Informasi

Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Visi BKN : Menjadi Pembina dan Penyelenggara Manajemen Kepegawaian yang Profesional dan Bermartabat Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Melayani dengan Peduli, Iklas dan Bertanggungjawab ... ;
» Forum Tanya Jawab

  • Tanya Kejelasan SK KP Periode April 2014 ( 22-04-2014 )
  • Nama : baharudin
    Tanya : saya seorang guru yang mengajukan Penyesuaian Ijazah dr II/c ke III/a dan sudah mendapat PAK Penyesuaian Ijazah per tanggal 02 Januari 2014 dan .saya dapat info bahwa pengajuan SK KP ke 3A terkendala karena yang bertanda tangan IB dan IG ditandatangani PLT SEKDA dan dari BKN menentukan tanda tang plt tidak sah sehingga kemungkinan SK KP tertunda sampai bulan Oktober.Apa benar ?trima kasih.

    Jawab:

    Terkait dengan pertanyaan tersebut, dapat kami sampaikan hal-hal sebagai berikut:

    1. Berdasarkan Surat Kepala BKN Nomor: K.26-20/V.24-25/99 tanggal 10 Desember 2001, salah satunya disebutkan bahwa PNS yang ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) tidak memiliki kewenangan untuk mengambil atau menetapkan keputusan yang mengikat seperti pembuatan DP-3, penetapan SK, penjatuhan hukuman disiplin, dan sebagainya, termasuk didalamnya adalah dalam hal penetapan PAK.

    2. Terkait dengan hal tersebut, dalam hal pejabat yang secara definitif seharusnya bertanda tangan terhadap suatu keputusan sedang tidak ada (kosong), maka dapat ditarik ke atas kepada pejabat yang lebih tinggi. Semisal apabila Setda tidak ada maka dapat ditarik ke atas (Bupati/walikota). Namun juga dimungkinkan untuk dilakukan pendelegasian ke bawah kepada pejabat yang berkompeten dibidangnya (Kepala Dinas) dengan menyertakan bukti surat pendelegasian dari PPK.

    3. Apabila usul kenaikan pangkat telah melewati masa kenaikan pangkat periode april 2014, maka dapat diusulkan kembali untuk kenaikan pangkat periode oktober 2014.


  • Penyesuaian Ijazah dan KPE ( 22-04-2014 )
  • Nama : wan sulistya putra
    Tanya : Yth. Admin BKD Yogya 1. saya CPNS tahun 2011 PNS tahun 2013 golongan II/b, mengajukan PI tahun 2013 kemarin, apakah pengajuan PI saya berhasil? karena ada info katanya angkatan saya gagal maju PI,. 2. istri saya sudah mengajukan perbaikan KPE karena nama salah, tapi setelah jadi ternyata masih ada kesalahan lagi pada nama, solusinya bagaimana? terima kasih

    Jawab:

    1. Salah satu ketentuan dalam pengajuan PI adalah minimal telah 1 tahun menjadi PNS, sepanjang di daerah tidak ada ketentuan internal yang membatasi, semisal harus telah mencapai pangkat IIc terlebih dahulu. Karena sangat dimungkinkan daerah memberikan kebijakan internal dalam rangka penataan dan manajemen kepegawaian di daerah.

    2. Untuk kesalahan nama dalam KPE silahkan dilakukan proses ralat ke BKN. Syarat pengurusan ralat adalah sebagai berikut: a. Surat Pengantar dari instansi  b.FC SK Konversi NIP  c.FC KPE yang salah  d.FC SK CPNS/PNS yang dilegalisir.

    Kemudian dikirim ke BKN Pusat Jakarta karena kewenangan dalam ralat KPE menjadi kewenangan BKN Pusat.

