Informasi

Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Visi BKN : Menjadi Pembina dan Penyelenggara Manajemen Kepegawaian yang Profesional dan Bermartabat Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Melayani dengan Peduli, Iklas dan Bertanggungjawab ... ;
» Forum Tanya Jawab

  • Syarat Kepala Sekolah ( 28-07-2019 )
  • Nama : Siswanto, S.Pd.SD
    Tanya : Mohon pencerahan apakah syarat untuk menjadi kepala Sekolah SD itu sertifikat pendidik menjadi syarat wajib sedangkan sekarang katanya kepala sekokah itu sebagai manager sekolah dan bukan guru yang diberi tugas tambahan

    Jawab:
    Untuk penugasan guru sebagai kepala sekolah sampai saat ini belum ada petunjuk pelaksanaannya, untuk guru yang diberi tugas sebagai kepala sekolah masih mengacu pada peraturan Permenpan 16 Tahun 2009. Demikian, terima kasih.

  • Syarat karis perkawinana kedua ( 25-07-2019 )
  • Nama : Ratna Juita
    Tanya : Apa saja syarat tambahan uuk mengusulkan karis untuk perkawinan kedua karena istri pertama meninggal dunia

    Jawab:

    Persyaratan usulan Kartu Istri (Karis):

    1. Surat pengantar dari BKD
    2. Foto Copy Surat kematian yang dilegalisir
    3. Foto Copy SK CPNS dan PNS
    4. Foto  Copy Surat Nikah yang dilegalisir
    5. Pas foto 3x4 (2 lembar)

    Demikian, terima kasih.


  • Mutasi gunungkidul-sragen ( 25-07-2019 )
  • Nama : Sri hartadi,S.Pd
    Tanya : Saya guru penjaskes SD dari gunungkidul beniat mutasi ke sragen karena rumah saya beralamat di sragen, Dengan program pemerintah zonasi guru, bagaimana caranya agar mudah mendapat rekomendasi dari daerah asal? Kalau tetap harus tukaran mohon informasinya kalau ada guru penjas dari sragen yg akan ke gunungkidul mohon diberitahukan pada saya, maturnuwun

    Jawab:
    Terkait dengan informasi formasi maupun pegawai instansi daerah yang akan melakukan mutasi, silakan langsung ditanyakan ke Badan Kepegawaian Daerah / BKPP instansi daerah masing-masing. Demikian, terima kasih


  • ijasah syarat naik pangkat ( 23-07-2019 )
  • Nama : Ratna Juita
    Tanya : apakah ijasah untuk syarat kenaikan pangkat IV/a yg sudah diakui gelarnya oleh BKN boleh dilegalisir oleh lembaga atau apakah harus dari universitas yg mengeluarkan?

    Jawab:
    Untuk legalisir ijazah harus dari universitas yang mengeluarkan ijazah tersebut. Demikian, terima kasih.

  • penempatan cpns di instansi ( 23-07-2019 )
  • Nama : Utami
    Tanya : saya mau bertanya apabila cpns penempatan di instansi dan kepala instansi menempatkan cpns tersebut tidak sesuai denga sk cpns (tidak sesuai dengan formasi ketima mendaftar) kemana kah harus melapor? langkah apa yg harus filakukan. penempatan tidak sesuai dengan jabatan diformasi, dan tupoksinya. mohon pencerahannya

    Jawab:
    Apabila penempatan CPNS tidak sesuai dengan formasi CPNS segera melapor di bagian kepegawaian instansi setempat untuk disesuaikan penempatan sesuai formasi demi kepentingan pembinaan lebih lanjut. Demikian, terima kasih.

