Informasi

Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Visi BKN : Menjadi Pembina dan Penyelenggara Manajemen Kepegawaian yang Profesional dan Bermartabat Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Melayani dengan Peduli, Iklas dan Bertanggungjawab ... ;
» Forum Tanya Jawab

  • Karsu/Karis ( 23-01-2019 )
  • Nama : DITA AMANDA SAKTI
    Tanya : Selamat siang. Mohoon info utk persyaratan dan alur pembuatan karsu/karis PNS UPT vertikal kemenkes KKP Kelas IV Yogyakarta bagaimana nggih? terimakasih

    Jawab:
    Selamat Siang. Pembuatan Karis/Karsu PNS dapat dilakukan melalui pengelola kepegawaian masing-masing atau silakan datang ke Layanan Kepegawaian Terpadu Kanreg I BKN pada hari dan jam kerja dengan membawa serta:
    a. Surat Pengantar dari BKD / SKPD
    b. Fotocopy sah SK CPNS
    c. Fotocopy sah SK PNS
    d. Fotocopy sah Konversi NIP (untuk PNS sebelum 2008)
    e. Fotocopy sah surat nikah
    f. Laporan perkawinan pertama
    Demikian, terima kasih

  • Kenaikan Jabatan ( 22-01-2019 )
  • Nama : Gunawan
    Tanya : Assalmualaikum WR. WB. Saat ini menduduki JFT Instruktur dengan Jabatan INSTRUKTUR PERTAMA (Ahli) TMT 01 Mei 2018 dan Pangkat/Gol. Ruang II.d TMT 01 Oktober 2018 dan Perolehan Angka Kredit saat ini mencapai 220. Bolehkah saya mengajukan Kenaikan Jabatan ke Tingkat INSTRUKTUR MUDA untuk TMT 01 Mei 2019 ??? Terimaksih.

    Jawab:
    Wa'alaykumsalam
    Mohon konfirmasi NIP sdr. Gunawan, dan detil kronologi Jabatan Saudara, karena menurut Kepmenpan 36 tahun 2003 Pangkat Pengatur Tingkat I, golongan ruang II/d berada pada Jabatan INSTRUKTUR PELAKSANA, sedangkan INSTRUKTUR PERTAMA diduduki oleh Penata Muda Golongan III/a sedangkan INSTRUKTUR MUDA diduduki oleh Penata Golongan III/c.
    Demikian, terima kasih.


  • Klarifikasi hasil PMK lanjutan ( 22-01-2019 )
  • Nama : Arif Nastainudin
    Tanya : Admin yang terhormat..dengan. Tanya jawab yg ada pada web ini..kami merasa puas dengan pelayanan BKN Kanreg 1. Kami ingin mengklarifikasi tentang jawaban admin atas pertanyaan saya mengenai PMK an.arif Nastainudin.. Disitu TMS dg keterangan..1. SK pengangkatan kepala sekolah seharusnya eselon 2. 2. Alasan berlakunya pasal 8 PP 48 th 2005 Sementara yang saya tanyakan sk pengabdian saya per Juli 2005.. apakah PP tersebut sudah diberlakukan.. sementara baru ditetapkan presiden waktu itu bapak SBY tgl 11 November 2005.. terimakasih admin yang terhormat mohon penjelasannya

    Jawab:
    Mohon maaf, SK Saudara ditandatangani oleh Kepala Sekolah, yang merupakan seorang Guru dengan Tugas Tambahan, atau Kepala Sekolah bukanlah seorang Pejabat yang berwenang dalam hal pengangkatan pegawai. Dengan demikian, mohon maaf SK Pengangkatan Saudara tidak dapat diakui untuk PMK. Demikian, terima kasih.

