Informasi

Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Visi BKN : Menjadi Pembina dan Penyelenggara Manajemen Kepegawaian yang Profesional dan Bermartabat Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Melayani dengan Peduli, Iklas dan Bertanggungjawab ... ;
» Forum Tanya Jawab

  • Pindah Wilayah Kerja ( 20-05-2018 )
  • Nama : Wiwik
    Tanya : Yth BKN, apakah pengajuan SK Pindah Wilayah Kerja saya yg dari Ponorogo ke Wonogiri a.n Wiwik Priastanti suda bisa d ambil? Terimakasih

    Jawab :

    Silahkan Saudara konfirmasikan ke BKD Kab.Wonogiri, terima kasih.


  • kenaikan pangkat ( 19-05-2018 )
  • Nama : fandy
    Tanya : saya pns dngan formasi jft pda thun 2011.kemudian saya tugas belajar pd thun 2013-2017 dengan jurusan non jft..stlah saya lulus saya tidak bisa PI dIV saya dnga alsan formasi awal jft..saya sudah naek reguler 1x dan skrng dtmpatkan di perencanaan..apakah saya bisa mengajukan pengunduran diri sbgai jft agar saya bisa PI dan bekerja di perencanaan? tms per 1 april 2018 karena penempatan saya sudah tidak di jft penguji kendaraan bermotor..??

    Jawab :

    Seorang PNS sangat dimungkinkan untuk alih/pindah jabatan baik secara vertikal, horizontal maupun diagonal sepanjang memenuhi sesuai yang dipersyaratkan... Apakah Saudara telah diangkat dalam JFT?


  • Mohon penjelasan ( 19-05-2018 )
  • Nama : Wilhelmus Nase
    Tanya : Sy pns guru smp lulus k-2 ijazah D-3 biologi setelah sy cek pd aplikasi pt taspen usia pensiun sy 58 thn pada hal yg sy tahu usia pensiun guru itu 60 thn.Mohon penjelasan ,terima kasih.

    Jawab :

    Batas Usia Pensiun bagi jabatan Guru adalah 60 tahun apabila sudah diangkat sebagai jabatan fungsional Guru. Apabila belum diangkat sebagai jabatan fungsional Guru berarti masih sebagai jabatan fungsional umum  batas usia pensiunnya 58 tahun.


  • Mohon penjelasan ( 18-05-2018 )
  • Nama : Fabianus Enggi
    Tanya : Setelah membacaca pp nomor 11 tahun 2017 tentang batas usia pensiun pns jabatan funsional saya sebagai guru pns cemas apakah batas usia pensiun tsb berlaku juga bagi guru pns??

    Jawab :

    Batas Usia Pensiun Guru sesuai dengan Undang-Undang Guru dan Dosen yaitu 60 tahun.


  • - ( 18-05-2018 )
  • Nama : Dewi Astuti
    Tanya : Kpd Yth admin, mhn informasi username & password utk bs membuka aplikasi SAPK BKN, Nip sy 197602071999032002, mksh

    JAWAB

    Mohon maaf, username dan password aplikasi SAPK BKN hanya diperuntukkan bagi admin resmi yang ditunjuk pada tiap BKD.

    Untuk kepentingan personal, silakan akses MYSAPK yang dapat diunduh secara gratis melalui Playstore.

    Demikian, terimakasih.


  • pengunduran dari jft ( 18-05-2018 )
  • Nama : teguh budiman
    Tanya : bagaimana prosedur pengunduran diri dari jft? syarat dan ketentuanya? terimakasih

    Jawab :

    Seorang PNS yang telah diangkat dalam jabatan fungsional tertentu, tentu melalui Analisis Jabtan (Anjab) untuk mengisi suatu formasi jabatan sehingga Sdr tidak bisa mengajukan pengunduran diri karena alasan pribadi, terima kasih.


  • Kenaikan Pangkat PI Kenapa di TMS ( 18-05-2018 )
  • Nama : Agung Nugroho
    Tanya : Maaf mau nanya kenapa kenaikan pangkat PI kami per 1 april 2018 TMS, kami bertugas di Staf TU SMP dan mendapat tugas tambahan sebagai bendahara, ijasah kami juga sudah relevan dengan tupoksi kami tp jawaban dari BKD kami di TMS karena beban kerja di SMP itu tidak terlalu banyak jadi tidak perlu S1, apakah ini ada aturannya?kenapa teman kami yang satu angkatan kuliah&PI,maju KP PI per Oktober 2017 kok bisa lulus, mohon penjelasannya, terima kasih.