     


  • Penetapan NIP Honorer k2 ( 22-04-2014 )
  • Nama : sutrismiyati
    Tanya : Yth. admin, saya salah satu honorer yang lulus tes cpns dari tenaga honorer dan sudah melaksanakan pemberkasan tanggal 11 maret 2014. Yang ingin saya tanyakan kapan penyerhan SK cpnsnya. Terimakasih

    Jawab:

    Untuk pemberkasan NIP CPNS tenaga honorer K1 dan formasi umum 2013 telah selesai dilakukan oleh Kanreg I BKN. Namun untuk tenaga honorer K2, hingga saat ini belum dimulai untuk penetapan NIP nya. Adapun terkait penerbitan SK CPNS menjadi kewenangan Pejabat Pembina Kepegawaian (dalam hal ini Bupati/Walikota) karena BKN hanya memiliki kewenangan dalam penerbitan NIP. 


  • Peninjauan Masa Kerja ( 17-04-2014 )
  • Nama : Aries Purwanto
    Tanya : Saya telah mengurus PMK kurang lebih 3 tahun lebih. Edaran terakhir dari BKN, berkas PMK saya masih kurang ; SK Pembagian tugas mengajar, yang kemudian telah saya lengkapi. Namun sampai hari ini tidak ada berita berikutnya. Apa yang harus saya lakukan ?

    Jawab:

    Untuk mempermudah pengecekan dan pemantauan berkas, mohon agar disampaikan NIP Saudara sehingga berkas usul PMK Saudara dapat diketahui statusnya, apakah masih dalam proses atau sudah diselesaikan dan dikembalikan ke BKD.


  • Ijasah Tanpa Ijin Belajar ( 15-04-2014 )
  • Nama : Anto
    Tanya : Saya adalah guru yang pada tahun 2007 mengikuti pendidikan S1 beasiswa dari dikti. ketika saya mengajukan ijin belajar ke BKD di beritahu bahwa karena usia saya masih dibawah 25 tahun dan mendapat beasiswa penuh untuk pendidikan seharusnya mendapatkan surat tugas belajar bukan ijin belajar, untuk itu saya mengikuti saran dari BKD namun hingga saya lulus surat itu tidak juga keluar serta kepala BKD sudah mengalami pergantian dan imbasnya ketika saya usul kenaikan pangkat ijasah yang tetap diakui adalah tetap D2. Padahal menurut peraturan yang sekarang guru SD harus S1. Mengingat BKD yang sekarang tidak mau tahu dengan Ijasah S1 yang saya peroleh. Bagaimana langkah yang harus saya tempuh selanjutnya ?

    Jawab:

    Sesuai ketentuan bahwa PNS yang meingkatkan pendidikan tugas belajar dengan biaya dinas atau sponsor agar melampirkan surat tugas belajar. Atau dalam kasus Saudara apabila memungkinkan Saudara minta surat pernyataan dari BKD bahwa Saudara pernah mengajukan usul/permohonan izin belajar atau tugas belajar disertai alasan belum atau tidak terbitnya ijin belajar/tugas belajar tersebut untuk dilampirkan dalam usul KP.


  • Usulan Angka Kredit Guru 2014 ( 11-04-2014 )
  • Nama : Azis Nurohman
    Tanya : Yth. Admin BKN Yogya Saya Azis Nurohman, guru PNS di Cilacap. Bulan Oktober 2013 saya mengajukan DUPAK untuk periode 1 April 2014. Pada Bulan April 2014 ini teman - teman yang mengajukan sudah menerima SK kenaikan pangkat, sedangkan saya belum. Setelah saya selidiki, ternyata berkas di Dinas Pendidikan Kabupaten tidak ada, sehingga tidak diusulkan ke BKD Cilacap. Untuk kenaikan pangkat periode 1 Oktober 2014 bisakah diajukan sekarang? Untuk guru masih menggunakan permenpan yang 1993 atau 2009?

    Jawab:

    Bisa diajukan untuk KP Periode Oktober 2014. Apabila PAK lama sudah ditetapkan tetapi belum pernah digunakan untuk KP bisa diajukan untuk KP Periode Oktober 2014. Sedangkan yang lainnya mengacu sesuai dengan ketentuan yang baru (Permenpan 2009).


