Informasi

Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Visi BKN : Menjadi Pembina dan Penyelenggara Manajemen Kepegawaian yang Profesional dan Bermartabat Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Melayani dengan Peduli, Iklas dan Bertanggungjawab ... ;
» Forum Tanya Jawab

  • tambahan penghasilan pns yang tubel ( 13-08-2019 )
  • Nama : waluyo
    Tanya : assalamualaikum..Wrb , mohon penjelasan : - apakah PNS yang sedang melaksanakan TUBEL berhak mendapatkan tambahan penghasilan ( TPP). atas penjelasannya diucapkan terima kasih

    Jawab:
    TPP tidak diberikan dengan dasar pasal 80 UU No. 5 Tahun 2014. Demikian, terima kasih.

  • kenaikan pangkat ( 13-08-2019 )
  • Nama : waluyo
    Tanya : Assalamu'alaikum. Saya fungsional statistisi muda, penata tk I gol III/d (per 1 Oktober 2015). Sudah lulus uji kompetensi statistisi madya pada periode Juni 2017, dengan AK komulatif 411,5 dan AK pengembangan profesi sudah melebihi syarat yang ditentukan. Namun, saya tidak dapat dinaikkan pangkat dalam jenjang statistisi madya dengan alasan formasi kebutuhan di tempat saya bekerja sudah penuh (diisi oleh pegawai yang ikut lewat jalur inpasing yang lulus pada akhir 2018). Bulan lalu unit tempat kerja saya mengajukan kenaikan pangkat ke IV/a, namun juga ditolak dengan alasan untuk naik pangkat harus berada pada jenjang madya. Pertanyaan saya, (1) apakah kenaikan pangkat dan jenjang untuk fungsional statistisi dependent atau independent? (2) Kalau ASN reguler (non fungsional) dengan pendidikan S2 bisa naik sampai IV/a, mengapa yang fungsional justru sulit (ada nuansa yang tidak adil dan tidak memberi kepastian)? (3) Hal yang sama juga terjadi pada rekan-rekan pada jenjag statistisi pertama gol III/b, mereka tidak bisa naik ke III/c meskipun pendidikannya S2 ? (4) jika hal ini berlangsung lama, maka ada stagnasi dalam karier ASN dan ini berpengaruh pada produktivitas dan semangat bekerja ASN, apa yang salah dari hal ini, sistem atau cara pandang yang salah terkait aturan dalam sistem? Terima kasih atas pencerahannya. Wassalamu'alaikum.

    Jawab:
    1. Kenaikan pangkat dan jenjang jabatan dependent berdasarkan ketentuan peraturan bersama Ka BPS dan Ka BKN No. 27 Tahun 2014 dan 1 Tahun 2014 Pasal 35 ayat (2) bahwa Kenaikan pangkat bagi statistisi dalam jenjang jabatan yang lebih tinggi dapat dipertimbangkan apabila kenaikan jabatannya telah ditetapkan oleh pejabat yang berwenang sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan
    2. Pengangkatan PNS dalam jabatan statistisi pada dasarnya disebabkan adanya lowongan formasi sesuai jenjang jabatan, dimana formasi disusun berdasarkan analisis kebutuhan jabatan dengan menghitung rasio keseimbangan beban kerja dan jumlah statistisi yang diperlukan untuk melaksanakan kegiatan unsur utama sesuai dengan jenjang jabatannya
    3. Saudara dapat diangkat dalam jenjang jabatan yang lebih tinggi dan naik pangkat sepanjang telah tersedia formasi yaitu apabila ada formasi yang belum terisi, ada pejabat statistisi yang berhenti, meninggal dunia, pensiun, atau adanya peningkatan volume beban kerja dan pembentukan unit kerja baru. Demikian, terima kasih.

  • Usul KP ( 12-08-2019 )
  • Nama : Siswanto, S.Pd.SD
    Tanya : Nama : Siswanto, S.Pd.SD Nip. 197103152006041006 Yang bertanya tentang usulan KP sudah sampai di BKN apa blm

    Jawab:
    Usul KP atas nama Siswanto, S.Pd.SD belum diterima BKN. silakan konsultasikan ke BKD setempat. Demikian, terima kasih.