  • sk pensiun janda ( 22-01-2019 )
  • Nama : darwoto
    Tanya : apakah SK Pensiun janda an Drs. Lulus Kismoyo NIP.196007241987031005 sudah turun sy Darwoto NIP. 196208242000121002

    Jawab:
    Mohon maaf, sampai saat ini belum ada usul masuk untuk SK Pensiun janda an Drs. Lulus Kismoyo NIP.19600724198703100. Demikian, terima kasih.


  • sk pensiun janda ( 22-01-2019 )
  • Nama : darwoto
    Tanya : apakah SK Pensiun janda an Drs. Lulus Kismoyo NIP.196007241987031005 sudah turun

    Jawab:
    Mohon informasikan NIP dari sdr. Darwoto untuk konfirmasi kami lebih lanjut. Demikian, terima kasih

  • PMK ( 22-01-2019 )
  • Nama : Arif Nastainudin
    Tanya : Assalamualaikum..admin selamat melaksanakan tugas. Mau menanyakan hasil pengajuan PMK .a.n. Arif Nastainudin NIP. 198702032015021001 instansi pemerintah kota Pekalongan.. terimakasih sebelumnya..matur nuwun

    Jawab:
    Mohon maaf, hasil verifikasi berkas saudara ditetapkan bahwa Bahan Tidak Menenuhi Syarat untuk pengusulan PMK. Hal ini telah kami sampaikan kepada BKD Pekalongan baik secara elektronik (aplikasi kepegawaian) dan surat tertulis.
    Saudara tidak memenuhi syarat pada :
    1. SK Pengangkatan tahun 2005 ditandatangani oleh Kepala Sekolah. Seharusnya ditandatangani oleh Pejabat minimal eselon II (misal Sekda maupun Kepala BKD);
    2. Sesuai dengan pasal (8) PP 48 tahun 2005, bahwa sejak ditetapkannya PP ini, semua Pejabat Pengelola Kepegawaian dan Pejabat lain di lingkungan instansi dilarang mengangkat tenaga honorer atau sejenisnya, kecuali ditetapkan dengan Peraturan Pemerintah.
    Hal ini membuat usulan Penghitungan Masa Kerja saudara tidak dapat disetujui. Demikian, terima kasih.

  • Pemberkasan CPNS ( 21-01-2019 )
  • Nama : Alviana Hapsari
    Tanya : Pemberkasan kemarin saya melampirkan akreditasi jurusan sedangkan sewaktu pendaftaran saya mengupload akreditasi kampus, apakah akan berpengaruh dalam pengurusan nip pak? Saya jalur umum, terimakasih

    Jawab:
    Dapat kami informasikan bahwa persyaratan akreditasi yang perlu dipenuhi untuk formasi umum adalah akreditasi program studi. Demikian terima kasih.

  • Jadwal prajab kab/kota di Jateng dan DIY ( 21-01-2019 )
  • Nama : Yuni Eliyani
    Tanya : Maaf mau tanya kira2 kapan pelaksanaan prajab bagi cpns 2018 untuk kab/kota di Jateng dan DIY?

    Jawab:
    Jadwal Prajab CPNS di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah diatur oleh pengelola kepegawaian instansi masing-masing. Silakan berkoordinasi dengan BKD kab/kota masing-masing.Demikian, terima kasih.


  • Jadwal prajab kab/kota di Jateng dan DIY ( 21-01-2019 )
  • Nama : Yuni Eliyani
    Tanya : Maaf mau tanya kira2 kapan pelaksanaan prajab bagi cpns 2018 untuk kab/kota di Jateng dan DIY?

    Jawab:
    Jadwal Prajab CPNS di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah diatur oleh pengelola kepegawaian instansi masing-masing. Silakan berkoordinasi dengan BKD kab/kota masing-masing.Demikian, terima kasih.