  • pidah tugas ( 29-03-2014 )
  • Nama : anto
    Tanya : saya penjaga SD gol II a dari SMA dan mahir pengoperasian komputer, jika ingin pindah/mutasi ke staf TU kantor itu prosedurnya bagaimana, terimakasih

    Jawab:

    Prosedur dalam mutasi kepegawaian seperti yang ditanyakan, Saudara dapat mengajukan berkas pengajuan mutasi ke Disdikpora dengan tembusan BKD, dengan melampirkan SK pegawai yang dimiliki serta sertifikat komputer. Namun, untuk dapat dipindahtugaskan kedalam jabatan lain, tentunya harus tersedia formasi terlebih dahulu.


  • pak guru dan ijin belajar ( 26-03-2014 )
  • Nama : evi zuli setyani
    Tanya : saya guru yang diangkat cpns 2009 menggunakan DII PGSD pada saat itu saya yudisium S1 PGSD jadi saya tidak dapat mengajukan ijin belajar, karena itu ijasah S1 PGSD saya tidak dapat diakui, saat ini saya masih golongan IIc padahal gol terendah guru saat ini adalah IIIa, apakah tidak ada kemungkinan bagi saya untuk mengajukan usul PAK ke IIIa? haruskan saya mengulang S1

    Jawab:

    Terkait dengan permasalahan tersebut, baiknya Saudara menghubungi pihak BKD untuk diperoleh penyelesaian. Sekiranya ada hal-hal terknis yang perlu dikonsultasikan, nantinya BKD dapat menghubungi Kanreg I BKN Yogyakarta (dalam hal ini Bagian Mutasi) untuk diperoleh penyelesaian.


  • UPKP ( 25-03-2014 )
  • Nama : Galang Adalat
    Tanya : PNS Fungsional Umum dengan Ijazah S.1, KP terakhir adalah Penata Tk. I (III/d). Apakah bisa usul KP ke Pembina (IV/a) melalui jalur UPKP tanpa Ijazah S2? Apa dasar hukumnya?

    Jawab:

    Sesuai dengan PP No.12 tahun 2012 tentang Kenaikan Pangkat (KP) PNS disebutkan antara lain bahwa KP reguler bagi PNS yang memiliki ijazah S1 setinggi-tingginya adalah Penata Tingkat I Golongan ruang III/d, sehingga tidak dapat diberikan kenaikan pangkat secara reguler dalam Golongan Ruang IV/a karena telah mencapai pangkat puncak berdasarkan pendidikannya.


  • bisakah..??? ( 11-03-2014 )
  • Nama : wawan
    Tanya : seaindainya..pengecualian jurusan langka tidak ada (tidak diperbolehkan ) mengingat akreditasi C (tapi selinear), apakah kami bisa lanjut kuliah di jurusan yang berbeda dan tidak selinear dengan S1-nya, tetapi akreditasinya B, apakah ijin belajarnya bisa keluar???..mohon pencerahannya..

    Jawab:

    Dalam SE Menpan No. 4 tahun 2013 tentang pemberian tugas belajar dan ijin belajar bagi PNS, disebutkan bahwa program studi yang dapat diambil minimal harus terakreditasi B. Jadi, terkait dengan pertanyaan tersebut, Saudara tetap harus mengambil program studi yang telah terakreditasi B dan tentunya ijin belajar dapat keluar asalkan diijinkan oleh PPK.

    Jika Saudara sebagai pegawai dengan jabatan fungsional tertentu, maka Ijazah S2 tersebut dapat digunakan sebagai unsur kegiatan penunjang dengan angka kredit 10, sementara jika menduduki jabatan fungsional umum, ijazah S2 tersebut dapat digunakan untuk peningkatan pendidikan hingga golongan ruang IVa, namun tidak dapat digunakan untuk penyesuaian Ijazah (PI).


