Informasi

Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Visi BKN : Menjadi Pembina dan Penyelenggara Manajemen Kepegawaian yang Profesional dan Bermartabat Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Melayani dengan Peduli, Iklas dan Bertanggungjawab ... ;
» Forum Tanya Jawab

  • Berkas K2 Kab. Klaten ( 17-05-2014 )
  • Nama : Edi Pur
    Tanya : Apakah berkas usulanNIP CPNS Honorer K2 Kab. Klaten sudah masuk BKN? Terimakasih.

    Jawab:

    Seluruhnya kami proses. Selanjutnya silakan koordinasikan dengan BKD setempat


  • honorer ( 17-05-2014 )
  • Nama : khaufad
    Tanya : mohon info kapan nip honorer k2 turun

    Jawab:

    Seluruhnya kami proses. Selanjutnya silakan koordinasikan dengan BKD setempat


  • penetapan nip k2 ( 17-05-2014 )
  • Nama : Triyo Gunoto
    Tanya : mau nanya untuk berkas k2 Kab. brebes sudah diverifikasi dan penetapan NIP pa belum? makasih

    Jawab:

    Seluruhnya kami proses. Selanjutnya silakan koordinasikan dengan BKD setempat


  • Penetapan NIP K2 ( 16-05-2014 )
  • Nama : Nur Khamid
    Tanya : Mohon informasinya,untuk Kabupaten Purbalingga berkas honorer K2 sudah masuk BKN apa belum?dan kira-kira SK turunnya kapan?Matur nuwun

    Jawab:

    Semua berkas K2 dari Kab./Kota se Jateng telah terkirim di Kanreg I BKN Yogyakarta. Untuk pengeluaran SK menjadi kewenangan dari PPK masing-masing daerah.


  • boyolali ( 15-05-2014 )
  • Nama : suratman
    Tanya : apakah berkas usulan nip cpns k2 boyolali sudah masuk bkn/

    Jawab:

    Berkas K2 Kab. Boyolali telah masuk ke Kanreg I BKN.


  • Honorer K2 ( 14-05-2014 )
  • Nama : Tarmudzi
    Tanya : Mohon penjelasan terkait dengan seorang guru honorer K2 didalam database telah disetujui ijasah S1 akan tetapi ijasah tersebut tidak linier, apakah penetapan nya disesuaikan dengan pendidikan yang ada di database atau ditetapkan dengan pendidikan dibawahnya/SMA. Terimakasih.

    Jawab:

    Untuk guru yang telah terdata dalam database dengan ijazah S1, maka akan ditetapkan dengan ijazah S1 dengan catatan membuat pernyataan nantinya sanggup melanjutkan studi kembali ke jenjang S1 yang linier.


  • K2 Kab. Klaten Sudah sampai ke BKN bkm? ( 13-05-2014 )
  • Nama : YANIANTO
    Tanya : Pemberkasan K2 kab. Klaten telah selesai tgl 22 April 2014.....................apakah sudah diajukan ke BKN apa blm................... Gimana Kalau Bupati tidak mau tanda tangan di Tanggung jawab Mutlak................?

    Jawab:

    Untuk berkas K2 Kab. Klaten, sesuai dengan jadwal diagendakan disampaikan ke BKN tgl 14 Mei 2014. Untuk Bupati yang tidak mau menandatangani surat pernyataan tanggung jawab mutlak, maka berkas dianggap tidak memenuhi persyaratan sehingga tidak dapat diproses.


  • BKN.Reg I ( 13-05-2014 )
  • Nama : hendri sulistyo
    Tanya : saya honorer k2 yg lolos.DiDataBase k2 ijasah saya SMU kemudian saya sydah memiliki S1 pada saat sekarang.pertanyaan saya apakah dalam SK cPNS nanti ijsah SMU atau S1 yang akan diakui.Terima kasih

    Jawab:

    Untuk kasus seperti yang disampaikan, maka ada dua skenario yang berlaku:

    1. apabila tenaga honorer K2 tersebut seorang guru, apabila memiliki Ijazah S1 yang linear dengan tugas pokok semisal sekarang mengajar sebagai guru SD dan memiliki ijazah S1 PGSD, maka dapat diakomodir ijazah S1 nya. Apabila tidak linear dengan tupoksi, maka akan diakomodir ijazah sesuai dengan data awal saat menjadi tenaga honorer.

    2. apabila tenaga honorer K2 adalah seorang tenaga teknis, maka yang diakomodir adalah Ijazah sesuai dengan data awal saat menjadi tenaga honorer.