  • Pengembangan Profesi ( 22-07-2019 )
  • Nama : LANI
    Tanya : Selamat Pagi, Mohon informasi apakah ada kewajiban harus mengumpulkan nilai pengembangan profesi bagi JFT Fisioterapi jenjang ahli apabila hendak naik pangkat seperti Perawat ahli? Karena pada aturan Perawat sudah tertera jelas kebutuhan tiap naik pangkat, sedangkan pada aturan JFT fisioterapi tidak tertulis. Terima Kasih

    Jawab:
    Sesuai dengan Kepmenpan No KEP/04/M.PAN/I/2004 tentang jabatan fungsional fisioterapis dan angka kreditnya, fisioterapis yang akan naik pangkat tidak ada persyaratan khusus mengenai butir kegiatan pengembangan profesi, melainkan hanya sekurang-kurangnya 80% angka kredit yang berasal dari unsur utama. Demikian, terima kasih.

  • kesalahan nama suami pada Karip ( 22-07-2019 )
  • Nama : Isnandar
    Tanya : isteri saya nama Rasiyah tgl lachir 3agustus 1958 pensiun per tgl.1 September 2016 dalam SK.tertulis nama suami Iskandar yg benar Isnandar bagaimana meralatnya,yg kedua dlm hal BPJS karena saat ini isteri ikut suami apakah boleh dirubah suami ikut isteri karena urusan klas pelayanan BPJS keduanya sama2 pensiunan PNS bagaimana caranya trimakasih informasinya

    Jawab:
    Untuk meralat SK pensiun yang salah nama suaminya maka dapat diperbaiki dengan melampirkan data pendukung nama suami seperti surat nikah, ktp dll. dan silakan laporkan ke PT Taspen setempat. Untuk pindah tunjangan  juga dapat dilakukan/dipindahkan ke isteri, silakan mengajukan perpindahan tunjangan ke BPJS. Demikian, terima kasih.


  • Konsultasi ( 20-07-2019 )
  • Nama : Mansyur,Spd,MAp
    Tanya : Mohon penjelasannya, sy PNS tahun 1998, sekarang gol/ruang IVa, pernah menjabat anggota KPU Kabupaten 2008 s.d 2018. Sesuai perpres 11/2016 pasal 6 huruf c : ketua dan anggota KPU kabupaten/kota setingkat standar biaya perjalanan dinas eselon III. Pertanyaan saya : 1.Apakah jabatan kami sbg anggota KPU Kab/kota dapat di sejajarkan telah menduduki jabatan eselon III (jab.administrator) selama 10 tahun 2.Apakah kami dapat diangkat dijabatan administrator/eselon III berdasarkan pengalaman kami telah menduduki jabatan yang setingkat eselon III Wassalam Terimakasih

    Jawab:
    Sesuai ketentuan Presiden Nomor 11 tahun 2016 bahwa Ketua dan anggota KPU digaji oleh pemerintah dengan menggunakan ketentuan yang berbeda dengan pegawai negeri sipil, walaupun jabatannya disejajarkan dengan jabatan eselon III namun bukan berarti dapat diangkat menjadi eselon III. Apabila saudara telah selesai menjadi Ketua/anggota KPU karena masa baktinya sudah habis dan kembali ke instansi pemerintah, maka apabila pejabat pembina kepegawaian mempercayakan saudara untuk menduduki jabatan, dapat diangkat berjenjang dari eselon IV terlebih dahulu. Demikian, terima kasih.

  • Mengurus Kartu Pegawai ( 18-07-2019 )
  • Nama : Heni Riyani
    Tanya : Saya mohon info apakah Kartu Pegawai (KarPeg) atas nama Heni Riyani,NIP 197912072006042021 bisa dicek sdh terbit atau belum? Mungkin diprint ulang di BKN, karena menurut pegawai TU sklh yg mengurus sdh diajukan. Apakah jika hilang, bisa mengecek nmr Karpeg dan mencetak ulang di BKN? Terima kasih.

    Jawab:
    Berkas kartu Pegawai atas nama Heni Riyani,NIP 197912072006042021 belum masuk ke BKN. Silakan konfirmasikan ke BKD Pemprov Jawa Tengah. Demikian, terima kasih.



  • Cuti melahirkan ( 18-07-2019 )
  • Nama : Jayanti
    Tanya : Selamat siang, bagaimana perhitungan cuti melahirkan ketika melahirkan lebih awal tapi blm sempat mengambil cuti melahirkan Ketika cuti bersama saat lebaran. Apakah cuti dihitung mulai tanggal masuk kerja pegawai umumnya atau dihitung tanggal cuti bersama lebaran? Terima kasih.