  • kenaokan pangkat ( 20-01-2019 )
  • Nama : ismiyati
    Tanya : Saya guru sd akan gol IVa akan ke IVb akan menilaikan ijasah s1 pkn lulus th 2009 apakah bisa terimakasih

    Jawab:
    Untuk keputusan menerima/tidak menerima dan memutuskan status suatu berkas memerlukan verifikasi berkas secara keseluhuran, terlebih lagi untuk jabatan Guru dengan komposisi penilaian lebih dari satu unsur.
    Terkait pertanyaan saudara, dapat kami sampaikan bahwa mekanisme penilaian ijazah untuk kelulusan 2009 dilakukan pada sekitar 2013 yang lalu.  Kemudian, terkait kenaikan pangkat, selama saudara memenuhi persyaratan KP silakan saja mengajukan usulannya melalui pengelola kepegawaian saudara.
    Demikian, terima kasih.

  • Batas akhir usulan kenaikan pangkat ( 20-01-2019 )
  • Nama : Haryanti
    Tanya : Assalamualaikum wr.wb. Kapan batas akhir usulan kenaikan pangkat ke IV. b

    Jawab:
    Seluruh usul kenaikan pangkat periode April 2019 baik secara berkas fisik maupun elektronik/melalui aplikasi kepegawaian, sebaiknya diselesaikan dan disampaikan kepada Kanreg I BKN sebelum akhir Februari 2019.
    Demikian, terima kasih.

  • Pemberkasan ( 18-01-2019 )
  • Nama : Khilya aisyah
    Tanya : Maaf pak/bu mau tanya.... Program studi pendidikan bahasa arab yang mendaftar jàbatan formasi pendidikan agama islam (PAI) yang telah dinyatakan lolos skb. Apakah dalam pemberkasan dipermasalahkan??... karena program studinya bukan PAI... Terima kasih.

    Jawab:
    Dapat kami sampaikan, Tim Penetapan NIP sedang memverifikasi seluruh berkas, dengan pedoman kualifikasi pendidikan yang sesuai dengan formasi jabatan yang telah ditetapkan oleh Menpan. Demikian, terima kasih.

  • Bolehkah saya mendapatkan Salinan Memo? ( 18-01-2019 )
  • Nama : Hanggoro Laras Sakti
    Tanya : Bolehkah saya mendapatkan Salinan Memo Dinas Kepala BKN Nomor 01/MD/Ka/IV/2013 Tanggal 24 April 2013?

    Jawab:
    Boleh
  • Pemberkasan CPNS ( 18-01-2019 )
  • Nama : Agus
    Tanya : slamat siang. saya adalah lulusan universitas terbuka upbjj surakarta, apakah sah jika legalisir fotokopi ijazah saya yang menandatangani adalah kepala upbjj setempat, bukan dekan atau kepala UT pusat? terima kasih

    Jawab:
    Legalisir fc Ijazah dapat ditandatangani oleh pejabat setempat yang berwenang. Demikian, terima kasih.


  • unsur penunjang melebihi 10 persen ( 18-01-2019 )
  • Nama : basir
    Tanya : Yth admin, mau tanya...misal kami AK nya 430 tetapi unsur penujangnya dikoreksi kelebihan 5, secara hitungan menjadi 425, apakah tetap bisa KP atau harus revisi PAK dulu...terima kasih

    Jawab:
    Silakan diurus untuk revisi PAK terlebih dahulu. Demikian, terima kasih.

  • Syarat minimal naik pangkat ( 18-01-2019 )
  • Nama : yazid
    Tanya : Selamat pagi.... kami seorang guru ingin menanyakan syarat minimal lamanya untuk naik pangkat apakah benar 2 tahun? . Karena misal kami golongan iva mempunyai AK 470 dg PAK 31 des 2018 . Di tahun 2019 misal PAK bisa mencapai 29, 75 asumsi PKG baik ditambah unsur penunjang sehingga bisa mencapai 30 lebih . Karena kami sudah lulus s2 asumsi linier maka ditambah 50 sehingga total menjadi 450 lebih, asumsi syarat KI dan PI terpenuhi. Pertanyaanya ...Apakah awal januari 2020 memenuhi syarat untuk naik golongan IVb? terima kasih...