  • penetapan nip honorer k2 ( 12-05-2014 )
  • Nama : heru
    Tanya : mohon infonya, untuk penetapan nip honorer k2 kab. kendal jateng sudah di proses apa belom,, terima kasih sebelumnya...........

    Jawab:

    Untuk berkas K2 dari Kab. Kendal baru masuk hari Selasa tgl 13 Mei 2014 dan sekarang masih dalam proses verifikasi.


  • NIP honorer K2 ( 08-05-2014 )
  • Nama : adrianto
    Tanya : mohon informasi apakah benar untuk pengiriman berkas pengajuan NIP honorer K2 dari tiap kab./kota diberikan jadwal yang berbeda? untuk kabupaten semarang dijadwalkan tanggal berapa?

    Jawab:

    Benar, untuk pengiriman berkas K2 Kab./Kota se Jawa Tengah diatur sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Untuk Kabupaten Semarang telah dikirim pada Senin tgl 12 Mei 2014.


  • Penetapan NIP dan Penerbitan SK CPNS K2 ( 07-05-2014 )
  • Nama : dimas
    Tanya : Mohon infonya untuk penetapan NIP dan penerbitan SK cpns k2 sudah sejauh mana dan kapan dimulainya.

    Jawab:

    Untuk pelaksanaan verifikasi dokumen dan penetapan NIP K2 telah dimulai pada hari rabu tgl 8 Mei 2014. Adapun untuk penerbitan SK CPNS menjadi kewenangan dari Pejabat Pembina Kepegawaian masing-masing daerah. Nantinya informasinya dapat ditanyakan langsung ke BKD.


  • Ijasah Tanpa Ijin Belajar ( 07-05-2014 )
  • Nama : Anto
    Tanya : dari pertanyaan saya yang sebelumnya jawaban admin adalah dibawah ini. Jawab: Sesuai ketentuan bahwa PNS yang meingkatkan pendidikan tugas belajar dengan biaya dinas atau sponsor agar melampirkan surat tugas belajar. Atau dalam kasus Saudara apabila memungkinkan Saudara minta surat pernyataan dari BKD bahwa Saudara pernah mengajukan usul/permohonan izin belajar atau tugas belajar disertai alasan belum atau tidak terbitnya ijin belajar/tugas belajar tersebut untuk dilampirkan dalam usul KP. Namun kenyataannya BKD di kabupaten saya tidak mau menerbitkan surat seperti yang admin BKN jelaskan. Padahal saya lihat dari website http://bkd.jogjaprov.go.id/detail/ijazah-dan-kenaikan-pangkat-guru/133 disebutkan dengan sangat jelas bahwa : Khusus untuk jabatan guru, ijin belajar dapat diberikan meski yang bersangkutan telah memperoleh ijazah S1. Kebijakan ini dikhususkan dalam kenaikan pangkat penyesuaian ijazah bagi guru golongan II/d ke bawah dimana surat keterangan atau ijin belajar dikeluarkan setelah PNS yang bersangkutan memperoleh ijazah S1. Hal ini merupakan salah satu hasil koordinasi kepegawaian tentang kenaikan pangkat guru, Selasa, 16 April 2013. Hadir dalam acara tersebut, Kepala Bidang Mutasi BKN Regional I Dra. Anjaswari Dewi, M.Si, Kepala BKD DIY R. Agus Supriyanto, SH., M.Hum dan Sekretaris Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga DIY, Dra. Irawati. Selanjutnya langkah apa yang harus saya lakukan ?

    Jawab:

    Sesuai dengan normatif SE/18/M.PAN/5/2004 yang telah diganti dengan SE MENPAN No. 4 2014 tentang pemberian Tugas Belajar dan Ijin Belajar, bahwa yang namanya Surat Ijin Belajar dan Tugas Belajar harus dikeluarkan sebelum ijazah diperoleh. Berkenaan dengan hal tersebut, agar Saudara berkoordinasi dengan BKD setempat.


  • KGB yang terlewat ( 07-05-2014 )
  • Nama : edy gunarto
    Tanya : seorang PNS berpendidikan SMA telah mencapai pangkat tertinggi III/B TMT 01 April 2010 dengan masa kerja 21 tahun 10 bulan.Pegawai yang bersangkutan memenuhi syarat untuk KGB III/B 22 tahun pada TMT 01 juni 2010 dan 24 tahun pada TMT 01 Juni 2012, namun karena kelalaian bagian kepegawaian, kedua SK KGB tersbeut tidak pernah terbit dan sampai sekarang pegawai yang bersangkutan masih digaji dengan keadaan III/B 21 tahun. *** 1. Apakah 2x KGB (22 tahun dan 24 tahun) yang terlewat tersebut dapat diterbitkan saat ini dengan berlaku surut TMT 01 juni 2010 dan 01 juni 2012? *** 2. Apakah pegawai tersebut dapat dimintakan kekurangan gaji akibat KGB tersebut untuk juni 2010 s.d mei 2014 ini? *** terima kasih.

