 | 250 | 251 | 252 | 253 | 254 | 255 | 256 | 257 | 258 | 259 | 260 | 261 | 262 | 263 | 264 | 265 | 266 | 267 | 268 | 269 |

PEMBERITAHUAN
Pertanyan terkait kemajuan proses KENAIKAN PANGKAT dapat dicek langsung melalui fitur baru INFORMASI PROSES KP yang ada di pojok kiri atas halaman beranda/home (Klik disini).

Tuliskan pertanyaan mengenai permasalahan KEPEGAWAIAN dengan mengisi form di bawah ini:
Nama :
e-Mail :
Judul :
Tanya :
   
    (Masukkan 6 kode diatas)