Informasi

Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Visi BKN : Menjadi Pembina dan Penyelenggara Manajemen Kepegawaian yang Profesional dan Bermartabat Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Melayani dengan Peduli, Iklas dan Bertanggungjawab ... ;
» Forum Tanya Jawab

  • legalisasi S1 PGSD UT program masukan dari berbagai jurusan ( 04-06-2014 )
  • Nama : purnomo
    Tanya : mohon pencerahannya ttg program tsb karena banyak guru SD yang mempunyai ijazah tidak linier (meskipun keguruan). diakuikan program tsb untuk penyesuaian? program tsb adalah konversi dr S1 jurusan apapun menjadi S1 PGSD dengan waktu studi kurang lebih 3 semester.

    Jawab:

    Program konversi dari S1 jurusan selain S1 PGSD ke S1 PGSD yang diselenggarakan oleh UT adalah legal dan bisa diakomodir untuk proses karier kepegawaian. 


  • Kapan NIP saya ? ( 04-06-2014 )
  • Nama : Ariyani
    Tanya : Kapan NIP Honorer K II akan keluar ?

    Jawab:

    Masih dalam proses penyelesaian.


  • Mengapa harus dibuat 2 formasi (2013 dan 2014)? ( 04-06-2014 )
  • Nama : Ikhwan Isnanto
    Tanya : Admin Yth, Kalau TMT hon K2 dibuat serentak per 1 Juni 2014 kenapa formasinya dbagi mjd 2 (2013 dan 2014)? Apa yg membedakan keduanya? Terima Kasih

    Jawab:

    Formasi hanya digunakan dalam rangka keperluan administratif di Kemenpan RB, secara riil tidak berpengaruh langsung terhadap penetapan NIP dan SK CPNS. Untuk wilayah Jateng dan DIY semua K2 yang lolos pemeriksaan diberikan TMT 1 Juni 2014.


  • Ijazah yang dipakai untuk penetapan NIP / CPNS K2 ( 04-06-2014 )
  • Nama : Eny Widya
    Tanya : Saya Honorer K II Guru SD dan mengajar Bhs. Inggris dengan ijasah S1 Akta IV Bhs. Inggris yang lolos test. Pada saat pemberkasan untuk penetapan database selalu disuruh melampirkan Ijasah terakhir,tahun 2008 saya lulus D II PGSD pada saat penjaringan K2 tahun 2010 sudah saya lampirkan,trus tahun 2012 kemaren saya juga sudah lulus S1 PGSD tetapi data selalu keluar Ijasah SMA. Untuk SK CPNS saya apabila keluar dengan golongan IIa atau IIIa ? Bagaimana kemanfaatan Ijasah S1 saya dalam proses kepegawaian ? Mohon penjelasan ?

    Jawab:

    Untuk guru yang terdata dengan ijazah SMA tetapi telah memiliki S1 yang linier, maka akan ditetapkan langsung dengan S1-nya tersebut.


  • Tanya dari Riau ( 04-06-2014 )
  • Nama : Rian Aries
    Tanya : Yth Admin, Saya guru SMP, validasi awal (2010) D1 Informatika, saya telah lulus S1 PPKN (2013) dan ijazah S1 PPKN telah dilampirkan pada saat pemberkasan (Maret 2014), ijazah mana yang terproses untuk pengangkatan dengan kondisi seperti di atas Min? Apakah penerapan peraturan ini berlaku juga untuk saya yg di Bengkalis (Riau), Makasih Admin BKN Yogyakarta....