    Jawab:
    Dapat kami sampaikan bahwa berdasarkan Keputusan Kepala BKN Nomor 12 Tahun 2002 pada Lampiran Romawi IV angka 4, antara lain dinyatakan bahwa kenaikan pangkat bagi PNS yang menduduki jabatan Fungsional Tertentu dapat dinaikkan pangkatnya setiap kali setingkat lebih tinggi apabila sekurang-kurangnya telah 2 (satu) tahun dalam pangkat terakhir, telah memenuhi angka kredit yang ditentukan, dan setiap unsur penilaian prestasi kerja/DP3 sekurang-kurangnya bernilai baik dalam 2 (dua) tahun terakhir.

    Apabila saudara telah dapat memenuhi seluruh persyaratan kenaikan pangkat dengan asumsi-asumsi yang saudara sampaikan, silahkan ajukan usulan kenaikan pangkat saudara melalui pengelola kepegawaian instansi saudara.
    Demikian, terima kasih.

  • Pemberkasan cpns ( 17-01-2019 )
  • Nama : Haryanti
    Tanya : Masih bisakah untuk pemberkasan cpns menggunakan akta IV

    Jawab:
    Dapat kami sampaikan, Tim Penetapan NIP sedang memverifikasi seluruh berkas, dengan pedoman kualifikasi pendidikan yang sesuai dengan formasi jabatan yang telah ditetapkan oleh Menpan.
    Demikian, terima kasih.

  • Pemberkasan CPNS 2018 ( 17-01-2019 )
  • Nama : Rama Nidya Khafidhin
    Tanya : Assalamualaikum wr wb Ijin bertanya, saat pendaftaran CPNS saya menggunakan KTP Kab. Tegal. Pada bulan Oktober 2018, saya pindah KTP ke Kota Semarang sehingga saat pemberkasan CPNS bulan ini Januari 2019 saya menggunakan KTP baru (KTP Kota Semarang). NIK tetap sama, hanya alamat yg berubah. Yg saya tanyakan, apakah akan ada pengaruh ke hasil pemberkasan? Atau apa harus ada berkas yg harus dilampirkan? Terimakasih

    awab:
    Dapat kami sampaikan bahwa dalam pemberkasan mengacu ijazah yang dipergunakan sebagai salah satu dasar data pengangkatan pertama sebagai CPNS. Perbedaan yang saudara sampaikan, tidak akan bermasalah bagi pemberkasan saudara. Silakan sampaikan berkas saudara yang lama (KTP Tegal) dan yang terbaru dalam proses pemberkasan, agar diketahui oleh panitia. Demikian, terima kasih.

  • kenaikan pangkat ( 17-01-2019 )
  • Nama : Fauzy
    Tanya : Yth Admin BKN, mohon tanya, saya adalah PNS golongan II/d, memegang ijin belajar dan sudah menyelesaikan pendidikan S1, sudah mendapatkan kenaikan pangkat satu tingkat dari II/c. pada 2018 setelah penataan dikembalikan ke formasi pada saat lamaran CPNS yaitu JFT, sampai saat ini saya belum diangkat menjadi JFT, seharusnya bulan april ini kenaikan pangkat reguler ke golongan III/a, apakah proses kenaikan pangkat saya dapat dipertimbangkan? mohon petunjuknya.

