Informasi

Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Visi BKN : Menjadi Pembina dan Penyelenggara Manajemen Kepegawaian yang Profesional dan Bermartabat Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Melayani dengan Peduli, Iklas dan Bertanggungjawab ... ;
» Forum Tanya Jawab

  • Mendapatkan ijin belajar ( 06-02-2014 )
  • Nama : Retno Dwi Martuti
    Tanya : staf di satker kami telah menyelesaikan S2 baru mendapatkan surat keterangan ijin belajar dari kanwil dan beliau sudah lulus sejak tahun 2010, yang jadi pertanyaan saya apakah teman saya sekarang bisa mendapatkan ijin belajar dari sekjen, kalau bisa bagaimana syaratnya. Terima kasih atas perhatiannya.

    Jawab:

    Surat Ijin Belajar dikeluarkan / diterbitkan oleh pejabat yang berwenang pada proses awal PNS akan meningkatkan pendidikan, bukan saat hampir lulus atau bahkan setelah lulus baru mengajukan ijin belajar. Apabila setelah lulus baru mengajukan ijin belajar, maka ijazah yang diperoleh tidak dapat digunakan untuk peningkatan karier PNS.


  • Penggunaan Gelar ( 05-02-2014 )
  • Nama : Kusdi, S.Pd
    Tanya : Saya sebagai Kepala SMP di Kudus, mengajukan pengunaan gelar s2 (M.Si dr UNISBANK Semarang), namun ditolak, tetapi teman2 dari Kab Pati dan Kab Jepara bisa diterima, Mengapa bisa , Mohon penjelasan? dan mohon solusi agar pengajuan gelar saya bisa diterima? terima kasih

    Jawaban:

    Berkenaan dengan pertanyaan Saudara mengenai ijin penggunaan gelar, hal itu merupakan kewenangan PPK(Gubernur/Bupati/Walikota. Namun sesuai ketentuan permenpan yang mengatur tentang jabatan fungsional dan angka kreditnya disebutkan bahwa memperoleh ijasah S2 yang relevan dengan tupoksinya nilainya 50 masuk unsur utama, dan apabila tidak relevan nilai 10 masuk unsur penunjang dalam PAK. Ijazah tersebut dapat dihargai untuk pembinaan karier PNS baik yang relevan maupun tidak sepanjang ada ijin Belajar dari Pejabat yang berwenang , diperoleh bukan dari kelas jauh/kelas khusus/ kelas sabtu minggu sebagaimana yang dilarang oleh Dikti.


  • penyesuaian S1 PGSD ( 01-02-2014 )
  • Nama : kurniawan
    Tanya : sya sudah S1 jurusan PKn mengajar di SD sudah sertifikasi, apakah harus kuliah lagi S1 PGSD ?

    Jawab:

    Mengingat bahwa Saudara ketika diangkat dalam JFT Guru masih menggunakan ketentuan yang lama yakni Permenpan 84/1993 tentang JFT Guru dan Angka Kreditnya, maka ijazahS1 Fakultas Keguruan Jurusan PKn adalah masih linier sebagai guru SD, sehingga Saudara tidak perlu kuliah lagi ke S1 PGSD.


  • NIP ( 01-02-2014 )
  • Nama : apiep
    Tanya : kapan penetapan NIP cpns TA 2013 selesai ya?

    Jawab:

    Proses penetapan NIP CPNS formasi umum tahun 2013 di Kanreg I BKN Yogyakarta telah diselesaikan pada minggu pertama Februari 2013. Di wilayah Jawa Tengah dan DIY Kanreg I BKN memproses 11 Kab/Kota/Prov yang memperoleh jatah formasi CPNS dari pelamar umum tahun 2013.


  • ijazah linier ( 29-01-2014 )
  • Nama : cahyo
    Tanya : saya guru sd, waktu pengangkatan menggunakan Ijazah SPG, golongan saya IV/a. dan sudah sertifikasi lewat jalur PLPG tahun 2012, Ijazah S1 saya fakultas keguruan jurusan Bahasa Indonesia. Bagaimana dengan kelinieran Ijazah saya ? apakah saya harus kuliah lagi S1 PGSD, mengingat aturan selama ini dari kuliah sampai sertifikasi masih menggunakan aturan lama

    Jawab:

    Mengingat bahwa Saudara ketika diangkat dalam JFT Guru masih menggunakan ketentuan yang lama yakni Permenpan No.84/1993 Tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, maka ijazah Saudara S1 Fakultas Keguruan Jurusan Bahasa Indonesia adalah linier, sehingga Saudara tidak perlu kuliah lagi ke S1 PGSD tetapi dapat meningkatkan pendidikan ke S2 yang sesuai dengan tugas pokok dan fungsi sebagai guru SD.