    Jawab:

    Seluruh ijazah dapat diusulkan untuk dinilai angka kreditnya kepada TIM PAK  terkait, dan berlaku nasional sesuai dengan PermenPAN dan RB Nomor 16 Tahun 2009


  • K2 ( 04-06-2014 )
  • Nama : SUBUR
    Tanya : selamat pagi, mau nanya untuk penerbitan NIP K2 urutannya berdasarkan apa? trim

    Jawab:

    NIP adalah Nomor Identitas Pegawai yang merupakan 18 digit dengan urutan sbb:

    8 digit pertama adalah Tahun, Bulan & tanggal lahir ,

    6 digit berikutnya adalah tahun dan bulan pengangkatan cpns,

    1 digit berikutnya adalah angka pengenal jenis kelamin (1= laki-laki, 2=perempuan)

    3 digit terakhir adalah angka pengenal yang menunjukkan nomor urut jika terdapat kemungkinan tanggal lahir dan pengangkatan cpns yang sama.


  • HONORER K2 ( 04-06-2014 )
  • Nama : Nanang
    Tanya : Maaf mau tanya untuk honorer k2 kab. klaten yang dikirim ke BKN jumlahnya berapa? TERIMA KASIH

    Jawab:

    Mohon kiranya dapat ditanyakan langsung ke instansi pengusul. terima kasih.


  • perjalanan berkas ( 04-06-2014 )
  • Nama : hery
    Tanya : Untuk Kab. Batang Berkas K2 kabarnya gimana?hehehe

    Jawab:

    Masih dalam proses.


  • Peninjauan Masa kerja ( 04-06-2014 )
  • Nama : Sunaryo
    Tanya : Maaf, untuk honorer K2 yg lolos seleksi CPNS apa semua masa kerja akan otomatis terhitung dalam SK pengangkatan CPNS? mks

    Jawab:

    Bisa diperhitungkan dalam SK apabila memenuhi syarat yang ditentukan.


  • BERKAS K2 ( 04-06-2014 )
  • Nama : MUNASEH
    Tanya : KEPADA YTH.ADMIN KANREG 1 JATENG DAN DIY MOHON INFO APAKAH BERKAS K2 KAB.BATANG TELAH SELESAI DIPERIKSA ? TERIMAKASIH

    Jawab:

    Masih dalam proses pemeriksaan dan penetapan.


  • HK2 ( 03-06-2014 )
  • Nama : danar dono
    Tanya : bagaimana cara mengetahui kalau NIP itu sudah diterbitkan?

    Jawab:

    Setiap NIP yang sudah diterbitkan nantinya dapat diketahui dengan dikeluarkannya SK CPNS oleh PPK masing-masing daerah. Adapun proses pemeriksaan dan penetapan yang berlangsung saat ini sejatinya adalah proses G to G antara instansi pengusul dengan BKN.


  • Prosedur Verivikasi data Honorer K2 ( 03-06-2014 )
  • Nama : LAKSONO, S.H
    Tanya : 1. Bagaimana langkah langkah verivikasi Honorer K2? 2. Kriteria apa saja yang bisa membatalkan Honorer K2 untuk memperoleh NIP? 3. Badan manakah yang menentukan bodong tidaknya seorang Honorer K2? Apakah BKD Daerah, BKD regional ataukah BKD pusat? Terima kasih atas jawabannya.

    Jawab:

    Proses pemeriksaan K2 dilakukan oleh BKN didasarkan dengan semangat penegakan norma standar dan prosedur sesuai yang tertuang dalam PP 56 tahun 2012 dan Perka BKN No. 9 tahun 2012. 


  • JARAK TEMPUH PENDIDIKAN ( 03-06-2014 )
  • Nama : Galang Adalat
    Tanya : 1. Peraturan apa yang menjadi dasar tentang Jarak tempuh maksimal 60 km, untuk diterbitkannya ijin belajar? 2. Bagaimana jalan keluarnya apabila bidang study lanjutan yang linear jaraknya lebih dari 60 km? 3. Apakah ada listing tentang jarak tempuh dari masing2 tempat kerja yang dapat kami jadikan acuan?

    Jawab:

    1. Ketentuan yang mengatur mengenai jarak tempuh lokasi tempat studi dalam peningkatan pendidikan max 60 km, secara tegas tidak ada tetapi disarankan dalam meningkatkan pendidikan dengan ijin belajar agar jarak tempuhnya realistis.

