Informasi

Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Visi BKN : Menjadi Pembina dan Penyelenggara Manajemen Kepegawaian yang Profesional dan Bermartabat Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Melayani dengan Peduli, Iklas dan Bertanggungjawab ... ;
» Forum Tanya Jawab

  • Batas Usia Pensiun penyuluh pertanian ( 07-08-2019 )
  • Nama : Woro Tri A
    Tanya : Pertanyaan lain saya : menurut Perpres 11 th 2017, penyuluh dengan jabatan Madya BUPnya 60 th...batasan tmt nya kapan? kalao jabatan madyanya baru turun april 2018...BUP nya juga bisa 60 th?

    Jawab:
    PP 11 tahun 2017 secara efektif berlaku mulai 7 April 2017, JFT Madya BUP nya 60 tahun. Demikian terima kasih.

  • Pembetulan SK III/d ( 07-08-2019 )
  • Nama : Abd. Aziz
    Tanya : Bagaimana cara pembetulan SK III/d saya yang salah NIP. dan tanggal Lahir nya...? Instansi saya Kemenag Klaten...

    Jawab:
    Dapat kami informasikan bahwa untuk perbaikan SK cukup di instansi masing-masing. Demikian, terima kasih.


  • Batas Usia Pensiun penyuluh pertanian ( 07-08-2019 )
  • Nama : Woro Tri A
    Tanya : saya penyuluh pertanian saat jabatan saya pp muda, dalam proses KP ke IVa tp juga diproses pensiun 1 prebruari 2020 (lahir 15-1-1962), pensiun 58 th. Tetapi setelah mendapat pembinaan dari bkd kab Jepara diterangkan bahwa disamping BUP berdasarkan PP 11 th 2017 berlaku jg aturan khusus utk BUP penyuluh yang berdasar Perpres no 55 th 2010 dan PP no 21 th 2014 yg menyebutkan bahwa Penyuluh dg jabatan penyelia dan muda tmt 27 agustus 2010 BUP nya 60 th. Sedangkan jabatan penyelia saya tmt 1 april 2010. Yang saya tanyakan berapa BUP saya yg benar atau berlakukah aturan itu untuk saya?

    Jawab:
    Berdasarkan PP  11 Tahun 2017, BUP penyuluh pertanian penyelia adalah 58 tahun. Demikian terima kasih

  • Pencatuman gelar ( 07-08-2019 )
  • Nama : yansi tombang
    Tanya : slm siang, mohon pencerahan bapak/ ibu, sy lulus S1 keperawatan tahun 2016 dan sudah mendapatkan izin belajar, tapi status kampusnya masih akreditasi C, pada waktu saya masuk kuliah tahun 2014 belum ada sekolah tinggi ilmu kesehatan jurusan keperawatan di Batam yang Akreditasi B. STIKES jurusan keperawatan di batam yang akreditasi B adanya tahun 2017. apakah saya dapat mencatumkan gelar .trmks

    Jawab:
    Sesuai Surat edaran Menpan No 4 Tahun 2013 diantaranya disebutkan bahwa program pendidikan minimal B, berdasarkan ketentuan tersebut diatas pencantuman gelar pendidikan tidak dapat diberikan.
    Demikian, terima kasih.

  • Kebijakan PNS yang tidak memiliki ijin belajar ( 07-08-2019 )
  • Nama : Bagas raharjo
    Tanya : Saya PNS fisioterapi gol IId dengan pengangkatan pertama tahun 2014 mei gol IIc pendidikan D3 fisioterapi.Pada 2014 Desember saya menyelesaikan pendidikan D4 fisioterapi saran dari sekda bagi PNS yang tidak memiliki ijin belajar bisa mengurus surat keterangan belajar dan saya mendapatkan surat keterangan tersebut. Mohon penjelasannya.