  • syarat mutasi antar provinsi ( 12-08-2019 )
  • Nama : Niken
    Tanya : Saya mau menanyakan persyaratan dalam pengajuan mutasi poin b yang tertulis: analisis jabatan dan ABK terhadap jabatan PNS yang akan mutasi, itu dibuat di instansi asal atau instansi penerima, dan paling bawah ditandatangi siapa agar jika sudah sampai BKN tidak bolak-balik mengurusnya. Terima kasih sebelumnya..

    Jawab:
    Dibuat instansi asal dan instansi penerima, dan ditandatangani oleh PPK masing-masing. Demikian, terima kasih.

  • Ijin belajar ( 12-08-2019 )
  • Nama : Tri anna perihastuti
    Tanya : Mohon info tentang PPK ?

    Jawab:
    Yang dimaksud PPK dalam kepegawaian adalah pejabat pembina kepegawaian, dalam hal ini:
    PPK Kabupaten/kota = Bupati
    Provinsi                   = Gubernur
    Kementerian            = Menteri
    Sedangkan untuk pemberian ijin belajar pendelegasian kewenangan pada instansi masing-masing. Demikian, terima kasih.


  • Menanggapi jawaban tentang tidak memiliki ijin belajar ( 11-08-2019 )
  • Nama : Bagas raharjo
    Tanya : Pernyataan Memperhatikan pernyataan saudara yang menyatakan bahwa saudara diangkat pada Mei 2014 golongan ruang IIc dan menyelesaikan pendidikan D4 Fisioterapi pada Desember 2014. Dapat kami sampaikan bahwa saudara kepegawaian tidak mengerti maksudnya, meminta untuk tetap ada surat yg dikeluarkan dari BKD, kalo pun pernyataan dengan surat keterangan kampus bisa apakah ada format dan dasarnya sehingga kuat saat pengajuan ke BKD. mohon solusinya... Jawaban dari pernyataan dibawah ini: melaksanakan perkuliahan D4 fisioterapi sebelum diangkat sebagai CPNS sehingga tidak perlu surat ijin belajar untuk penyesuaian ijazah tersebut, tetapi cukup dengan surat keterangan dari perguruan tinggi tempat saudara melaksanakan perkuliahan dengan ketentuan bukan jarak jauh atau kelas jauh. Demikian. Terimakasih

    Jawab:
    Untuk alasan kemudahan dan kelancaran administrasi, mohon saudara dapat langsung menghubungi atau mengkonsultasikan dengan pengelola kepegawaian instansi saudara. Demikian, terima kasih.

  • Penyesuaian Ijazah ( 10-08-2019 )
  • Nama : Anonim
    Tanya : Assalamualaikum, sebelumnya saya CPNS guru dengan TMT 01 Maret 2019 telah memperoleh ijazah s2 sebelum tanggal 01 Maret 2019. Kapan saya bisa mengajukan penyesuaian ijazah? Bagaimana prosedurnya? Apakaj harus ujian penyesuaian ijazah terlebih dahulu? Terima Kasih sebelumnya

    Jawab:
    Syarat
    - Ujian penyesuaian ijazah terlebih dahulu
    - diangkat PNS (1 Tahun PNS)
    - SKP 1 tahun terakhir baik
    - Diusulkan melalui kepegawaian. Demikian, terima kasih.

  • Usul KP ( 10-08-2019 )
  • Nama : Siswanto, S.Pd.SD
    Tanya : Saya ASN dari Klaten usul KP dr 3b ke 3c sy cek di pelacakan my SAPK keterangan usul KP dari kabupaten Klaten gol 3d kebawah trs ttg tanggal SK dan lain sebagainya null, ini maksudnya bagaimna apakah usulan saya dah masuk ke BKN apa belum ?