    Jawab:

    Apabila pegawai yang bersangkutan bekerja pada instansi vertikal, maka ketentuan yang berlaku pada KPPN adalah dapat dimintakan kekurangan gaji KGB tersebut dengan catatan maksimal 2 tahun dari tanggal pengusulan. Untuk instansi daerah dapat ditanyakan langsung ke DPKAD setempat.


  • PMK ( 06-05-2014 )
  • Nama : sapto
    Tanya : Saya PNS dari Kendal,Jawa Tengah. Saya mempunyai pengalaman kerja di sebuah perusahaan swasta yang berbadan hukum, bisakah pengalaman kerja saya tersebut diajukan untuk PMK dan apa syarat2nya? trims

    Jawab:

    Pengalaman kerja pada perusahaan swasta yang berbadan hukum dapat diajukan untuk PMK dengan ketentuan akan dinilai 1/2 dari masa kerja yang ada. Adapun persyarayan yang harus dilampirkan adalah:

    1. Dafta riwayat pekerjaan

    2. Daftar riwayat hidup

    3. FC sah SK pengangkatan

    4. FC sah SK pemberhentian

    5. FC sah SK pembagian tugas mengajar bagi guru

    6. FC sah bukti penerimaan gaji per bulan bagi pegawai yang dalam SK pengangkatannya belum dicantumkan besaran gaji yang diterima

    7. FC sah bukti kehadiran

    8. FC sah SK CPNS

    9. FC sah Ijazah dari yang pertama s/d yang terakhir

    10. FC sah SK pengangkatan terakhir

    11. FC sah SK jabatan terakgir

    12. FC sah DP3 1 th terakhir

    13. FC sah Akta pendirian perusahaan/ tempat kerja

    14. pengantar dari instansi


  • Apakah saya dapat mengajukan penyesuaian ijasah (PI)? ( 06-05-2014 )
  • Nama : PRIYO AGUNG SUGIARTO
    Tanya : Saya seorang guru SD, sekarang Golongan II/c, dan sudah usul ke Golongan II/d.padahal sebenarnya nilai PAK saya sudah cukup untuk PI ke Golongan III/a. Tetapi dalam PAK saya yang baru, saya dipertimbangkan untuk naik ke Golongan II/d. Karena pemerintah Daerah di kabupaten kami. Kabupaten Grobogan, Jateng, tahun kemarin hanya mengijinkan PI untuk jabatan struktural. Untuk jabatan fungsional dinyatakan tidak ada PI. Pertanyaan saya : 1.Mohon penjelasan tentang aturan PI yang benar. 2. Apakah PI itu memang hanya untuk jabatan struktural? 3. Apakah kebijakan PI untuk masing-masing daerah memang berbeda?karena saya menerima informasi dari kabupaten lain, guru juga bisa mengajukan PI. 4. Apakah jalur yang bisa saya tempuh agar saya bisa PI ke Golongan III/a? Demikian pertanyaan dari saya.semoga penjelasan dari admin dapat membantu saya dan kami teman-teman di kabupaten Grobogan. Terimakasih.

    Jawab:

    Ketentuan dalam kenaikan pangkat PI berlaku bagi jabatan struktural maupun jabatan fungsional. hanya saja, kewenangan untuk pengangkatan, pemindahan, dan pemberhentian termasuk pengangkatan dalam pangkat menjadi kewenangan Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK). Kebijakan untuk KP PI juga menjadi kewenangan di PPK sehingga dimungkinkan kebijakan PI bisa berbeda-beda pada masing-masing daerah.


  • mutasi ( 06-05-2014 )
  • Nama : dian
    Tanya : saya Cpns 2013 dari formasi umum, jika besuk mengajukan pindah ke SD lainnya dalam satu kabupaten satu kecamatan, syarat2 nya apa pak,terimakasih

    Jawab:

    Untuk perpindahan unit kerja yang masih dalam satu kabupaten satu kecamatan menjadi kewenangan PPK yang bersangkutan, untuk itu syarat dan mekanisme perpindahan dapat langsung ditanyakan ke BKD.