    2. Secara umum, ketentuan dalam ijin belajar yang dapat digunakan untuk pembinaan karier kepegawaian adalah: bidang studi yang ditempuh linier, ijazah dimiliki terakreditasi min B, serta mendapat ijin belajar dari pejabat yang berwenang. Terkait dengan tempat belajar yang lebih dari 60 km, apabila memang dianggap penting oleh unit organisasi, maka pejabat yang berwenang dapat menugaskan dengan skenario tugas belajar.  Sekali lagi,ijin belajar maupun tugas belajar adalah hak dan kewenangan dari pejabat yang berwenang, dan bukan dari PNS ybs.

    3. Listing tentang jarak tempuh pendidikan hingga saat ini tidak ada.


  • Honorer ( 03-06-2014 )
  • Nama : GUNANDI
    Tanya : Bagaimana bentuk SK Wiyata Bhakti yang baik dan benar versi BKN? Karena kami dilapangan mendapat masalah seputar SK Wiyata bhakti dan menghambat kelancaran honorer K2

    Jawab:

    Bentuk SK yang benar dan diakui adalah yang sesuai dengan apa yang tertuang dalam PP 56 tahun 2012 dan Perka BKN no.9 tahun 2012.


  • TMT CPNS ( 03-06-2014 )
  • Nama : Neneng Widiyani
    Tanya : Apa betul tmt cpns dari HK II formasi 2013 per 1 Juni 2014 dan formasi 2014 per 1 Agustus 2014 ?. yang membedakan apanya, kan sama-sama tes 3 Nopember 2013, kenapa berbeda? Trimakasih.

    Jawab:

    Tidak betul. TMT didasarkan pada status berkas yang masuk yakni tanggal 1 bulan berikutnya setelah berkas usul masuk. Karena semua berkas K2 se-Jateng&DIY telah masuk bulan mei kemarin, maka akan diberikan TMT 1 juni 2014 semua.


  • mohon informsi ( 02-06-2014 )
  • Nama : anto
    Tanya : mohon informasinya.Untuk menentukan CPNS K2 masuk TA 2013 & TA 2014 berdasarkan apa ya?terimakasih

    Jawab:

    Terkait dengan formasi menjadi kebijakan yang telah ditentukan oleh Kemenpan RB, daerah tinggal menerimanya.


  • Waktu Penyelesaian Penerbitan NIP K2 ( 02-06-2014 )
  • Nama : Sudarmanto, S.Pd, M.M
    Tanya : Kepada Yth. Bapak/Ibu pada bulan apa paling lambat penerbitan NIP K2 selesai untuk wilayah DIY dan Jawa Tengah? terimas kasih atas jawabannya.

    Jawab:

    Saat ini masih proses dilakukan pemeriksaan dokumen.


  • pertanyaan mengenai pensiun ( 02-06-2014 )
  • Nama : Aditya Bagas Ranggajaya
    Tanya : Ada beberapa pertanyaan rekan2 di daerah mengenai isu2 pensiun yang beredar di daerah: 1. Apakah yang tidak bersedia diperpanjang masa pensiunnya hanya akan menerima 60% pokok pensiun? 2. Tata cara mengambil pensiun pada usia 56 th bagaimana? adakah cara2 khusus atau formulir khusus? 3. dengan masa kerja 36 tahun yang sudah berjalan kira2 penerimaan pensiun berapa persen? mohon dibalas melalui email kami, Terima Kasih

    Jawab:

    1. Tidak. besarnya pokok pensiun dihitung atas dasar masa kerja pensiun dikalikan 2,5% (dengan catatan maksimal 75%).

    2. Tidak ada cara khusus. Usul pensiun diajukan secara hierarkis dengan melampirkan syarat-syarat yang telah ditentukan serta dilampiri surat pernyataan tidak bersedia ditugaskan kembali bermaterai Rp.6000,-

    3. 75% x gaji pokok (maksimal)


  • penerbitan nip k2 ( 02-06-2014 )
  • Nama : arifin
    Tanya : mohon infonya kabupaten mana saja yang telah selesai proses penerbitan nip dan siap di kirim. trimakasih

    Jawab:

    Semuanya masih dalam proses.


