Informasi

Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Visi BKN : Menjadi Pembina dan Penyelenggara Manajemen Kepegawaian yang Profesional dan Bermartabat Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Melayani dengan Peduli, Iklas dan Bertanggungjawab ... ;
» Forum Tanya Jawab

  • kepala SDN 04 Doyot ,Bengkayang,Kalimantan barat ( 13-10-2015 )
  • Nama : ACIK SYAHNAN
    Tanya : apakah PNS yang SK PENSIUNnya sudah terbit TMT: 1 NOP.2015 & TMT: 1 JUNI 2016 masih perlu registrasi ePUPNS ? .......Terima kasih atas jawabannya..

    Jawab :

    Untuk yang SK pensiunnya sudah terbit (terutama yang tmt nya th 2015) tidak perlu lagi mengisi e-Pupns.
    Tertapi untuk yang tmt Juni 2016, bila sk pensiunnya belum terbit, sebaiknya tetap mengisi data e-Pupns.
    Terimakasih
     

  • ijasah ( 13-10-2015 )
  • Nama : ady aryanto
    Tanya : mohon pencerahannya, saya PNS TMT 2008 gol IIa, sebelum saya cpns TMT 1 januari tahun 2007 dengan ijasah SLTA Sederajat, yaitu ditahun 2006 bulan september saya lulus S1 Kesh. Masyarakat, apakah ijasah yang saya peroleh bisa untuk penyesuaian atau tidak bisa, saat ini jabatan perawat pelaksana, terima kasih

    Jawab :

    Dapat kami sampaikan bahwa :

    1. saudara lulus S1 Kesehatan Masyarakat bulan September 2006 sedangkan tmt CPNS 1 Januari 2006 sehingga saudara perlu membuat surat keterangan melanjutkan dan menyelesaikan pendidikan S1 yang ditanda tangani oleh pejabat minimal eselon II. 

    2. Mengingat jabatan saudara saat ini adalah perawat pelaksana sedangkan ijazah S1 yg diperoleh sarjana kesehatan masyarakat  maka ijazah tersebut tidak dapat dipakai untuk penyesuaian pendidikan karena tidak relevan.... 


  • PUPNS ( 13-10-2015 )
  • Nama : YULI GIRI SAPUTRO
    Tanya : Assalamualaikum Wr. Wb. Mau tanya tentang Jabatan TMT Terakhir munculnya berbeda saat saya mendownload hasil kirim dengan riwayat jabatan. Mohon bantuannya. Terima kasih. Wassalamu'alaikum Wr. Wb.


  • Epupns ( 13-10-2015 )
  • Nama : Hariadi
    Tanya : sehubungan terlalu leletnya loading dari Aplikasi EPUPNS dalam pengisian datanya, apa tidak ada kebijaksanaan agar pelaksanaan pengisian data pada EPUPNS ditunda karena secara logika tidak akan mampu tercapai dalam berapa minggu ini, kami dari BPN baru memulai sejak tgl 1 Oktober 2015 proses registrasinya sedang verifikasi registerasi baru dapat diaktifkan dalam minggu pertama, sedang proses pengisian sangat lama dalam loadingnya. Maka mohon untuk ada kebijakan perpanjangan pengisian atau ditetapkan jadwal perpanjangan pengisiannya.

    Jawab :

    Sekarang sudah ada penjadwalan dalam pengisisan e-Pupns, dan Insya Allah dengan adanya penjadwalan ini akses aplikasi e-Pupns relatif lebih lancar. 
    Untuk BPN jadwal pengisian e-Pupns adalah hari Minggu, Senin dan Kamis.
    e-Pupns adalah tanggung jawab dari masing-masing PNS (bukan bagian kepegawaian). Bila masing-masing PNS mengisikan datanya sesuai jadwal, Insya Allah target waktunya akan tercapai.
    Silahkan mencoba.
    Terimakasih
     

  • Perlukah kuliah S1 PGSD? ( 11-10-2015 )
  • Nama : Very Suhardiono
    Tanya : Saya guru SDN 2 Jiken - Blora - Jateng CPNS 2006 menggunakan ijasah SPG. Saya sudah sertifikasi malalui PLPG tahun 2012 Ijasah S1 FKIP Bahasa Inggris saya gunakan PAK untuk Golongan II C ke Golongan II D tahun 2013 dan dinilai 5 (tidak relevan) Apakah saya perlu kuliah S1 PGSD? apakah kalau saya langsung kuliah S2 PGSD, nantinya ijasah S2 PGSD saya diakui? terima kasih atas jawabannya,

    Jawab :

    Mengingat pendidikan terakhir saudara sudah Sarjana Strata - 1 (S1) dan meskipun tidak relevan tetapi ijazah S1nya sudah dinilai dalam angka kredit maka apabila saudara akan melanjutkan kuliah dapat langsung ke jenjang S2 PGSD..demikian semoga membantu.