    Jawab :

    Dalam Keputusan Kepala BKN Nomor 12 tahun 2002 dijelaskan kenaikan pangkat penyesuaian ijazah dapat diberikan/dipertimbangkan jika memenuhi syarat salah satunya adalah "diangkat dalam jabatan/diberi tugas yang memerlukan pengetahuan/keahlian yang sesuai dengan ijazah yang diperoleh" dapat kami sampaikan bahwa tugas pokok yang Saudara ampu sekarang cukup diselesaikan seorang PNS dengan pendidikan paling tinggi berijazah D.III, terima kasih.


  • tnt kenaikan pangkat ( 18-05-2018 )
  • Nama : yuwono
    Tanya : ijin bertanya: untuk pegawai dengan KP reguler, karena kesalahan dari bagian kepegawaian, usul kenaikan pangkat tidak dapat diproses lebih lanjut, padahal sudah 4 tahun dan memenuhi syarat KP, apakah dapat diusulkan KP pada periode berikutnya dengan tmt KP periode sebelumnya (tepat 4 tahun)? adakah sarana untuk pns ybs memperjuangkan penghargaan bagi ybs? terima kasih atas tanggapan yang diberikan

    Jawab :

    Dapat kami sampaikan bahwa apabila Sdr seharusnya KP pada periode April 2018 namun karena sesuatu hal belum diusulkan pada periode tsb maka Sdr dapat diusulkan pada periode Oktober 2018, terima kasih.


  • Kenaikan Pangkat ( 17-05-2018 )
  • Nama : Ari
    Tanya : Bapak/Ibu yth,saya cpns angkt 2011 formasi jft nanun sejak awal sk cpns hingga saat ini 3b SK sya adlh jfu.Ketugasan sy sejak awalpun adl sesuai SK yg sy trima,bahkan berbagai diklat non tekniis yg didisposisikan oleh atasan kpda sya slalu sy laksanakan sprti bendahara,pengadaan brg jasa,dll yg itu sm skali tdk berhubungan dg jft sya.Saat inipun jabatan sy sbg analis skaligus bendahara.Skrg menjelang kenaikan pgkt sya ke 3c di 2019 oleh BKD sy diharuskan utk mutasi ke tgkt 2 krna sesuai formasi awal cpns sdh tdk ada di prov tpi dialihkan ke tgkt 2.Apabila sy tdk melakukan mutasi maka sy tdk bs ke 3c.Pertanyaan sy: apakah sy bsa ke 3c dg jalur reguler mengingat ketugasan sy hingga saat ini adl jfu & SK yg selama ini sy peroleh dri BKD adl sbg jfu (dan bukan atas permintaan sy).Sya merasa dirugikan apabila menjelang 3c ini sy hrs mutasi ke tgkt 2 dan mulai dri 0 mengumpulkan angka kredit utk kenaikan 3c sy yg seharusnya sy peroleh di 2019.Sy mohon kebijaksanaan dri Bp/Ibu dan solusinya.Terimakasih.

    Jawab :

    Dapat kami sampaikan bahwa sesuai Memo Dinas Kepala BKN Nomor 01/MD/Ka/IV/2013 tanggal 24 April 2013 yang ditujukan kepada seluruh Kantor Regional, disampaikan bahwa PNS yang melamar dengan formasi JFT, tetapi belum diangkat dalam JFT dapat dipertimbangkan kenaikan pangkat reguler apabila yang bersangkutan tetap melaksanakan tugas pada unit kerja yang tugas dan fungsinya sesuai dengan formasi yang ditetapkan, belum mengikuti Diklat fungsional yang dipersyaratkan bukan kesalahan PNS Ybs yang dibuktikan dengan surat keterangan/pernyataan dari pejabat yang berwenang pada instansinya, terima kasih.


  • PAK Asli hilang ( 17-05-2018 )
  • Nama : agung purwoko
    Tanya : Saya Agung Purwoko, Gol IV/a- tmt 1 okt 2002. Karena pindah rumah Penetapan PAK hilang. Saat ini mengajukan kenaikan pangkat ke IV/b. BKD Provinsi mensyaratkan lampiran PAK terakhir. Apa yang harus saya lakukan untuk mendapatkan salinan PAK terakhir yang hilang. Terima kasih.