    Jawab:
    Memperhatikan pernyataan saudara yang menyatakan bahwa saudara diangkat pada Mei 2014 golongan ruang IIc dan menyelesaikan pendidikan D4 Fisioterapi pada Desember 2014. Dapat kami sampaikan bahwa saudara melaksanakan perkuliahan D4 fisioterapi sebelum diangkat sebagai CPNS sehingga tidak perlu surat ijin belajar untuk penyesuaian ijazah tersebut, tetapi cukup dengan surat keterangan dari perguruan tinggi tempat saudara melaksanakan perkuliahan dengan ketentuan bukan jarak jauh atau kelas jauh. Demikian, terima kasih.


  • Pengangkatan dalam jabatan ( 06-08-2019 )
  • Nama : RAHMIYATI
    Tanya : ssalamualaikum... Min tanya : JFT guru yang telah dijatuhi hukdis berat berupa pembebasan dari jabatan (pasal 7 ayat 4c PP 53/2010), apakah dapat diangkat kembali ke dalam JFT guru. Referensi : PP 16/2009 pasal 36 Perka BKN 21/2010, V3i angka 4.

    Jawab:
    Pada lampiran I Peraturan Ka. BKN No 12 Tahun 2010 pada romawi V huruf D angka 3 huruf i angka 4 menyebutkan bahwa PNS dijatuhi hukuman disiplin berupa pembebasan dari jabatan, baru dapat diangkat kembali dalam suatu jabatan setelah PNS yang bersangkutan paling singkat 1 (satu) tahun setelah dibebaskan dari jabatannya. Dalam waktu 1 (satu) tahun, dianggap sudah cukup untuk menilai apakah yang bersangkutan sudah dapat dipercaya atau belum untuk menduduki sesuatu jabatan lain. Demikian, terima kasih.


  • Penyesuaian ijazah ( 06-08-2019 )
  • Nama : Felikkelik
    Tanya : Selamat siang pak, sy pns saat ini jab. fungsiona gol IIc umur 45 thn ingin izin belajar ke S1 setelah lulus apa msh bs utk penyesuaian ijasah ke Gol IIIa pak..?

    Jawab:
    Untuk ijin belajar masih bisa KPPI sepanjang tersedia formasi. Demikian, terima kasih.

  • Aps blm 50 th ( 06-08-2019 )
  • Nama : Setyo
    Tanya : Bisakah blm usia 50 th mengajukan pensiun dgn hormat melalui APS, bgmn syarat dn prosedurnya..??

    Jawab:
    sesuai dengan UU No 11 Tahun 1969 yaitu usia minimal 50 tahun dan masa kerja 20 tahun. Demikian, terima kasih.

  • Usia pensiun APS ( 05-08-2019 )
  • Nama : P Yon
    Tanya : Di pp no 11 th 2017 disebutkan bhw: 1. ASN dpt diberhentikn dgn hormat bila usia sdh 45 th dn masa kerja 20 th....bgmn syarat dn prosedurnya..? 2. Salah satu alasan berhenti dgn hormat adalah Bila mjd anggota Parpol. Bgmn syarat dn prosedurnya..??

    Jawab:
    1. Masih menggunakan aturan yang lama sesuai dengan UU No 11 Tahun 1969 yaitu usia minimal 50 tahun dan masa kerja 20 tahun
    2. Permohonan berhenti  sebagai PNS karena menjadi anggota dan/atau pengurus partai politik diajukan secara tertulis kepada PPK melalui Pejabat yang berwenang secara hierarki. Demikian, terima kasih.

  • mutasi pindah antar provinsi mengenai perka bkn anjab dan abk ( 04-08-2019 )
  • Nama : fitriani
    Tanya : dalam perka bkn untuk mutasi pindah di sebutkan anjab dan abk, yg ingin di tanyakan anjab dan abk ini di susun oleh instasi daerah penerima, atau di buat perorangan atau tempat kerja penerima sprti rumah sakit atau dinkes ?