    Jawab:
    Silakan cantumkan Nama dan NIP saudara untuk kami telusuri disistem kepegawaian kami lebih lanjut. Demikian, terima kasih.

  • tanya mengenai kelanjutan SK ( 10-08-2019 )
  • Nama : NUR RETNONINGSIH
    Tanya : Nama saya Nur Retnoningsih NIP. 196301211983042008 dari SD Negeri Penusupan 03 Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal. Saya baru menerima PAK untuk golongan IV.c per Juli 2019. Untuk kelengkapan berkas UKP, apa saja yang harus dipersiapkan? dan Kapan paling lambat kelengkapan berkas UKP dapat di ajukan untuk periode Oktober 2019? terima kasih

    Jawab:
    Kenaikan pangkat ke IV/c menjadi kewenangan BKN Jakarta, silakan konsultasikan ke BKD Kabupaten Tegal. Demikian, terima kasih.

  • Mutasi dan kenaikan pangkat ( 09-08-2019 )
  • Nama : Herlam
    Tanya : Karena proses mutasi antar provinsi yang membutuhkan waktu yang cukup lama.apa bisa mengajukan kenaikan pangkat selama proses mutasi tersebut.salam.

    Jawab:
    Lebih baik proses kepegawaian diprioritaskan terlebih dahulu untuk tertib administrasi. Demikian, terima kasih.

  • Ijin belajar untuk mengikuti program induksi ( 09-08-2019 )
  • Nama : Tri Anna Perihastuti
    Tanya : Untuk mekanisme ijin belajar dari staf ke guru, apakah saya harus menunggu untuk ke golongan III terlebih dah ulu? Karena saat ini golongan saya masih IIc. Apakah bisa mendapat ijin belajar untuk ikut program induksi? Karena jabatan saya pengadministrasi kesiswaan.

    Jawab:
    Seorang PNS apabila meningkatkan pendidikan, daerah/Kabupaten/Provinsi memiliki peraturan tersendiri. adapun untuk kewenangan izin belajar menjadi wewenang PPK. Demikian, terima kasih.

  • Cuti PNS ( 09-08-2019 )
  • Nama : lukman
    Tanya : Apakah PNS yang sedang dalam proses hukum karena melakukan korupsi bisa mendapatkan hak Cuti atau tidak?mohon penjelasan sesuai dasar hukum,terimakasih.

    Jawab:
    Sesuai dengan Perka BKN No 24 Tahun 2017 PNS tersebut berhak mengajukan cuti, akan tetapi diberikan atau tidaknya adalah kewenangan PPK. Demikian, terima kasih.


  • Apakah bisa alih fungsi dari jabatan struktur ke fungsional mendapatkan ijin belajar ( 08-08-2019 )
  • Nama : Tri Anna Perihastuti
    Tanya : Mohon pencerahan terkait keinginan saya untuk alih fungsi melalui program induksi dari struktural ke fungsional, berhubung saya baru akan menempuh jenjang s1 pendidikan guru . Bagaimana cara saya memproses ijin belajar yang dengan tujuan untuk ikut program induksi???

    Jawab:
    Induksi adalah masa penilaian atau percobaan seorang pelaksana yang mempunyai ijazah atau akta IV dan telah disesuaikan ke Golongan III.
    Contoh : Staff menjadi Guru, maka masa induksi 2 tahun. Untuk ijin belajar mekanismenya sama seperti ijin belajar secara umum. Demikian, terima kasih.

  • pindah instansi ( 08-08-2019 )
  • Nama : anto
    Tanya : Bapak/Bu kalau mau pindah instansi di lingkungan kemenag kab./kota (dari MIN 1 Jogja pindah ke MIN 25 Jogja) apa perlu juga di usul di aplikasi sapk. t

    Jawab:
    Untuk pindah unit kerja dalam satu instansi dan satu Kabupaten menjadi kewenangan Kemenag Kabupaten/Kota, kalo masih dalam 1 Provinsi menjadi kewenangan Kanwil Kemenag. Demikian, terima kasih.