  • Linierkah S1 FKIP Bahasa Inggris? ( 11-10-2015 )
  • Nama : Very Suhardiono
    Tanya : Saya CPNS tahun 2006 menggunakan ijazah SPG. Ijazah S1 FKIP Bahasa Inggris saya ajukan PAK Golongan IIC ke IID tahun 2013 dan dinilai 5 (tidak relevan). Apakah saya perlu kuliah lagi S1 PGSD ataukah saya bisa langsung kuliah S2 PGSD? Saat ini saya bekerja di SDN 2 Jiken Kabupaten Blora - Jawa Tengah. Terima kasih.

    Jawab :

    Mengingat pendidikan terakhir saudara sudah Sarjana Strata - 1 (S1) dan meskipun tidak relevan tetapi ijazah S1nya sudah dinilai dalam angka kredit maka apabila saudara akan melanjutkan kuliah dapat langsung ke jenjang S2 PGSD..demikian semoga membantu.


  • NIP BARU TIDAK SESUAI TANGGAL LAHIR ( 11-10-2015 )
  • Nama : ABD. AZIZ
    Tanya : Mohon penjelasan cara pembetulan NIP baru yang tidak sesuai tanggal lahir, dengan catatan SK Konversi NIP nya tidak ada karena dikembalikan untuk pembetulan tapi sampai sekarang NIP yang betul belum turun, bagaimana untuk PUPNSnya?

    Jawab :

    Silahkan berkoordinasi dengan  BKD / INSTANSI saudara untuk melakukan ralat SK Konversi NIP ke BKN Jakarta, karena kewenangan ralat SK yang berkaitan dengan tanggal lahir adalah Kewenangan Kantor BKN pusat Jakarta.
    terimakasih
     
     

  • nip k2 kemenag ( 11-10-2015 )
  • Nama : purwaningsih
    Tanya : Yth admin...apakah nip k2 kemenag sudah ada yang terbit

    Jawab :

    Penetapan NIP untuk menjadi CPNS bagi tenaga honorer K2 dilingkungan Kemenag bukan wewenang Kanreg I BKN Yogyakarta, tetapi menjadi wewenang BKN Jakarta.
  • nip k2 kemenag ( 11-10-2015 )
  • Nama : purwaningsih
    Tanya : Yth admin...apakah nip k2 kemenag sudah ada yang terbit

    Jawab :

    Penetapan NIP untuk menjadi CPNS bagi tenaga honorer K2 dilingkungan Kemenag bukan wewenang Kanreg I BKN Yogyakarta, tetapi menjadi wewenang BKN Jakarta.
  • pensiun ( 11-10-2015 )
  • Nama : yuka
    Tanya : mau tanya teman saya umur 56 thn , bila ingin mengajukan pensiun apakah masuk pensiun dini, dan bila bisa mengajukan pensiun apakah mendapat naik golongan satu tingkat sekarang posisi Gol IIIA

    Jawab :

    Syarat-syarat untuk mengajukan pensiun dini (APS) adalah bahwa PNS tersebut telah berusia minimal 50 tahun dan telah memiliki masa kerja pensiun minimal 20 tahun serta tidak dapat diberikan kenaikan pangkat pengabdian.


  • Data Posisi ( 10-10-2015 )
  • Nama : H JAKA S
    Tanya : BKN Yth, bagaimana cara merubah/menyimpan kolom verifikator level 1 pada data posisi

    Jawab

    Klik pada tanda segitiga di kolom verifikator, selanjutnya dipilih verifikator yang sesuai dengan instansi anda, selanjutnya klik simpan.

     


  • pupns ( 10-10-2015 )
  • Nama : andy
    Tanya : dulu saya cpns kemendagri tapi sekarang mutasi ke pemda karanganyar,tetapi waktu akan registrasi pupns masih pegawai kemdagri,saya sudah helpdesk berulang kali tapi tetap saja kemendagri,bagaimana solusinya dan mohon bantuan dari bapak/ibu? Terima kasih

    Jawab

    Mohon dikoordinasikan dengan BKD Karanganyar agar berkoordinasi dengan BKN untuk melakukan proses pindah instansi Bapak dan mohon dilampirkan SK pindahnya + SK penempatannya.
    Terimakasih