  • ijazah linier ( 29-01-2014 )
  • Nama : dony
    Tanya : saya guru sd di sragen waktu pengangkatan cpns berijazah spg, dengan mengikuti perkembangan zaman saya kuliahdi IKIP jurusan Bahasa Indonesia, saat ini golongan saya IVa,diberi tugas tambahan kepala sekolah dan sudah sertifikasi melalui program portofolio.1. Apakah Ijazah saya linier ? 2. Apakah jatah mengajar saya yang 6 jam harus mengajar Bahasa Indonesia ? saat ini jatah 6 jam saya ,saya mengajar PKn

    Jawab:

    Mengingat bahwa Saudara ketika diangkat dalam JFT Guru masih menggunakan ketentuan yang lama yakni Permenpan No.84/1993 Tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, maka ijazah Saudara S1 Fakultas Keguruan Jurusan Bahasa Indonesia adalah linier.

    Mengenai jatah mengajar sebagai Kepala Sekolah SD selama 6 jam dapat diperoleh dari mata pelajaran apapun sesuai dengan tugas guru kelas.


  • penetapan NIP ( 29-01-2014 )
  • Nama : bayu ardiansyah
    Tanya : apakah CPNS TA.2013 sudah penetapan NIP apa belum ?

    Jawab:

    Untuk penetapan NIP CPNS TA.2013 di wilayah Jateng&DIY saat ini sedang dalam proses penetapan oleh Kanreg I BKN Yogyakarta. Untuk progres pelaksanaan kegiatan penetapan NIP nanti akan diinfokan kemudian melalui menu berita dilaman ini.


  • TATA CARA DAN PERSYARATAN MENDAPATKAN SURAT PERSETUJUAN TEKNIS BKN ( 28-01-2014 )
  • Nama : Hariyanto
    Tanya : Apa saja persyaratan dan bagaimana prosedur untuk mendapatkan persetujuan teknis BKN bagi PNS yang akan naik jabatan, pangkat dan golongan? terima kasih

    Jawab:

    Syarat untuk mendapatkan persetujuan teknis BKN bagi PNS yang akan naik jabatan, pangkat dan golongan adalah sbb:

    1. Salinan sah keputusan pengangkatan dalam jabatan terakhir

    2. Salinan sah keputusan pengangkatan dalam jabatan sebelumnya (khusus yang promosi jabatan)

    3. Salinan sah keputusan dalam pangkat terakhir

    4. Salinan sah DP3 dalam dua (2) tahun terakhir

    5. Salinan sah surat keputusan kenaikan jabatan bagi PNS yang memangku JFT yang akan naik pangkat dalam jenjang jabatan yang lebih tinggi (seperti yang diatur dengan keputusan bersama BKN).

    Kelengkapan tersebut diusulkan oleh instansi ke Kantor Regional BKN sesuai dengan wilayahnya.

     


  • Mutasi ( 28-01-2014 )
  • Nama : Dwi sulis
    Tanya : Bagaimana langkah pengajuan mutasi dari prop A ke prop B, setelah memperoleh surat dari propinsi yang dituju..?

    Jawab:

    Setelah mendapatkan Surat Pengantar dari Prov. yang dituju, berkas diusulkan ke Kanreg I BKN Yogyakarta (jika wilayah kerja Kanreg I BKN) dengan dilampiri kelengkapan sbb:

    1. Surat permintaan persetujuan dari PPK instansi lama;

    2. Surat pernyataan persetujuan dari PPK yang dituju;

    3. Salinan sah: SK CPNS, PNS, dan Kenaikan Pangkat terakhir;

    4. Salinan sah SK Penyesuaian Jabatan Fungsional Guru (dari jabatan lama ke baru).


  • Peninjauan Kembali SK Pensiun ( 28-01-2014 )
  • Nama : Galang Adalat
    Tanya : Bagaimana, kapan dan apa saja sarat-sarat pengajuan Peninjauan kembali SK Pensiun TMT 1 Februari 2014?

    Jawab:

    Syarat peninjauan kembali SK Pensiun TMT 1 Februari 2014 yang telah ditetapkan, dapat SEGERA dikirimkan ke Kanreg I BKN dengan kelengkapan:

    1. Surat pengantar dari instansi

    2. Asli SK Pensiun yang telah ditetapkan


  • GURU SD LULUSAN D2 _PGSD /Gr.KELAS /FKIP ( 27-01-2014 )
  • Nama : Kegiatan Belajar Menyenangkan
    Tanya : Guru SD yang ternyata masih lulusan D2 PGSD/GURU KELAS /FKIP. PNS dengan Masa Kerja 22 keatas usia 54 Th , pada tahun 2015 nanti pahlawan tanpa jasa itu ditolak kemana ?