  • DIKLAT JABATAN FUNGSIONAL ANALIS KEPEGAWAIAN ( 10-03-2014 )
  • Nama : M. ADIB FAHRUDDIN, SHI
    Tanya : <p> Saya peg. di kepegawaian kemenag kab. blora mau tanya prosedur mengikuti diklat jabatan fung. analis kepegawaian yang diselenggarakan oleh BKN dan cara mengajukan analis kepegawaian </p>

    Jawab:

    Untuk informasi agenda pelaksanaan diklat berikutnya, harap ditanyakan ke Pusdiklat BKN  telp (021) 8093008 ext. 3303 atau Direktorat BINJAK BKN telp (021) 8093008 ext. 2217


  • kenaikan pangkat periode 1 april ( 10-03-2014 )
  • Nama : sri harso pamoro, SKM, MM
    Tanya : kenaikan pangkat periode 1 april paling lambat dalam menyerahkan berkas usulan kenaikan pangkat bulan apa? apakah ada ketentuannya dalam masa kadaluarsa pengusulan kenaikan pangkat sebelum per tanggal 1 april, mohon kejelasannya. terimakasih.

    Jawab:

    Deadline penyampaian berkas usul Kenaikan Pangkat (KP) untuk periode april adalah tgl 15 maret sedangkan untuk periode oktober tgl 15 september berdasarkan surat edaran Kepala Kanreg I BKN yang dibuat menjelang periode KP berdasarkan kesepakatan bersama instansi daerah dengan Kanreg. Tetapi, sangat dimungkinkan instansi daerah (BKD) menetapkan deadline lebih awal untuk pertimbangan proses. Apabila usul KP disampaikan ke Kanreg melewati batas waktu tersebut, maka berkas akan dikembalikan dan dapat diusulkan untuk periode KP berikutnya.


  • Kenaikan Pangkat ( 06-03-2014 )
  • Nama : Galang Adalat
    Tanya : Kenaikan Pangkat mulai Periode Oktober 2014 kabarnya ada perubahan. Apa saja yang berubah dan saratnya apa saja?

    Jawab:

    Kenaikan Pangkat PNS periode Oktober 2014 apabila Peraturan Pemerintah tentang Kenaikan Pangkat belum berubah seiring dengan disahkannya UU ASN, maka masih mengacu pada ketentuan yang lama yaitu PP Nomor 12 tahun 2002 tentang Kenaikan Pangkat PNS. Namun bagi JFT Guru, mulai Periode Oktober 2014 dalam mengusulkan Kenaikan Pangkat harus sudah mengacu pada ketentuan yang baru yaitu Permenpan No. 16 tahun 2009.


  • fungsional pejabat pengadaan ( 06-03-2014 )
  • Nama : budi santoso
    Tanya : saya seorang staf di perguruan tinggi saat ini pangkat / gol penata muda tk I III/B dan seyognya sesuai aturan akan naik pangakat/gol penata III/C per april 2014. Tetapi saat ini saya diusulkan ikut impassing fungsional pejabat pengadaan. Dan akhirnya dari Subbag Kepegawaian di tempat kami menunda proses kenaikan pangkat saya dengan alasan menunggu impassing fungsional pejabat pengadaan. Kalau saya meminta untuk proses kenaikan pangkat maka oleh sub bag kepegawaian proses impassingnya akan dihentikan. Mohon pencerahannya. terima kasih

    Jawab:

    Berkenaan dengan pertanyaan Saudara, karena Saudara memenuhi syarat untuk diberikan kenaikan pangkat secara reguler, maka saran kami bahwa Saudara dapat diberikan kenaikan pangkat reguler terlebih dahulu sambil menunggu SK Inpassing Fungsional Pejabat Pengadaan, setelah SK Inpassing terbit baru Saudara diangkat dalam jabatan fungsional dan selanjutnya pembinaan karier Saudara melalui jalur jabatan fungsional yang kenaikan pangkatnya menggunakan angka kredit.