  • MUtasi dari Jabatan Fungsional Perawat ke Apoteker ( 01-06-2014 )
  • Nama : Abdul Rahman Astrakusuma
    Tanya : Kepad Yth. Bpk/Ibu BKN Reg I, Saya adalah PNS dilingkungan Pemkot Semarang. Jabatan mulai diangkat cpns (2005) s.d saat ini adalah perawat Gol. II/d pendidikan terakhir SPK (SMA sederajat). Saya sendiri memiliki ijazah apoteker tahun 2008, namun tanpa adanya surat ijin belajar karena waktu akan mengajukan ditolak dengan alasan tidak satu rumpun dengan perawat. Pertanyaan saya adalah bisakah saya pindah ke jabatan fungsional Apoteker? Apabila bisa saya mohon untuk bantuannya mengenai prosedur, tindak lanjutnya atau langkah-langkah selanjutnya. Saya sangat berharap balasan dari Bpk/Ibu BKN Reg I. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih. Abdul Rahman Astrakusuma.

    Jawab:

    Sesuai dengan ketentuan, seorang PNS yang akan meningkatkan pendidikan harus mempunyai Surat Ijin Belajar (SIB) dari Pejabat Yang Berwenang. Apabila tidak memiliki SIB maka ijazah tersebut tidak dapat digunakan untuk pembinaan karier kepegawaian.

    Terkait dengan pindah jabatan, pada prinsipnya dimungkinkan. Namun kebijakan dalam hal pemindahan jabatan ini menjadi kewenangan dari Pejabat Pembina Kepegawaian.



Hal: 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | 11 | 12 | 13 | 14 | 15 | 16 | 17 | 18 | 19 | 20 | 21 | 22 | 23 | 24 | 25 | 26 | 27 | 28 | 29 | 30 | 31 | 32 | 33 | 34 | 35 | 36 | 37 | 38 | 39 | 40 | 41 | 42 | 43 | 44 | 45 | 46 | 47 | 48 | 49 | 50 | 51 | 52 | 53 | 54 | 55 | 56 | 57 | 58 | 59 | 60 | 61 | 62 | 63 | 64 | 65 | 66 | 67 | 68 | 69 | 70 | 71 | 72 | 73 | 74 | 75 | 76 | 77 | 78 | 79 | 80 | 81 | 82 | 83 | 84 | 85 | 86 | 87 | 88 | 89 | 90 | 91 | 92 | 93 | 94 | 95 | 96 | 97 | 98 | 99 | 100 | 101 | 102 | 103 | 104 | 105 | 106 | 107 | 108 | 109 | 110 | 111 | 112 | 113 | 114 | 115 | 116 | 117 | 118 | 119 | 120 | 121 | 122 | 123 | 124 | 125 | 126 | 127 | 128 | 129 | 130 | 131 | 132 | 133 | 134 | 135 | 136 | 137 | 138 | 139 | 140 | 141 | 142 | 143 | 144 | 145 | 146 | 147 | 148 | 149 | 150 | 151 | 152 | 153 | 154 | 155 | 156 | 157 | 158 | 159 | 160 | 161 | 162 | 163 | 164 | 165 | 166 | 167 | 168 | 169 | 170 | 171 | 172 | 173 | 174 | 175 | 176 | 177 | 178 | 179 | 180 | 181 | 182 | 183 | 184 | 185 |

PEMBERITAHUAN
Pertanyan terkait kemajuan proses KENAIKAN PANGKAT dapat dicek langsung melalui fitur baru INFORMASI PROSES KP yang ada di pojok kiri atas halaman beranda/home (Klik disini).

Tuliskan pertanyaan mengenai permasalahan KEPEGAWAIAN dengan mengisi form di bawah ini:
Nama :
e-Mail :
Judul :
Tanya :
   
    (Masukkan 6 kode diatas)