    Jawab:

    Guru SD dengan tingkat pendidikan D2 PGSD, pada tahun 2015 apabila belum memperoleh gelar kesarjanaan S1 yang relevan dengan bidang tugasnya, masih dapat mengajar dengan pangkat puncak III/d. Apabila pangkatnya sudah lebih dari III/d maka tidak dapat diberikan kenaikan pangkat (KP). KP dan jabatan setingkat lebih tinggi dapat diberikan apabila memiliki/memperoleh pendidikan S1 yang relevan dengan tugasnya, terpenuhi angka kredit yang dibutuhkan, serta syarat KP lainnya.


  • Mutasi ( 23-01-2014 )
  • Nama : Exsantoso
    Tanya : Jika ada guru Budi tugas di kabupaten A dan guru Cipto tugas di kabupaten B memiliki jenis kelamin,usia & bidang Mapel sama, lalu kedua guru ini ingin bertukar tugas,guru Budi ingin pindah ke kabupten B & guru Cipto ingin pindah ke kabupaten A. pertanyaan saya: 1. Apakah boleh mutasi seperti cerita diatas? 2. Jika diperbolehkan, bagaimana prosedur yang harus ditempuh? Terimakasih atas pencerahannya

    Jawab:

    Mutasi atau perpindahan wilayah kerja dari Kabupaten A ke B dan sebaliknya dalam satu propinsi diperbolehkan sepanjang terpenuhi syarat-syarat sebagai berikut:

    1. Mengajukan permohonan pindah tertulis secara personal kepada kabupaten yang dituju.

    2. Apabila permohonan tersebut disetujui, yang bersangkutan mengajukan permohonan pindah secara hirarkis dari unit kerjanya sampai dengan PPK dengan dilengkapi persyaratan, antara lain: surat rekomendasi persetujuan penerimaan dari instansi yang dituju, SK CPNS, SK PNS, SK KP terakhir.

    3. Selanjutnya PPK instansi asal meneruskan permohonan pindah tersebut kepada Gubernur.

    4. Berdasarkan surat permohonan pindah dari PPK, Gubernur akan menetapkan SK Pindah Wilayah Kerja.

    5. Selanjutnya berdasarkan SK Pindah dari Gubernur, PPK instansi yang dituju akan menerbitkan Surat Perintah Melaksanakan Tugas (Surat Perintah Penempatan).


  • mutasi jabatan ( 19-01-2014 )
  • Nama : ulil absor
    Tanya : 1. Apakah boleh Guru kelas SD melanjutkan kuliah S2 Mapel (matematika)? 2. Apakah setelah lulus S2 Matematika nanti bisa mutasi ke guru mapel di SMP/SMU/SMK/sederajat?

    Jawab:

    1. Guru SD sebaiknya melanjutkan jenjang pendidikan lebih tinggi dengan mengambil jurusan yang relevan dengan bidang tugasnya.

    2. Apabila guru SD mengambil studi lanjut yang tidak sesuai dengan bidang tugasnya, maka ijin belajarnya akan ditolak oleh pejabat yang berwenang.


  • Kenaikan Pangkat ( 17-01-2014 )
  • Nama : Tejo wahyono
    Tanya : Yth. Pengelola rubik konsultasi BKN Saya guru kelas SD pangkat Pembina IVa, jabatan Guru Madya. Pendidikan: SPG, D2 PGSD, S1 A IV Pend. Pkn, S2 Pend IPS, Sertifikasi guru kelas SD melalui Pendidikan sertifikasi Guru Jalur Pendidikan (34 SKS) Berkaitan dengan: Peraturan bersama mendiknas dan Kepala BKN Nomor: 03/V/PB/2010 dan Nomor: 14 Tahun 2010 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya Pasal 34 ayat (2): Guru yang akan naik pangkat menjadi Penata Muda, gol ruang III/a dan Guru sebagaimana dimaksud pada ayat (1) sampai dengan akhir tahun 2015, apabila tidak memperoleh ijazah Sarjana (S1)/Diploma IV yang sesuai dengan bidang tugas yang diampu, kenaikan pangkat paling tinggi adalah Penata Tingkat I, golongan ruang III/d atau pangkat terakhir yang dimiliki. Pasal 34 ayat (3): Pada saat Peraturan bersama ini ditetapkan, guru yang telah memiliki pangkat Pembina, golongan ruang IV/a ke atas dan belum memiliki ijazah sarjana (S1)/diploma IV, tidak dapat dipertimbangakan untuk naik pangkat. Pertanyaan: Apakah saya masih bisa naik pangkat dan jabatan?