  • Penyesuaian Ijazah S2 tUGAS Belajar ( 09-10-2015 )
  • Nama : SUDIK
    Tanya : saya PNS GURU SD GOL III/a pada thn 2013 sekarang saya sudah lulus S2 DIKDAS TH 2015, padahal nilai ijazah sy 150 krn linier,dan PAK III/a sy 150...ktya krn ada aturan baru hrs punya PKG 4 THN..SEHINGGA SY BISA MAJU KE III/b tahun 2020 apakah benar?pdhl tugas belajar juga py hak naik pangkat..terima kasih

    Jawab :

    Aturan kenaikan pangkat dan jabatan guru sudah diatur dalam Permenpan dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya menggantikan Kepmenpan Nomor 83/1993. Aturan ini efektif berlaku mulai tahun 2013. Berdasarkan aturan tersebut, seorang guru PNS bisa naik pangkat / jabatan jika sudah memenuhi angka kredit yang ditentukan yang dicapai setiap tahun melalui Penilaian Kinerja Guru (PKG).

    Kenaikan pangkat jabatan merupakan dampak dari kinerja dan profesionalisme setiap guru. Kenaikan pangkat bukanlah hak otomatis. Jika kinerja guru baik, maka penghargaan yang akan diterima guru salah satunya adalah kenaikan pangkat dan jabatan. Dengan kenaikan pangkat dan jabatan ini, karir guru akan lebih baik dan kesejahteraannya akan meningkat pula.

    Jadi tidaklah benar kalau seorang guru harus menunggu 4 (empat) tahun untuk naik pangkat.

    demikian semoga membantu.....

     


  • ijazah ( 09-10-2015 )
  • Nama : bagong
    Tanya : bagaimana jika ijazah sd dan smp hilang?

    Jawab :

    agar dikonsultasikan dengan instansi terkait (disdiknas)


  • izasah ( 09-10-2015 )
  • Nama : andi
    Tanya : selamat pagi,.... bagaimana jika kita lupa tanggal lahir dan tempat lahir orangtua yang sudah meninggal pada pengisian e pupns?, terimakasih.

    Jawab

    Dapat dilihat pada KK terdahulu atau menghubungi Dukcapil setempat


  • Penyesuian ijazah ( 08-10-2015 )
  • Nama : tribudi
    Tanya : saya guru sd baru mendapatkan ijazah s1 oktober 2015..tetapi saya terlambat mengajukan ijin belajar dan baru terbit mei 2015..Apakah saya bisa langsung mengajukan kenaikan pangkat penyesuaian ijazah..

    Jawab :

    Ijin belajar dan tugas belajar diatur dalam SE Menpan dan RB no 04  Tahun 2013 selanjutnya apabila jabatan saudara adalah JFT guru SD dan ijazah yg diperoleh S1 PGSD dapat di usulkan kenaikan pangkat pilihan penyesuaian ijazah, dan terkait mekanisme dan penilaian angka kreditnya dapat di konsultasikan dengan BKD setempat..


  • tanya perbaikan data CPNS ( 08-10-2015 )
  • Nama : khairul srb
    Tanya : Saya PNS Guru SMKN 1 Purwokerto Nama pada SK CPNS tahun 1992 hingga sekarang gol IVa, tertulis Retno Broto Seharusnya Retnobroto Kami sudah komunikasi BKD Kab. Banyumas, belum ada penyelesaian. Mohon bantuan penyelesaian masalah saya, jazakallah.

    Jawab :

    Untuk memperbaiki nama Saudara pada SK CPNS, maka Saudara dapat mengajukan perbaikan/ralat secara hirarkhi  ke Direktorat Status Kedudukan Kepegawaian BKN Jakarta yang dilampiri dengan data pendukung yang lengkap.


  • PENGIRIMAN DATA GAGAL ( 07-10-2015 )
  • Nama : RAZALI
    Tanya : SETIAP PENGIRIMAN DATA SELALU GAGAL, APAKAH DATA YANG SAYA KIRIM ADA YANG KURANG SESUAI, ATAU APAKAH ADA HUBUNGANNYA DENGAN WAKTU PENGIRIMAN. SEBAB SAYA SELALU MENGENTRI DAN MENGIRIM PUKUL 12 MALAM

    Jawab :

    Pengiriman gagal biasanya karena belum semua tab/menu  dibuka.
    Mohon anda klik kolom semua kolom, misal anda hanya staf tetapi tab diklat struktural, diklat fungsional dan jabatan tetap harus di klik walaupun tidak melakukan proses apapun.
    data guru dan dokter harus di klik walaupun anda bukan guru atau dokter.