    Jawab:
    Hak cuti melahirkan adalah 3 bulan. Oleh karena bersamaan dengan cuti bersama maka cuti melahirkan dapat diambil mulai tanggal setelah cuti bersama berakhir/saat masuk kerja. Demikian, terima kasih.

  • PNS POLRI MENCALONKAN KADES ( 18-07-2019 )
  • Nama : wiwin ernawati
    Tanya : Mohon ijin menanyakan prosedur dan konsultasi mengenai PNS POLRI mencalonkan Kades / Lurah, untuk persyaratan dan tata cara pengajuannya bagaimana, mohon petunjuk, makasih.

    Jawab:
    Seorang PNS dapat mencalonkan diri menjadi Kepala desa dengan syarat memperoleh persetujuan/izin dari pejabat pembina kepegawaian (PPK) dalam hal ini adalah Kepala POLRI. Jika telah lolos menjadi Kepala desa PNS tersebut harus diberhentikan sementara dari jabatan organiknya tanpa menghilangkan statusnya sebagai PNS. Demikian, terima kasih.

  • pengurusan pensiun di daerah/provinsi ( 18-07-2019 )
  • Nama : lina sastradihardja, SH
    Tanya : yth. Kepala Kanreg BKN saat ini saya pns yang akan pensiun per tanggal 1 September 2019, berkas usulan telah disampaikan ke BKD Provinsi Lampung dari awal Bulan Maret 2019. yang ingin saya tanyakan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan persetujuan teknis dimaksud. apakah pengajuan persetujuan tersebut baru bisa dilaksanakan mendekati waktu TMT atau dapat diajukan beberapa bulan sebelumnya. sebagai calon pensiunan yang akan pindah domisili, keterlambatan penerimaan SKEP pensiun akan merugikan bagi kami waktu dan biaya. demikian keluhan kami. kiranya dapat beroleh jawaban secepatnya.

    Jawab:
    Mohon konsultasikan ke Kantor Regional V BKN Jakarta. karena Provinsi Lampung masuk dalam wilayah kerja Kanreg V BKN. Kanreg I BKN Yogyakarta wilayah kerja DIY dan Jawa tengah. Demikian, terima kasih.

  • Usulan KP ( 18-07-2019 )
  • Nama : Siswanto, S.Pd.SD
    Tanya : Saya ASN dr kab. Klaten NIP 19710315 200604 1 006 Apakah data usulan KP dr 3B ke 3C saya sudah masuk ke BKN

    Jawab:
    Untuk informasi perkembangan usulan KP dapat dipantau secara mandiri melalui aplikasi My SAPK (dapat didownload di playstore) dengan memasukkan NIP dan NIK, Kemudian pilih menu "lainnya" kemudian menu "pelacakan". Demikian, terima kasih.

  • Konsultasi ( 17-07-2019 )
  • Nama : KHOIRUSSALIS, S.PdI
    Tanya : Saya diangkat PNS dari HONORER K2, IJAZAH SMA, SK PNS APRIL 2017, GOL. II/B, JABATAN GURU PAI Pada MTsN 10 Kab. Magetan Saya akan lulus S1 PAI tahun 2009, dan Sertifikasi Mapel Qur'an Hadist Lulus tahun 2013 dan sudah mendapatkan NRG, saya tidak bisa menerima TPG karena saya belum memenuhi syarat pemutihan tugas atau izin belajar, karena syarat mendapatkan surat izin belajar ketika kita proses pendidikan, sedangkan sebelum cpns saya sudah lulus s1, mohon penjelasannya

    Jawab:
    Terkait pemutihan izin belajar bagi PNS Kementerian Agama diatur melalui keputusan Menteri Agama RI Nomor 37 Tahun 2016 serta Surat edaran Nomor : 7362/SJ/Kp.01.01/10/2016. untuk penjelasan detailnya silakan konsultasikan langsung ke Kementerian Agama. Demikian, terima kasih.