    Jawab :

    Silahkan Sdr berkoordinasi dengan Tim PAK setempat, terima kasih.


  • Proses Pengakuan Gelar Sarjana ( 17-05-2018 )
  • Nama : Dessy Nilawati
    Tanya : Nama : Dessy Nilawati NIP: 197903222006042006 Tanya: Mohon informasi Perkembangan Pengakuan Gelar Sarjana saya, Pengajuan dari bulan September 2017 sampai sekarang kok belum turun terimakasih. saya tunggu informasinya.

    Jawab :

    Untuk proses pengakuan gelar menjadi kewenangan masing2 Kab/Kota (sesuai Perbup/Perwal) oleh karenanya silahkan Sdr.tanyakan ke BKD setempat, terima kasih.


  • proses kenaikan pangkat ( 17-05-2018 )
  • Nama : sholikin
    Tanya : Mohon informasi tentang proses kenaikan pangkat An. Sholikin

     Jawab :

    Informasi tentang progress usul KP bisa anda cek sendiri melalui fitur informasi proses KP yang ada dihalaman beranda situs ini (pojok kiri atas).trimakasih


  • mutasi dari JFT ( 16-05-2018 )
  • Nama : shanty Lisdiana
    Tanya : Saya ASN di RSUD sebagai JFT Sanitarian, sejak bulan lalu saya dipindahkan ke bagian Tata Usaha, saya konfirmasi ke bagian kepegawaian bahwa saya tetap sebagai JFT Sanitarian walaupun ditempatkan di TU. apakah betul bisa demikian ? dari mana saya mendapatkan angka kredit JFT Sanitarian ?

    Jawab :

    Bahwa seorang JFT sanitarian harus melaksanakan tugas pokok sebagai sanitarian, apabila Saudara ditempatkan pada bagian TU namun harus melaksanakan tugas sebagai sanitarian, terima kasih.


  • Uji Kompetensi ( 15-05-2018 )
  • Nama : Argani Murtiningrum
    Tanya : Mohon petunjuk, untuk Jabatan Fungsional Analis Kepegawaian Muda pada Kabupaten / Kota yang sudah mencukupi Angka Kreditnya untuk naik jenjang Jabatan ke Madya pakah harus mengikuti Uji Kompetensi.. terima kasih

    Jawab :

    Dapat kami sampaikan bahwa sesuai dengan Perka BKN Nomor 16 tahun 2015 bagi pejabat analis kepegawaian yang akan naik jabatan harus mengikuti dan lulus uji kompetensi, terima kasih.


  • Materi Bimbingan Teknis Aplikasi e-Kinerja ASN - 27 April 2018 ( 15-05-2018 )
  • Nama : SANGAJI RIFQIANTO
    Tanya : Link Unduh Materi Bimbingan Teknis Aplikasi e-Kinerja ASN - 27 April 2018 tidak dapat di akses, mohon untuk diperbaiki karena kami membutuhkan materinya, terimakasih.

    Jawab :

    Mohon maaf kemarin file-nya corrupt. File sudah diunggah ulang. Silakan diunduh lagi. Terima kasih


  • jabatan struktural ( 15-05-2018 )
  • Nama : nanda kurniawan
    Tanya : tanya : apakah boleh jabatan eselon IVa blm 2 tahun (kurang 6 bln) dengan pangkat 3c dipromosikan ke eselon 3b ??

    Jawab :

    Sesuai dengan Keputusan Kepala BKN Nomor 13 tahun 2002 kenaikan eselon harus minimal 2 tahun.


  • ijin belajar ( 12-05-2018 )
  • Nama : Wiratmoko
    Tanya : Saya ASN Guru MA dari K2 Ijazah SMA Gol. II/a. Usia 48 thn. Saat mengajukan SK JBF Guru ditolak oleh UP Kemenag Kab. karena gol II/a tidak bisa mengajukan JBF Guru. diarahkan untuk JFT tenaga TU saja Saat akan mengajukan ijin belajar ke S1 Kependidikan ditolak juga karena usia sudah 48 thn. APAKAH MEMANG BENAR DEMIKIAN ? Saya masih ingin menjadi Guru.

    Jawab :

    Dapat kami sampaikan bahwa sesuai dengan Permenpan Nomor 16 tahun 2009 bahwa pengangkatan pertama  dalam jabatan guru minimal harus golongan III/a dan berpendidikan SI yang linier dengan bidang tugas yang diampu. Selanjutnya terkait dengan izin belajar tidak diatur batasan usianya, terima kasih.