    Jawab:
    Analisis jabatan dan Analisis beban kerja menjadi salah satu unsur yang dipertimbangkan dalam proses mutasi. Anjab dan ABK disusun oleh masing-masing instansi. Demikian, terima kasih.

  • Penyesuaian ijazah ( 01-08-2019 )
  • Nama : Gatot sunarto
    Tanya : Saya PNS ortotis Prostetis gol IId dengan pengangkatan pertama tahun 2014 gol IIc pendidikan D3 ortotik prostetik.Pada 2014 bulan desember saya menyelesaikan pendidikan D4 ortotik prostetik. Untuk penyesuaian ijazah apakah dari surat keterangan dari kampus saja karna BKD sudah memahami hal seperti ini atau surat keterangan belajar. Dan pengajuannya saat kenaikan pangkat dan penyesuaian ijazah dari D3 ke D4 saat kenaikan IIIa bagaimana. Mohon penjelasannya.

    Jawab:
    Ijazah saudara bisa digunakan untuk KP ke IIIa dengan ketentuan:
    - apabila sudah diangkat dalam jabatan fungsional maka bisa langsung ke IIIa dengan angka kredit dan uraian tugas dari eselon II
    - apabila belum diangkat dalam jabatan tugas maka terlebih dahulu harus mengikuti dan lulus ujian kenaikan pangkat penyesuaian ijazah. Demikian, terima kasih.

  • Ijin belajar atau surat keterangan belajar ( 01-08-2019 )
  • Nama : Gatot sunarto
    Tanya : Assalamualaikum Maaf mau tanya proses pemberian surat keterangan ijin belajar untuk saat masuk CPNS masih menjalani pendidikan di semester akhir. Jadi TMT CPNS 03 Maret 2014, SPMT CPNS 22 Mei 2014, prajabatan 22 Juni 2014, saat prajabatan pada sesi tanya jawab diperbolehkan di urus ijin belajar tapi saat pulang habis prajabatan dari kepegawaian meminta setelah PNS,akhirnya tanggal 22 Desember 2014 saya sudah lulus dari kuliah yang satu tingkat lebih tinggi dari pendidikan saya saat diangkat jadi CPNS. Mohon pencerahannya apa saja yg harus saya siapkan sehingga bisa diakui di angka kredit jabfung. Terimakasih

    Jawab:
    Dalam ketentuan Surat Edaran Menpan No 4 tahun 2013 tidak diatur tentang surat keterangan belajar. Bagi CPNS yang sedang menempuh tugas akhir dalam pendidikan lebih tinggi perlu didukung dengan surat keterangan belajar, supaya perolehan ijazah memenuhi ketentuan surat edaran Menpan No 4 Tahun 2013 dan bukan jarak jauh atau kelas jauh. Demikian, terima kasih.


  • Penyesuaian Ijazah S2 ( 01-08-2019 )
  • Nama : Rizki
    Tanya : Selamat Pagi admin, saya Rizki Yudi Asmanto, ST NIP: 19890803 201502 1 001 Pegawai Kulon Progo, mau tanya proses penyesuaian ijazah S2 saya apakah sudah masuk atau diproses belum ya? Terimakasih sebelumnya

    Jawab:
    Nota Persetujuan KP Anda sudah ditetapkan ke golongan III/b (TMT : 01 - 04 - 2019). Selanjutnya menunggu pembuatan SK KP oleh instansi pengusul. Demikian, terima kasih.


  • edit data kepegawaian pada kolom unit kerja ( 31-07-2019 )
  • Nama : Ahmad Khotib
    Tanya : Bagaimana prosedur pembetulan data kepegawaian pada bagian Unit Kerja dari yang awalnya tertulis pada kolom unit kerja : SMKN 1 KOTA SEMARANG PROVINSI JAWA TENGAH supaya menjadi : SMK Negeri 01 Semarang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Hal tersebut menjadikan data pendidik pada sistem DAPODIK tidak sinkron dengan data dari sistem BKN, sehingga data pendidik pada DAPODIK dianggap tidak ada/tidak valid. Terima Kasih.