  • Usulan KP ( 17-07-2019 )
  • Nama : Siswanto, S.Pd.SD
    Tanya : Nama saya Siswanto, S.Pd.SD, Nip. 19710315 200604 1 006, golongan 3B ASN dr kab. Klaten, mohon tanya bulan september 2018 saya mengajukan usulan KP untuk periode April 2019 kemudian awal Januari 2019 turun PAK dengan keterangan bisa diusulkan KP ke 3C kemudian bulan Maret turun SK Jabfung dan dari dinas kabupaten diberi penjelan nanti untuk periode oketober maka dr itu mohon pencerahan proses SKnya sudah sampai dimana ?

    Jawab:
    Untuk informasi perkembangan usulan KP dapat dipantau secara mandiri melalui aplikasi My SAPK (dapat didownload di playstore) dengan memasukkan NIP dan NIK, Kemudian pilih menu "lainnya" kemudian menu "pelacakan". Demikian, terima kasih.

  • Diklat Alih Jenjang ( 15-07-2019 )
  • Nama : LANI
    Tanya : Mohon informasi, jenis JFT apa saja yang membutuhkan diklat alih jenjang bagi JFT yang akan alih jenjang dr jenjang keterampilan ke keahlian ? Terima Kasih

    Jawab:
    JFT mempunyai kebijakan masing-masing terkait dengan persyaratan Diklat penjenjangan, karena belum semua JFT menerapkan mekanisme tersebut. Untuk mengetahui ada tidaknya persyaratan Diklat penjenjangan silakan konsultasikan langsung ke instansi pembina JFT tersebut. Demikian, terima kasih.

  • Di Mana Posisi SK Janda 00269/KEP/B2/13xxx/xx ( 15-07-2019 )
  • Nama : D. Musyahadah
    Tanya : Melalui forum ini kami pernah bertanya perihal pengajuan SK Janda a.n D.Musyahadah yang lama sekali tidak kami terima. Kemudian pada bulan Mei Ada jawaban bahwa SK sudah jadi dengan nomor 00269/KEP/B2/13xxx/xx tanggal 24-4-2019. Kami ingin menanyakan keberadaan SK tersebut saat ini. Apakah posisinya masih di BKN atau sudah dikirimkan ke PT. Taspen Purwokerto. Karena sampai Hari Ini kami belum juga mendapatkannya dari PT. Taspen. Mohon bantuannya, terima kasih

    Jawab:
    SK janda atas nama D. Musyahadah sudah dikirimkan ke PT. Taspen, silakan hubungi pihak PT. Taspen Purwokerto. Demikian, terima kasih.

  • pns/asn bisa menjadi direktur bumd ( 14-07-2019 )
  • Nama : musa
    Tanya : assalam wrwb.terima kasih atas jawaban sebelumnya min.apakah pns/asn yang bukan pelaksana pelayanan publik bisa menjadi direktur bumd.terima kasih atas jawabanya

    Jawab:

    Dapat kami sampaikan bahwa yang dimaksud dengan pelaksana pelayanan adalah seluruh ASN, baik pejabat maupun pelaksana, karena esensinya tugas dan fungsi dari ASN adalah menjadi pelayan publik. Demikian terima kasih.


  • PNS menjadi direktur BUMD ( 12-07-2019 )
  • Nama : musa
    Tanya : assalam wrwb.mau konsultasi min.apakah PNS/ASN bisa menjadi direktur BUMD?aturanya apa?terima kaish atas jawabanya

    Jawab:
    Berdasarkan Undang-Undang No 5 Thn 2009 tentang pelayanan publik.
    1. Pasal 1 angka (5) : pelaksana pelayanan publik yang selanjutnya disebut pelaksana adalah pejabat, pegawai, petugas, dan setiap orang yang bekerja didalam organisasi penyelenggara yang bertugas melaksanakan tindakan atau serangkaian tindakan publik.
    2. Pasal 17 huruf (a) : pelaksana dilarang merangkap komisaris atau pengurus organisasi usaha bagi pelaksana yang berasal dari lingkungan instansi pemerintah, BUMN, dan BUMD. Jadi, seorang PNS/ASN dilarang merangkap jabatan menjadi direktur BUMD. Demikian, terima kasih.