  • Penyesuaian S1 ( 06-03-2014 )
  • Nama : Galang Adalat
    Tanya : Seorang Pegawai dengan Ijazah SMA Gol. III/b. Saat ini sudah mempunyai ijazah S1 yang linier dan ijin belajarnya. Bagaimana cara Penyesuaian S1nya agar bisa digunakan untuk kenaikan pangkat yang lebih tinggi?

    Jawab:

    Berkaitan dengan pertanyaan Saudara, untuk kenaikan pangkat berikutnya (IIIc) untuk pengajuan usul kenaikan pangkat agar dilampirkan foto copi sah ijazah dan surat ijin belajar. Berdasarkan ijazah yang dimiliki, PNS yang bersangkutan dapat memperoleh (diusulkan) kenaikan pengkatnya sampai dengan golongan ruang IIId.


  • S1 non PGSD telah mengikuti Sertifikasi Jalur Pendidikan ( 03-03-2014 )
  • Nama : guru sd
    Tanya : Saya berijasah S1 Pendidikan Geografi dan mengikuti sertifikasi jalur pendidikan guru kelas lulus tahun 2009. Apakah saya masih harus mengikuti S1 PGSD berkenaan telah mengikuti PSG selama satu tahun?

    Jawab:

    Mengingat Saudara ketika diangkat sebagai guru masih menggunakan ketentuan lama yaitu Permenpan 84 tahun 1993 tentang Jabfung Guru dan Angka Kreditnya, maka ijazah S1 Pendidikan Geografi Saudara masih dianggap relevan sehingga tidak perlu mengikuti pendidikan S1 PGSD.


  • Ralat Nama ( 03-03-2014 )
  • Nama : Galang Adalat
    Tanya : Bagaimana cara meralat nama yang sudah salah sejak dari Perskup/Nota Persetujuan BKN utk SK CPNS III/a S/D III/c? contoh : Nama di Ijazah sejak SD sampai S1 MUCH. LISIN, tetapi di Perskup/Nota Persetujuan adalah MUCHLISIN

    Jawab: 

     

    Untuk perubahan data kepegawaian (nama), harus disesuaikan dengan yang tertera pada Ijazah dan Akta Kelahiran. Jika ternyata harus dilakukan perubahan SK CPNS, maka dapat mengajukan perubahan SK CPNS dengan melampirkan Ijazah yang digunakan waktu penetapan NIP. Pihak yang meralat SK CPNS adalah instansi mengeluarkan SK, tempat PNS bekerja.  Setelah dikeluarkan SK CPNS yang baru, maka dapat dilakukan konversi NIP ke Kanreg I BKN Yogyakarta dengan melampirkan Foto Copy SK CPNS yang sudah diperbaiki dan Ijazah. Untuk pengurusan konversi NIP di Kanreg I BKN dapat dilakukan sendiri dengan membawa surat pengantar dari BKD.


  • pendidikan S2 yang linier dengan bidang tugas ( 03-03-2014 )
  • Nama : guru sd
    Tanya : Terimakasih atas jawaban dari redaksi akan tetapi jawaban tersebut tidak mencerminkan solusi bagi kami, untuk itu apakah bisa dengan alternatif pendidikan S2 lainnya. Karena belum tentu dalam waktu dekat atau 1 tahun atau 2 tahun perguruan tinggi akan menyelenggarakan/membuka program tersebut. Sekiranya mohon apakah ada informasi mengenai perguruan tinggi yang kira-kira akan menyelenggarakan program tsb?

    Jawab:

    Dalam Permenpan 16 tahun 2009, bagi seorang guru dapat meningkatkan pendidikan lebih tinggi jenjang S2 dengan ketentuan: apabila relevan dengan bidang tugas akan dapat digunakan dalam angka kredit dengan nilai 50, sementara apabila tidak relevan dengan bidang tugas akan diperoleh nilai 10 yang dapat dimasukkan kedalam Penilaian Angka Kredit (PAK). Adapun penilaian kriteria tentang bagaimana kategori yang relevan maupun yang tidak relevan, hal ini menjadi domain Kemendikbud selaku Instansi Pembina Jabfung Guru.