    Jawab:
    Perlu diketahui bahwa sinkronisasi database Dapodik ke database BKN dilakukan secara periodik, tidak secara realtime.  Sehingga data di database Dapodik tidak akan langsung berubah walaupun sudah dilakukan update di database BKN yang difasilitasi oleh pihak BKD. Data Dapodik akan terupdate sesuai database BKN setelah pengelola Dapodik di Kemdikbud melakukan sinkronisasi ke database BKN. Jika terjadi perbedaan data PNS, update data Anda melalui BKD, kemudian tunggu sampai pihak Dapodik melakukan sinkronisasi. Demikian. Terima kasih.


     
  • Tanya tentang kepegawaian ( 30-07-2019 )
  • Nama : Agus Sofyan
    Tanya : selamat pagi. mohon tata cara mengusulkan untuk menjadi analis kepegawaian. Terima kasih

    Jawab:
    Sesuai dengan PERKA BKN No 34 Tahun 2014, PNS yang diangkat pertama kali dalam jabatan analis kepegawaian keterampilan harus memenuhi syarat
    1. berijazah paling rendah D-III ilmu kepegawaian, ilmu ekonomi manajemen SDM, ilmu manajemen administrasi, ilmu administrasi perkantoran, dan ilmu kesekretariatan
    2. pangkat paling rendah pengatur, Golongan ruang IIc
    3. setiap unsur penilaian prestasi kerja paling rendah bernilai baik dalam 1 (satu) tahun terakhir
    4. telah mengikuti dan lulus Dikat Fungsional Analis Kepegawaian Keterampilan
    5. tersedia formasi untuk jabatan fungsional analis kepegawaian keterampilan. Demikian, terima kasih.


  • Mutasi antar provinsi ( 29-07-2019 )
  • Nama : Riyo
    Tanya : Mohon penjelasannya bagaimana prosedur mutasi ke pemprov Jateng. Saat ini sy PNS guru SMP di kabupaten di provinsi Jatim, ingin mutasi ke SMK di provinsi Jateng. Bagaimana prosedur dan syarat yg harus dilengkapi? Terimakasih

    Jawab:
    Syarat-syarat Mutasi:
    1. Fotocopy SK CPNS (legalisir)
    2. Fotocopy SK PNS (legalisir)
    3. Fotocopy SK KP terakhir
    4. Surat pengantar dari instansi yang dituju
    5. Surat persetujuan melepas dari instansi awal
    6. Surat persetujuan menerima dari instansi yang dituju. Demikian, terima kasih.


  • SK aktif setelah CLTN ( 29-07-2019 )
  • Nama : Dyah Ayu Triana
    Tanya : Maaf mau tanya. Apakah SK aktif kembali stlh mnjalankan CLTN atas nama Dyah Ayu Triana NIP 19811011 200604 2 008 sdh sampai BKN? Di SK CLTN sy tertulis cuti terhitung dari tgl 1 Agustus 2018 sampai dengan 31 Juli 2019, seandainya smpai dengan 31 Juli 2019 nota BKN/SK aktif sy belum keluar, bagaimana status sy? Sdh aktif lagi atau masih masa cuti smpai dg SK aktif keluar? Trmksh

    Jawab:
    Segera lapor ke BKD/BKPP. Mohon segera dibuatkan SK pengaktifan kembali. Demikian, terima kasih.

  • KPE ( 29-07-2019 )
  • Nama : Mahetasari
    Tanya : Bagaimana mengurus KPE yang hilang?

    Jawab:
    Untuk KPE sampai sekarang belum jelas masih dipakai atau tidak. Silakan konsultasikan ke instansi saudara. Demikian, terima kasih.