    Bila semua tab sudah di klik, silahkan anda ulangi kirim data anda dan jangan lupa untuk mencetaknya.
    Selamat mencoba.
    terimakasih  
     



  • Ijin belajar ( 07-10-2015 )
  • Nama : Tammy
    Tanya : saya kuliah S2 terhitung mulai Agustus 2013, TMT CPNS saya Maret 2014, TMT PNS 1 Juli 2015. dapatkah saya mengajukan permohonan ijin belajar? saat ini saya masih berstatus fungsional umum di inspektorat kabupaten

    Jawab :

    Mengingat saudara diangkat CPNS status masih kuliah S2 maka kami sarankan saudara mengajukan surat keterangan masih melanjutkan dan menyelesaikan pendidikan jenjang S2 pada instansi saudara dan surat keterangan tersebut ditanda tangani oleh pejabat minimal eselon II....


  • Pembetulan Nama yang salah dalam SK kenaikan pangkat ( 07-10-2015 )
  • Nama : EKO RAHARJO
    Tanya : Staf di kantor kami, nama yang tertera diSK dari CPNS sd IIIa adalah M U L J A D I namun di SK Kenaikan Pangkat IIIb menjadi M U L Y A D I Bagaimana mekanisme pembetulannya. Terima Kasih

    Jawab :

    Agar di koordinasikan dengan BKD selanjutnya BKD akan mengajukan ralat ke Kanreg BKN trimakasih



Hal: 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | 11 | 12 | 13 | 14 | 15 | 16 | 17 | 18 | 19 | 20 | 21 | 22 | 23 | 24 | 25 | 26 | 27 | 28 | 29 | 30 | 31 | 32 | 33 | 34 | 35 | 36 | 37 | 38 | 39 | 40 | 41 | 42 | 43 | 44 | 45 | 46 | 47 | 48 | 49 | 50 | 51 | 52 | 53 | 54 | 55 | 56 | 57 | 58 | 59 | 60 | 61 | 62 | 63 | 64 | 65 | 66 | 67 | 68 | 69 | 70 | 71 | 72 | 73 | 74 | 75 | 76 | 77 | 78 | 79 | 80 | 81 | 82 | 83 | 84 | 85 | 86 | 87 | 88 | 89 | 90 | 91 | 92 | 93 | 94 | 95 | 96 | 97 | 98 | 99 | 100 | 101 | 102 | 103 | 104 | 105 | 106 | 107 | 108 | 109 | 110 | 111 | 112 | 113 | 114 | 115 | 116 | 117 | 118 | 119 | 120 | 121 | 122 | 123 | 124 | 125 | 126 | 127 | 128 | 129 | 130 | 131 | 132 | 133 | 134 | 135 | 136 | 137 | 138 | 139 | 140 | 141 | 142 | 143 | 144 | 145 | 146 | 147 | 148 | 149 | 150 | 151 | 152 | 153 | 154 | 155 | 156 | 157 | 158 | 159 | 160 | 161 | 162 | 163 | 164 | 165 | 166 | 167 | 168 | 169 | 170 | 171 | 172 | 173 | 174 | 175 | 176 | 177 | 178 | 179 | 180 | 181 | 182 | 183 | 184 | 185 | 186 | 187 | 188 | 189 | 190 | 191 | 192 | 193 | 194 | 195 | 196 | 197 | 198 | 199 | 200 | 201 | 202 | 203 | 204 | 205 | 206 | 207 | 208 | 209 | 210 | 211 | 212 | 213 | 214 | 215 | 216 | 217 | 218 | 219 | 220 | 221 | 222 | 223 | 224 | 225 | 226 | 227 | 228 | 229 | 230 | 231 | 232 | 233 | 234 | 235 | 236 | 237 | 238 | 239 | 240 | 241 | 242 | 243 | 244 | 245 | 246 | 247 | 248 | 249 | 250 | 251 | 252 | 253 | 254 | 255 | 256 | 257 | 258 | 259 | 260 | 261 | 262 | 263 | 264 | 265 | 266 | 267 | 268 | 269 | 270 | 271 | 272 | 273 | 274 | 275 |

PEMBERITAHUAN
Pertanyan terkait kemajuan proses KENAIKAN PANGKAT dapat dicek langsung melalui fitur baru INFORMASI PROSES KP yang ada di pojok kiri atas halaman beranda/home (Klik disini).

Tuliskan pertanyaan mengenai permasalahan KEPEGAWAIAN dengan mengisi form di bawah ini:
Nama :
e-Mail :
Judul :
Tanya :
   
    (Masukkan 6 kode diatas)