  • pi ( 06-05-2014 )
  • Nama : mulyanto
    Tanya : 1. pak saya Penjaga SD dari SMA, jika saya ingin kuliah jurusan apa yang harus saya tempuh agar Gol saya dari II b dapat menjadi III a..terma kasih 2. jika saya memiliki ijasah S1 BK apakah seorang penjaga SD dapat mutasi Ke guru SD?

    Jawab:

    Pada prinsipnya, untuk kenaikan pangkat Penyesuaian Ijazah (PI) hanya dapat dilakukan apabila pendidikan lanjut yang ditempuh relevan dengan tugas jabatan yang sedang diemban oleh seorang PNS. Terkait dengan posisi Saudara sebagai Penjaga SD, apabila ingin studi lanjut dilanjutkan dengan pengajuan PI, maka skenario yang dapat dimungkinkan adalah Saudara dipindahtugaskan ke jabatan lain kemudian Saudara melanjutkan pendidikan dengan jurusan sesuai dengan tugas pokok jabatan baru tersebut. Namun, untuk melakukan hal tersebut, tentu harus atas kebijakan dari Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) Daerah tempat Saudara bekerja yang didasarkan pada analisis kebutuhan, beban kerja, serta tersedianya formasi. Jadi PPK tidak dapat dengan begitu saja (tanpa pertimbangan mendalam) memindahtugaskan seorang pegawai tanpa didasarkan pada hal-hal tersebut.

     

    Perlu kami sampaikan bahwa dengan skenario tersebut-pun, saat akan mengajukan ijin belajar, harus diperoleh Surat Ijin Belajar dari Pejabat minimal setingkat Eselon II instansi tempat Saudara bekerja. Dan dalam memberikan Surat Ijin Belajar ini-pun PPK harus melakukan analisis mendalam sesuai dengan peraturan yang berlaku sesuai dengan SE MENPAN No. 4 Tahun 2013 Tentang Pemberian Tugas Belajar dan Ijin Belajarbagi PNS.

     


  • Ijin Belajar ( 05-05-2014 )
  • Nama : titik setyaningrum
    Tanya : Yth. Admin : saya mau tanya, kapan seorang CPNS dengan gol II a boleh mengajukan ijin belajar? terimakasih

    Jawab:

    Sesuai dengan SE Menpan Nomor 4 tahun 2013, Ketentuan Pemberian Izin Belajar adalah sebagai berikut:

    a.        PNS yang telah memiliki masa kerja paling kurang 1 (satu) tahun terhitung sejak diangkat sebagai PNS;

    b.        Mendapatkan izin secara tertulis dari pejabat yang berwenang;

    c.        Tidak meninggalkan tugas jabatannya, dikecualikan sifat pendidikan yang sedang diikuti, PNS dapat meninggalkan jabatan sebagian waktu kerja atas izin pimpinan instansi;

    d.        Unsur penilaian pelaksanaan pekerjaan dalam 1 (satu) tahun terakhir paling kurang bernilai baik;

    e.        Tidak sedang menjalani hukuman disiplin tingkat sedang atau berat;

    f.         Tidak pernah melanggar kode etik PNS tingkat sedang atau berat;

    g.        Tidak sedang menjalani pemberhentian sementara sebagai PNS;

    h.        Pendidikan yang akan ditempuh dapat mendukung pelaksanaan tugas jabatan pada unit organisasi;

    i.         Biaya pendidikan ditanggung oleh PNS yang bersangkutan;

    j.         Program studi di dalam negeri yang akan diikuti telah mendapatkan persetujuan/akreditasi minimal B dan lembaga yang berwenang;

    k.        PNS tidak berhak untuk menuntut penyesuaian ijazah ke dalam pangkat yang lebih tinggi kecuali terdapat formasi.

    Demikian semoga dapat membantu.


  • BUP Usia Pensiun Pustakawan ( 28-04-2014 )
  • Nama : Joni Indarto
    Tanya : Terima kasih atas jawaban pertanyaan kami sebelumnya berkenaan dengan Pustakawan. Dalam Pasal 3 PP No. 21 Tahun 2014 : ayat (1) Pegawai Negeri Sipil yang pada saat berlakunya Peraturan Pemerintah ini sedang menduduki Jabatan Fungsional Ahli Muda, Ahli Pertama, dan Penyelia selain Jabatan Fungsional sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 ayat (2) huruf b, yang sebelumnya batas usia pensiunnya dapat diperpanjang sampai dengan 60 (enam puluh) tahun, batas usia pensiunnya yaitu 60 (enam puluh) tahun. Ayat (2) Pegawai Negeri Sipil yang diangkat dalam Jabatan Fungsional Ahli Muda, Ahli Pertama, dan Penyelia sebagaimana dimaksud pada ayat (1), setelah berlakunya Peraturan Pemerintah ini batas usia pensiunnya berlaku ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 ayat (2) huruf a. Pertanyaan kami : Apakah Pejabat Fungsional Pustakawan yang pada saat PP Nomor 21 Tahun 2014 diterbitkan sudah menduduki jabatan fungsional penyelia BUP nya 60 tahun? Mohon penjelasan