  • Revisi SK CPNS ( 11-07-2019 )
  • Nama : Putri Mustika R. A
    Tanya : Assalamu'alaikum. Mohon izin bertanya. Apakah revisi SK CPNS atas nama Putri Mustika Ratna Aulia NIP 19951031 201903 2 010 sudah selesai di proses di BKN Jogja? Karena info dari BKPSDM kesalahan terjadi di pertek dr BKN sehingga revisinya harus ke BKN. Jawab: Mohon jelaskan kesalahan apa yang perlu diralat untuk kami telusuri disistem kepegawaian kami. Demikian, terima kasih. Apoteker Ahli pertama golongannya dimulai dari III/b karena rekan apoteker cpns saya yg lain juga III/b, tetapi di SK saya tertulis III/a. Setelah saya tanyakan memang di pertek dr BKN nya III/a. Info terakhir nota persetujuannya untuk revisi sudah dikirim ke BKN jogja tapi belum ada info sudah di asman atau belum.

    Jawab:
    Setelah kami telusuri disistem kepegawaian kami, data saudara sudah III/b. silakan hubungi BKD instansi terkait. Demikian, terima kasih.


Hal: 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | 11 | 12 | 13 | 14 | 15 | 16 | 17 | 18 | 19 | 20 | 21 | 22 | 23 | 24 | 25 | 26 | 27 | 28 | 29 | 30 | 31 | 32 | 33 | 34 | 35 | 36 | 37 | 38 | 39 | 40 | 41 | 42 | 43 | 44 | 45 | 46 | 47 | 48 | 49 | 50 | 51 | 52 | 53 | 54 | 55 | 56 | 57 | 58 | 59 | 60 | 61 | 62 | 63 | 64 | 65 | 66 | 67 | 68 | 69 | 70 | 71 | 72 | 73 | 74 | 75 | 76 | 77 | 78 | 79 | 80 | 81 | 82 | 83 | 84 | 85 | 86 | 87 | 88 | 89 | 90 | 91 | 92 | 93 | 94 | 95 | 96 | 97 | 98 | 99 | 100 | 101 | 102 | 103 | 104 | 105 | 106 | 107 | 108 | 109 | 110 | 111 | 112 | 113 | 114 | 115 | 116 | 117 | 118 | 119 | 120 | 121 | 122 | 123 | 124 | 125 | 126 | 127 | 128 | 129 | 130 | 131 | 132 | 133 | 134 | 135 | 136 | 137 | 138 | 139 | 140 | 141 | 142 | 143 | 144 | 145 | 146 | 147 | 148 | 149 | 150 | 151 | 152 | 153 | 154 | 155 | 156 | 157 | 158 | 159 | 160 | 161 | 162 | 163 | 164 | 165 | 166 | 167 | 168 | 169 | 170 | 171 | 172 | 173 | 174 | 175 | 176 | 177 | 178 | 179 | 180 | 181 | 182 | 183 | 184 | 185 | 186 | 187 | 188 | 189 | 190 | 191 | 192 | 193 | 194 | 195 | 196 | 197 | 198 | 199 | 200 | 201 | 202 | 203 | 204 | 205 | 206 | 207 | 208 | 209 | 210 | 211 | 212 | 213 | 214 | 215 | 216 | 217 | 218 | 219 | 220 | 221 | 222 | 223 | 224 | 225 | 226 | 227 | 228 | 229 | 230 | 231 | 232 | 233 | 234 | 235 |

PEMBERITAHUAN
Pertanyan terkait kemajuan proses KENAIKAN PANGKAT dapat dicek langsung melalui fitur baru INFORMASI PROSES KP yang ada di pojok kiri atas halaman beranda/home (Klik disini).

Tuliskan pertanyaan mengenai permasalahan KEPEGAWAIAN dengan mengisi form di bawah ini:
Nama :
e-Mail :
Judul :
Tanya :
   
    (Masukkan 6 kode diatas)