    Jawab:

    Mengingat Saudara ketika diangkat sebagai guru masih menggunakan ketentuan lama Permenpan 84/93 tentang Jabatan fungsional Guru dan Angka Kreditnya, maka Saudara masih bisa naik pangkat / jabatan s/d IVe sepanjang persyaratannya terpenuhi.

    Untuk aturan sekarang menggunakan Permenpan no.16 tahun 2009.


  • Penyesuaian Ijazah (PI) ( 17-01-2014 )
  • Nama : Prahanto
    Tanya : Saya ingin melanjutkan pertanyaan saya yang kemarin,yang msh berhubungan dengan kelanjutan proses SKMI nya. 1. Untuk Penyesuaian Ijazah (PI) bagaimana proses yg sebenarnya karena saya sdh menanyakan ke BKD, mereka menyampaikan yg berhak menentukan seseorang mengikuti PI adalah dri BKN. 2. Untuk informasi, saya TMT CPNS 1 Jan 2011, TMT PNS 1 Des 2012. Masuk dengan Ijazah D3. Apakah saya sdh boleh/berhak mengikuti PI? Terima kasih atas perhatiannya.

    Jawab:

    1. Proses pengajuan Kenaikan Pangkat penyesuaian ijazah, apabila telah terpenuhi syarat2 sebagai berikut:

    a. memiliki ijazah yang relevan dengan tugas pokoknya

    b. memiliki surat ijin belajar/tugas belajar

    c. memiliki sertifikat telah lulus ujian PI

    d. DP3 minimal bernilai BAIK dalam 1 th terakhir

    e. minimal telah 1 th dalam pangkat terakhir

    f. memiliki uraian tugas yang ditandatangani pejabat minimal Eselon II.

    dapat diajukan kepada Kanreg I BKN Yogyakarta secara hierarkis melalui SKPD Saudara.

     

    2. Saudara sudah berhak mengikuti ujian PI sepanjang tersedia formasi dan diusulkan oleh instansi Saudara.


  • DP3 ( 11-01-2014 )
  • Nama : Galang Adalat
    Tanya : 1. Bolehkah penulisan tanggal penilaian DP3 sbb : 31 Desember 2013, 2 Januari 2014, 6 Januari 2014? 2. Apakah untuk sarat kenaikan pangkat, nilai DP3 tidak boleh turun dari tahun sebelumnya, meskipun setiap unsur bernilai baik?

    Jawab:

    1. Tanggal penilaian DP3 dapat seperti yang dicontohkan tersebut asalkan bukan bertepatan dengan hari libur/minggu.

    2. Syarat untuk nilai DP3 minimal "Baik" dalam 2 tahun berturut-turut, nilai boleh turun asal tetap dalam kategori "Baik".


  • Tentang SKMI ( 06-01-2014 )
  • Nama : Prahanto
    Tanya : Saya diterima pns dg formasi D3. Saat diterima saya sdh memiliki ijazah S1. Oleh BKD saya diberikan SKMI (Surat Keterangan Memilik Ijazah). Pertanyaan saya: 1. Apakah ijazah S1 saya bsa dipakai untuk menunjang karier saya? 2. Apakah saya bsa langsung mengambil beasiswa untuk S2 nya? Terima kasih atas perhatiannya

    Jawab:

     1. Dapat digunakan untuk menunjang karier PNS sepanjang ijazah tersebut diperoleh bukan dari kelas jauh, kelas khusus, kelas khusus sabtu minggu sebagaimana yang dilarang oleh Dirjen Dikti dalam suratnya No.595/D.5.I/T/07.

    2. Saudara dapat melanjutkan kuliah ke S2 apabila minimal telah 1 tahun sejak diangkat PNS dan mendapatkan  Surat Tugas Belajar dari Pejabat Yang Berwenang.


  • penetapan nip ( 04-01-2014 )
  • Nama : eva
    Tanya : untuk penetapan nip biasanya berapa lama? misalkan ada data pemberkasan yg ternyata TMS biasanya karena alasan apa menjadi TMS?

    Jawab:

    Proses penetapan NIP dilaksanakan maksimal 10 hari kerja. Sesuai dengan Perka BKN No.9 Tahun 2012, berkas yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS) biasanya: data lahir, perbedaan kualifikasi pendidikan yang dipersyaratkan,dan status yang berkenaan dengan hukum.