    Jawab:

    Sesuai dengan ketentuan peralihan dalam PP No. 21 tahun 2014 dan Keppres no. 102 tahun 2003, maka untuk Jabatan Pustakawan Penyelia yang telah ditetapkan sebelum tanggal 30 Januari 2014, maka BUP nya ditetapkan 60 tahun. Adapun jika diangkat mulai tanggal 30 Januari 2014, maka BUP nya 58 tahun.


  • Mohon Penjelasan BUP bagi Pustakawan ( 24-04-2014 )
  • Nama : Joni Indarto
    Tanya : Berkenaan PP Nomor 21 Tahun 2014 Pasal 3 ayat (1) dan ayat (2), untuk jabatan fungsional pustakawan yang sebelumnya dalam Perpres No. 102 Tahun 2003 diatur bahwa BUP bagi Pustakawan Penyelia, Muda dan Madya dapat diperpanjang sampai dengan 60 tahun. Pertanyaan kami kondisi yang seperti apa untuk pustakawan penyelia, muda dan madya yang BUP nya 60 tahun

    Jawab:

    Sesuai dengan UU Nomor 5 tahun 2014 tentang ASN yang ditindaklanjuti dengan PP Nomor 21 tahun 2014 tentang Pemberhentian PNS Yang Mencapai BUP Bagi Pejabat Fungsional, bagi PNS yang menduduki Jabatan Fungsional Tertentu dilakukan ketentuan sebagai berikut:

    1. Bagi Pejabat Fungsional tingkat Keterampilan dan Pejabat Fungsional Ahli tingkat Pertama dan Muda, BUP ditetapkan 58 tahun.

    2. Bagi Jabatan Fungsional Pustakawan Ahli tingkat Madya, BUP ditetapkan 60 tahu, sementara  Pustakawan Ahli tingkat Utama BUP 65 tahun.



Hal: 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | 11 | 12 | 13 | 14 | 15 | 16 | 17 | 18 | 19 | 20 | 21 | 22 | 23 | 24 | 25 | 26 | 27 | 28 | 29 | 30 | 31 | 32 | 33 | 34 | 35 | 36 | 37 | 38 | 39 | 40 | 41 | 42 | 43 | 44 | 45 | 46 | 47 | 48 | 49 | 50 | 51 | 52 | 53 | 54 | 55 | 56 | 57 | 58 | 59 | 60 | 61 | 62 | 63 | 64 | 65 | 66 | 67 | 68 | 69 | 70 | 71 | 72 | 73 | 74 | 75 | 76 | 77 | 78 | 79 | 80 | 81 | 82 | 83 | 84 | 85 | 86 | 87 | 88 | 89 | 90 | 91 | 92 | 93 | 94 | 95 | 96 | 97 | 98 | 99 | 100 | 101 | 102 | 103 | 104 | 105 | 106 | 107 | 108 | 109 | 110 | 111 | 112 | 113 | 114 | 115 | 116 | 117 | 118 | 119 | 120 | 121 | 122 | 123 | 124 | 125 | 126 | 127 | 128 | 129 | 130 | 131 | 132 | 133 | 134 | 135 | 136 | 137 | 138 | 139 | 140 | 141 | 142 | 143 | 144 | 145 | 146 | 147 | 148 | 149 | 150 | 151 | 152 | 153 | 154 | 155 | 156 | 157 | 158 | 159 | 160 | 161 | 162 | 163 | 164 | 165 | 166 | 167 | 168 | 169 | 170 | 171 | 172 | 173 | 174 | 175 | 176 | 177 | 178 | 179 | 180 | 181 | 182 | 183 | 184 | 185 |

PEMBERITAHUAN
Pertanyan terkait kemajuan proses KENAIKAN PANGKAT dapat dicek langsung melalui fitur baru INFORMASI PROSES KP yang ada di pojok kiri atas halaman beranda/home (Klik disini).

Tuliskan pertanyaan mengenai permasalahan KEPEGAWAIAN dengan mengisi form di bawah ini:
Nama :
e-Mail :
Judul :
Tanya :
   
    (Masukkan 6 kode diatas)