  • Pencantuman/Penyesuaian Ijazah S2 ( 08-08-2019 )
  • Nama : Rizki
    Tanya : Selamat Siang admin, saya Rizki Yudi Asmanto, ST NIP: 19890803 201502 1 001 Pegawai Kulon Progo, mau tanya proses penyesuaian ijazah S2 saya apakah sudah masuk atau diproses belum ya? Terimakasih sebelumnya

    Jawab:
    Mohon jelaskan nomor surat pengantar dan tanggal pengiriman ke BKN untuk kami telusuri disistem kepegawaian kami. Demikian, terima kasih.


  • Kebijakan PNS yang tidak memiliki ijin belajar ( 08-08-2019 )
  • Nama : Abdul majid
    Tanya : Saat cpns sudah kuliah semester akhir.jabatan fungsional. Pertanyaan: 1. Format surat keterangan dari tempat kuliah bagaimana?apakah ada contoh. 2. Apakah tidak ada program pemutihan surat ijin belajar. 3. Kenapa prosedur ini tidak dibuat peraturan atau surat edaran dari BKN supaya kepegawaian tiap instansi dapat mengerti.

    Jawab:
    Setiap PNS yang meningkatkan pendidikan harus ada ijin belajar. bagi CPNS yang tinggal meyelesaikan tugas akhir harus ada surat keterangan belajar, format surat keterangan diajukan ke kepegawaian yang bersangkutan. Demikian, terima kasih.

  • Menanggapi jawaban tentang tidak memiliki ijin belajar ( 08-08-2019 )
  • Nama : Bagas raharjo
    Tanya : Pernyataan Memperhatikan pernyataan saudara yang menyatakan bahwa saudara diangkat pada Mei 2014 golongan ruang IIc dan menyelesaikan pendidikan D4 Fisioterapi pada Desember 2014. Dapat kami sampaikan bahwa saudara melaksanakan perkuliahan D4 fisioterapi sebelum diangkat sebagai CPNS sehingga tidak perlu surat ijin belajar untuk penyesuaian ijazah tersebut, tetapi cukup dengan surat keterangan dari perguruan tinggi tempat saudara melaksanakan perkuliahan dengan ketentuan bukan jarak jauh atau kelas jauh. Demikian, terima kasih. Pertanyaan 1. Kebetulan saya di kanreg2 jadi pengajuan melalui BKD Jatim. 2. Berkas yg harus disiapkan untuk masuk ke angka kredit 3. Waktu yg tepat pengajuan bila TMT 2d April 2018 untuk pengajuan 3A dengan memiliki ijazah D4. 4. Pencantuman gelar apakah langsung saat 3A tersebut. 5. Pindah jabatan dari terampil ke ahli apakah bisa juga dilakukan. Terimakasih

    Jawab:
    Untuk alasan kemudahan dan kelancaran administrasi, mohon saudara dapat langsung menghubungi atau mengkonsultasikan dengan pengelola kepegawaian instansi saudara. Demikian, terima kasih.

  • Batas Usia Pensiun penyuluh pertanian ( 07-08-2019 )
  • Nama : Woro Tri A
    Tanya : Pertanyaan lain saya : menurut Perpres 11 th 2017, penyuluh dengan jabatan Madya BUPnya 60 th...batasan tmt nya kapan? kalao jabatan madyanya baru turun april 2018...BUP nya juga bisa 60 th?

    Jawab:
    PP 11 tahun 2017 secara efektif berlaku mulai 7 April 2017, JFT Madya BUP nya 60 tahun. Demikian terima kasih.

  • Pembetulan SK III/d ( 07-08-2019 )
  • Nama : Abd. Aziz
    Tanya : Bagaimana cara pembetulan SK III/d saya yang salah NIP. dan tanggal Lahir nya...? Instansi saya Kemenag Klaten...

    Jawab:
    Dapat kami informasikan bahwa untuk perbaikan SK cukup di instansi masing-masing. Demikian, terima kasih.