  • SAPK ( 30-12-2013 )
  • Nama : Galang Adalat
    Tanya : Saya ada usul, bagaimana kalau kewenangan peremajaan data riwayat pendidikan diturunkan ke kabupaten, karena hampir setiap usulan kenaikan pangkat baik PI S1 maupun S2 nya, selalu ada gelar yang tidak menempel, dan setelah dicek di SAPK riwayat pendidikannya tidak diubah

    Jawaban :

    Sesuai dengan Peraturan Kepala BKN Nomor 14 Tahun 2011 tentang Pengembangan Database Kepegawaian , bahwa prosedur peremajaan data PNS dapat dilakukan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) baik Instansi Pusat maupun Instansi Daerah telah diatur sesuai  dengan kewenangan masing masing.

    Sehubungan pertanyaan Saudara mengenai updating data riwayat pendidikan merupakan kewenangan dari BKN yaitu BKN Pusat dan Kantor Regional BKN sesuai dengan Perka Nomor 14 Tahun 2011.


  • Pensiun ( 27-12-2013 )
  • Nama : M. Sobari
    Tanya : Saya seorang PNS yang sedang memasuki masa akhir akan pensiun, tepatnya bulan ke 6 tahun 2014. Dari informasi teman-teman, dan juga saya membaca melalui media koran waktu itu diberitakan bahwasanya Undang-undang ASN telah disetujui dan disahkan oleh DPR, dimana diberitakan juga bahwa salah satu pasal yang ditunggu-tunggu adalah mengenai Batas Usia Pensiun dari 56 tahun menjadi 58 Tahun. Untuk itu mohon pencerahannya dan mungkin ini adalah pertanyaan mewakili sebagaian besar para calon pensiunan PNS yang sedang memasuki masa akhir pensiun. Apakah saya yang notabene memasuki masa pensiun pada bulan ke 6 tahun 2014 dengan telah disahkannya undang-undang tersebut apakah masih menggunakan BUP 56 atau diperpanjang menjadi 58 tahun. Demikian pertanyaan saya. terimakasih.

    Jawab:

    Meskipun UU ASN telah diundangkan, selama peraturan pelaksana teknisnya belum ditetapkan, untuk BUP masih mengacu pada yang lama.  Adapun apabila sudah terlanjur ditetapkan SK Pensiunnya, ternyata peraturan teknis yang terbaru menyatakan klausul lain, maka nanti dapat dilakukan peninjauan kembali.



Hal: 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | 11 | 12 | 13 | 14 | 15 | 16 | 17 | 18 | 19 | 20 | 21 | 22 | 23 | 24 | 25 | 26 | 27 | 28 | 29 | 30 | 31 | 32 | 33 | 34 | 35 | 36 | 37 | 38 | 39 | 40 | 41 | 42 | 43 | 44 | 45 | 46 | 47 | 48 | 49 | 50 | 51 | 52 | 53 | 54 | 55 | 56 | 57 | 58 | 59 | 60 | 61 | 62 | 63 | 64 | 65 | 66 | 67 | 68 | 69 | 70 | 71 | 72 | 73 | 74 | 75 | 76 | 77 | 78 | 79 | 80 | 81 | 82 | 83 | 84 | 85 | 86 | 87 | 88 | 89 | 90 | 91 | 92 | 93 | 94 | 95 | 96 | 97 | 98 | 99 | 100 | 101 | 102 | 103 | 104 | 105 | 106 | 107 | 108 | 109 | 110 | 111 | 112 | 113 | 114 | 115 | 116 | 117 | 118 | 119 | 120 | 121 | 122 | 123 | 124 | 125 | 126 | 127 | 128 | 129 | 130 | 131 | 132 | 133 | 134 | 135 | 136 | 137 | 138 | 139 | 140 | 141 | 142 | 143 | 144 | 145 | 146 | 147 | 148 | 149 | 150 | 151 | 152 | 153 | 154 | 155 | 156 | 157 | 158 | 159 | 160 | 161 | 162 | 163 | 164 | 165 | 166 | 167 | 168 | 169 | 170 | 171 | 172 | 173 | 174 | 175 | 176 | 177 | 178 | 179 | 180 | 181 | 182 | 183 | 184 | 185 |

PEMBERITAHUAN
Pertanyan terkait kemajuan proses KENAIKAN PANGKAT dapat dicek langsung melalui fitur baru INFORMASI PROSES KP yang ada di pojok kiri atas halaman beranda/home (Klik disini).

Tuliskan pertanyaan mengenai permasalahan KEPEGAWAIAN dengan mengisi form di bawah ini:
Nama :
e-Mail :
Judul :
Tanya :
   
    (Masukkan 6 kode diatas)