     


  • pendidikan S2 yang linier dengan bidang tugas ( 03-03-2014 )
  • Nama : guru sd
    Tanya : Sayai guru SD yang ingin melanjutkan study S2. Prodi apa saja yang dapat kami ikuti dan linier dengan bidang tugas saya. Terima kasih

    Jawab:

    S2 yang linear dengan tugas Saudara sebagai Guru SD adalah S2 PGSD. Jika dalam kondisi sekarang belum ada jurusan tersebut, maka Saudara diharapkan untuk bersabar sampai program studi S2 PGSD tersebut diselenggarakan perguruan tinggi.


  • ijasah linier? ( 03-03-2014 )
  • Nama : joko hery supriyanto
    Tanya : Saya dan beberapa teman guru sd memiliki ijasah S1 Pend. Geografi yang lulus tahun 2005. Sudah sertifikasi. Apakah ijasah S1 kami linier dengan bidang tugas kami, atau harus mengikuti S1 PGSD? Nwun

    Jawab:

    S1 Pendidikan Geografi yang telah diperoleh tahun 2005, berhubung masih menggunakan ketentuan yang lama yakni Permenpan 84 Tahun 1993, maka sudah dianggap linear sehingga tidak perlu mengambil S1 PGSD. Adapun ketentuan yang baru menggunakan Permenpan 16 Tahun 2009.



Hal: 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | 11 | 12 | 13 | 14 | 15 | 16 | 17 | 18 | 19 | 20 | 21 | 22 | 23 | 24 | 25 | 26 | 27 | 28 | 29 | 30 | 31 | 32 | 33 | 34 | 35 | 36 | 37 | 38 | 39 | 40 | 41 | 42 | 43 | 44 | 45 | 46 | 47 | 48 | 49 | 50 | 51 | 52 | 53 | 54 | 55 | 56 | 57 | 58 | 59 | 60 | 61 | 62 | 63 | 64 | 65 | 66 | 67 | 68 | 69 | 70 | 71 | 72 | 73 | 74 | 75 | 76 | 77 | 78 | 79 | 80 | 81 | 82 | 83 | 84 | 85 | 86 | 87 | 88 | 89 | 90 | 91 | 92 | 93 | 94 | 95 | 96 | 97 | 98 | 99 | 100 | 101 | 102 | 103 | 104 | 105 | 106 | 107 | 108 | 109 | 110 | 111 | 112 | 113 | 114 | 115 | 116 | 117 | 118 | 119 | 120 | 121 | 122 | 123 | 124 | 125 | 126 | 127 | 128 | 129 | 130 | 131 | 132 | 133 | 134 | 135 | 136 | 137 | 138 | 139 | 140 | 141 | 142 | 143 | 144 | 145 | 146 | 147 | 148 | 149 | 150 | 151 | 152 | 153 | 154 | 155 | 156 | 157 | 158 | 159 | 160 | 161 | 162 | 163 | 164 | 165 | 166 | 167 | 168 | 169 | 170 | 171 | 172 | 173 | 174 | 175 | 176 | 177 | 178 | 179 | 180 | 181 | 182 | 183 | 184 | 185 |

PEMBERITAHUAN
Pertanyan terkait kemajuan proses KENAIKAN PANGKAT dapat dicek langsung melalui fitur baru INFORMASI PROSES KP yang ada di pojok kiri atas halaman beranda/home (Klik disini).

Tuliskan pertanyaan mengenai permasalahan KEPEGAWAIAN dengan mengisi form di bawah ini:
Nama :
e-Mail :
Judul :
Tanya :
   
    (Masukkan 6 kode diatas)