  • Syarat Kepala Sekolah ( 28-07-2019 )
  • Nama : Siswanto, S.Pd.SD
    Tanya : Mohon pencerahan apakah syarat untuk menjadi kepala Sekolah SD itu sertifikat pendidik menjadi syarat wajib sedangkan sekarang katanya kepala sekokah itu sebagai manager sekolah dan bukan guru yang diberi tugas tambahan

    Jawab:
    Untuk penugasan guru sebagai kepala sekolah sampai saat ini belum ada petunjuk pelaksanaannya, untuk guru yang diberi tugas sebagai kepala sekolah masih mengacu pada peraturan Permenpan 16 Tahun 2009. Demikian, terima kasih.

  • Syarat karis perkawinana kedua ( 25-07-2019 )
  • Nama : Ratna Juita
    Tanya : Apa saja syarat tambahan uuk mengusulkan karis untuk perkawinan kedua karena istri pertama meninggal dunia

    Jawab:

    Persyaratan usulan Kartu Istri (Karis):

    1. Surat pengantar dari BKD
    2. Foto Copy Surat kematian yang dilegalisir
    3. Foto Copy SK CPNS dan PNS
    4. Foto  Copy Surat Nikah yang dilegalisir
    5. Pas foto 3x4 (2 lembar)

    Demikian, terima kasih.



Hal: 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | 11 | 12 | 13 | 14 | 15 | 16 | 17 | 18 | 19 | 20 | 21 | 22 | 23 | 24 | 25 | 26 | 27 | 28 | 29 | 30 | 31 | 32 | 33 | 34 | 35 | 36 | 37 | 38 | 39 | 40 | 41 | 42 | 43 | 44 | 45 | 46 | 47 | 48 | 49 | 50 | 51 | 52 | 53 | 54 | 55 | 56 | 57 | 58 | 59 | 60 | 61 | 62 | 63 | 64 | 65 | 66 | 67 | 68 | 69 | 70 | 71 | 72 | 73 | 74 | 75 | 76 | 77 | 78 | 79 | 80 | 81 | 82 | 83 | 84 | 85 | 86 | 87 | 88 | 89 | 90 | 91 | 92 | 93 | 94 | 95 | 96 | 97 | 98 | 99 | 100 | 101 | 102 | 103 | 104 | 105 | 106 | 107 | 108 | 109 | 110 | 111 | 112 | 113 | 114 | 115 | 116 | 117 | 118 | 119 | 120 | 121 | 122 | 123 | 124 | 125 | 126 | 127 | 128 | 129 | 130 | 131 | 132 | 133 | 134 | 135 | 136 | 137 | 138 | 139 | 140 | 141 | 142 | 143 | 144 | 145 | 146 | 147 | 148 | 149 | 150 | 151 | 152 | 153 | 154 | 155 | 156 | 157 | 158 | 159 | 160 | 161 | 162 | 163 | 164 | 165 | 166 | 167 | 168 | 169 | 170 | 171 | 172 | 173 | 174 | 175 | 176 | 177 | 178 | 179 | 180 | 181 | 182 | 183 | 184 | 185 | 186 | 187 | 188 | 189 | 190 | 191 | 192 | 193 | 194 | 195 | 196 | 197 | 198 | 199 | 200 | 201 | 202 | 203 | 204 | 205 | 206 | 207 | 208 | 209 | 210 | 211 | 212 | 213 | 214 | 215 | 216 | 217 | 218 | 219 | 220 | 221 | 222 | 223 | 224 | 225 | 226 | 227 | 228 | 229 | 230 | 231 | 232 | 233 | 234 | 235 | 236 | 237 | 238 | 239 | 240 |

PEMBERITAHUAN
Pertanyan terkait kemajuan proses KENAIKAN PANGKAT dapat dicek langsung melalui fitur baru INFORMASI PROSES KP yang ada di pojok kiri atas halaman beranda/home (Klik disini).

Tuliskan pertanyaan mengenai permasalahan KEPEGAWAIAN dengan mengisi form di bawah ini:
Nama :
e-Mail :
Judul :
Tanya :
   
    (Masukkan 6 kode diatas)