  • Batas Usia Pensiun penyuluh pertanian ( 07-08-2019 )
  • Nama : Woro Tri A
    Tanya : saya penyuluh pertanian saat jabatan saya pp muda, dalam proses KP ke IVa tp juga diproses pensiun 1 prebruari 2020 (lahir 15-1-1962), pensiun 58 th. Tetapi setelah mendapat pembinaan dari bkd kab Jepara diterangkan bahwa disamping BUP berdasarkan PP 11 th 2017 berlaku jg aturan khusus utk BUP penyuluh yang berdasar Perpres no 55 th 2010 dan PP no 21 th 2014 yg menyebutkan bahwa Penyuluh dg jabatan penyelia dan muda tmt 27 agustus 2010 BUP nya 60 th. Sedangkan jabatan penyelia saya tmt 1 april 2010. Yang saya tanyakan berapa BUP saya yg benar atau berlakukah aturan itu untuk saya?

    Jawab:
    Berdasarkan PP  11 Tahun 2017, BUP penyuluh pertanian penyelia adalah 58 tahun. Demikian terima kasih


Hal: 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | 11 | 12 | 13 | 14 | 15 | 16 | 17 | 18 | 19 | 20 | 21 | 22 | 23 | 24 | 25 | 26 | 27 | 28 | 29 | 30 | 31 | 32 | 33 | 34 | 35 | 36 | 37 | 38 | 39 | 40 | 41 | 42 | 43 | 44 | 45 | 46 | 47 | 48 | 49 | 50 | 51 | 52 | 53 | 54 | 55 | 56 | 57 | 58 | 59 | 60 | 61 | 62 | 63 | 64 | 65 | 66 | 67 | 68 | 69 | 70 | 71 | 72 | 73 | 74 | 75 | 76 | 77 | 78 | 79 | 80 | 81 | 82 | 83 | 84 | 85 | 86 | 87 | 88 | 89 | 90 | 91 | 92 | 93 | 94 | 95 | 96 | 97 | 98 | 99 | 100 | 101 | 102 | 103 | 104 | 105 | 106 | 107 | 108 | 109 | 110 | 111 | 112 | 113 | 114 | 115 | 116 | 117 | 118 | 119 | 120 | 121 | 122 | 123 | 124 | 125 | 126 | 127 | 128 | 129 | 130 | 131 | 132 | 133 | 134 | 135 | 136 | 137 | 138 | 139 | 140 | 141 | 142 | 143 | 144 | 145 | 146 | 147 | 148 | 149 | 150 | 151 | 152 | 153 | 154 | 155 | 156 | 157 | 158 | 159 | 160 | 161 | 162 | 163 | 164 | 165 | 166 | 167 | 168 | 169 | 170 | 171 | 172 | 173 | 174 | 175 | 176 | 177 | 178 | 179 | 180 | 181 | 182 | 183 | 184 | 185 | 186 | 187 | 188 | 189 | 190 | 191 | 192 | 193 | 194 | 195 | 196 | 197 | 198 | 199 | 200 | 201 | 202 | 203 | 204 | 205 | 206 | 207 | 208 | 209 | 210 | 211 | 212 | 213 | 214 | 215 | 216 | 217 | 218 | 219 | 220 | 221 | 222 | 223 | 224 | 225 | 226 | 227 | 228 | 229 | 230 | 231 | 232 | 233 | 234 | 235 | 236 | 237 | 238 | 239 | 240 | 241 | 242 | 243 | 244 | 245 | 246 | 247 | 248 | 249 | 250 | 251 | 252 | 253 | 254 | 255 | 256 | 257 | 258 | 259 | 260 | 261 | 262 |

PEMBERITAHUAN
Pertanyan terkait kemajuan proses KENAIKAN PANGKAT dapat dicek langsung melalui fitur baru INFORMASI PROSES KP yang ada di pojok kiri atas halaman beranda/home (Klik disini).

Tuliskan pertanyaan mengenai permasalahan KEPEGAWAIAN dengan mengisi form di bawah ini:
Nama :
e-Mail :
Judul :
Tanya :
   
    (Masukkan 6 kode diatas)