  • Perpindahan Guru (Fungsional) ke Struktural ( 11-05-2018 )
  • Nama : Elvi Susanti
    Tanya : Apakah seorang guru tidak boleh pindah ke struktural, padahal dia sudah mengajar lebih dari 8 tahun...... apakah harus tetap dipaksakan apabila seorang guru yang tidak lagi menjiwai pekerjaan sebagai guru. dan apakah syaratnya seorang guru pindah ke struktural. terima kasih.

    Jawab :

    Perlu kami sampaikan bahwa pengangkatan dalam jabatan guru didasarkan atas formasi jabatan sehingga seorang PNS dengan jabatan guru tidak bisa distafkan atau alih jabatan kecuali diangkat dalam jabatan struktural dilingkungan dinas pendidikan, terima kasih.


  • Kenaikan pangkat tidak diusulkan ( 11-05-2018 )
  • Nama : anton hartanto
    Tanya : apakah data kenaikan pangkat dari kab. ciacap per tanggal 1 April 2018 sudah masuk semua ke BKN Reg I Yogya, saya NIP 197803262006041008 setelah dicek di web kok belum diusulkan, mohon penjelasannya. Trims.

    Jawab :

    Dapat kami sampaikan bahwa usulan KP periode April 2018 telah ditutup sejak akhir Maret 2018 dan finalisasi tanggal 16 April 2018 selanjutnya untuk usul KP periode Oktober 2018 dapat diusulkan mulai tanggal 25 Juni 2018, terima kasih.


  • sk berkala 2017 ( 11-05-2018 )
  • Nama : WINARNI
    Tanya : sk gaji berkala tahun 2017 saya hilang,bagaimanakah cara mendaptkan kembali dan apa syaratnya.terimakasih

    Jawab :

    Saudari Winarni bisa langsung ke pejabat yang berwenang/pejabat yang menandatangani SK tsb untuk meminjam dokumen arsipnya dan difoto copy.



Hal: 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | 11 | 12 | 13 | 14 | 15 | 16 | 17 | 18 | 19 | 20 | 21 | 22 | 23 | 24 | 25 | 26 | 27 | 28 | 29 | 30 | 31 | 32 | 33 | 34 | 35 | 36 | 37 | 38 | 39 | 40 | 41 | 42 | 43 | 44 | 45 | 46 | 47 | 48 | 49 | 50 | 51 | 52 | 53 | 54 | 55 | 56 | 57 | 58 | 59 | 60 | 61 | 62 | 63 | 64 | 65 | 66 | 67 | 68 | 69 | 70 | 71 | 72 | 73 | 74 | 75 | 76 | 77 | 78 | 79 | 80 | 81 | 82 | 83 | 84 | 85 | 86 | 87 | 88 | 89 | 90 | 91 | 92 | 93 | 94 | 95 | 96 | 97 | 98 | 99 | 100 | 101 | 102 | 103 | 104 | 105 | 106 | 107 | 108 | 109 | 110 | 111 | 112 | 113 | 114 | 115 | 116 | 117 | 118 | 119 | 120 | 121 | 122 | 123 | 124 | 125 | 126 | 127 | 128 | 129 | 130 | 131 | 132 | 133 | 134 | 135 | 136 | 137 | 138 | 139 | 140 | 141 | 142 | 143 | 144 | 145 | 146 | 147 | 148 | 149 | 150 | 151 | 152 | 153 | 154 | 155 | 156 | 157 | 158 | 159 | 160 | 161 | 162 | 163 | 164 | 165 | 166 | 167 | 168 | 169 | 170 | 171 | 172 | 173 | 174 | 175 | 176 | 177 | 178 | 179 | 180 | 181 | 182 | 183 | 184 | 185 |

PEMBERITAHUAN
Pertanyan terkait kemajuan proses KENAIKAN PANGKAT dapat dicek langsung melalui fitur baru INFORMASI PROSES KP yang ada di pojok kiri atas halaman beranda/home (Klik disini).

Tuliskan pertanyaan mengenai permasalahan KEPEGAWAIAN dengan mengisi form di bawah ini:
Nama :
e-Mail :
Judul :
Tanya :
   
    (Masukkan 6 kode diatas)