    Jawab:
    Dapat kami sampaikan bahwa berdasarkan Pasal 4 Ayat (1) PP Nomor 97 Tahun 2000 Tentang Formasi PNS disebutkan bahwa formasi masing-masing satuan organisasi negara disusun berdasarkan analisis kebutuhan dan penyediaan pegawai sesuai dengan jabatan yang tersedia dengan memperhatikan norma, standard dan prosedur yang ditetapkan. Berdasarkan Pasal 2 Ayat (1) huruf b Permenpan dan RB No. 26 Tahun 2016 Tentang Pengangkatan PNS dalam JF melalui Penyesuaian (Inpassing) ditentukan bahwa Penyesuaian/Inpassing kedalam JF Keterampilan atau Keahlian pada kementerian/lembaga dan Pemda bagi PNS yang masih menjalankan tugas jabatan sesuai dengan formasi JF dan telah mendapatkan kenaikan pangkat setingkat lebihtinggi. Dalam Memo Dinas Kepala BKN Nomor 01/MD/Ka/IV/2013 Tanggal 24 April 2013 yang ditujukan kepada seluruh Kantor Regional, disampaikan bahwa PNS yang melamar dengan formasi JFT, tetapi belum di angkat dalam JFT dapat dipertimbangkan kenaikan pangkat regular apabila yang bersangkutan tetap melaksanakan tugas pada unit kerja yang tugas dan fungsinya sesuai dengan formasi yang ditetapkan.
    Demikian, terima kasih.

  • Ujian Dinas Tk. I ( 17-01-2019 )
  • Nama : Indra
    Tanya : Mohon izin bertanya tentang Ujian Dinas, Apabila ada seorang PNS sudah tamat S1 (ada ijin belajar) tetapi karena tdk memenuhi syarat untuk penyesuaian ijazah kmd dia ikut ujian dinas dan lulus sekarang pangkat III/a. Yang ingin saya tanyakan bolehkah dia sekarang mengajukan izin untuk S1nya agar disesuaikan ? Apakah pangkat maks dia ketika pensiun tetap III/b atau bisa menjadi III/d ? Terima kasih

    Jawab:
    Silakan saudara ajukan peningkatan pendidikan melalui pejabat pengelola kepegawaian instansi saudara. Pangkat puncak dapat sampai III/d.
    Demikian, terima kasih.


Hal: 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | 11 | 12 | 13 | 14 | 15 | 16 | 17 | 18 | 19 | 20 | 21 | 22 | 23 | 24 | 25 | 26 | 27 | 28 | 29 | 30 | 31 | 32 | 33 | 34 | 35 | 36 | 37 | 38 | 39 | 40 | 41 | 42 | 43 | 44 | 45 | 46 | 47 | 48 | 49 | 50 | 51 | 52 | 53 | 54 | 55 | 56 | 57 | 58 | 59 | 60 | 61 | 62 | 63 | 64 | 65 | 66 | 67 | 68 | 69 | 70 | 71 | 72 | 73 | 74 | 75 | 76 | 77 | 78 | 79 | 80 | 81 | 82 | 83 | 84 | 85 | 86 | 87 | 88 | 89 | 90 | 91 | 92 | 93 | 94 | 95 | 96 | 97 | 98 | 99 | 100 | 101 | 102 | 103 | 104 | 105 | 106 | 107 | 108 | 109 | 110 | 111 | 112 | 113 | 114 | 115 | 116 | 117 | 118 | 119 | 120 | 121 | 122 | 123 | 124 | 125 | 126 | 127 | 128 | 129 | 130 | 131 | 132 | 133 | 134 | 135 | 136 | 137 | 138 | 139 | 140 | 141 | 142 | 143 | 144 | 145 | 146 | 147 | 148 | 149 | 150 | 151 | 152 | 153 | 154 | 155 | 156 | 157 | 158 | 159 | 160 | 161 | 162 | 163 | 164 | 165 | 166 | 167 | 168 | 169 | 170 | 171 | 172 | 173 | 174 | 175 | 176 | 177 | 178 | 179 | 180 | 181 | 182 | 183 | 184 | 185 | 186 | 187 | 188 | 189 | 190 | 191 | 192 | 193 | 194 | 195 | 196 | 197 | 198 | 199 | 200 | 201 | 202 | 203 | 204 | 205 | 206 | 207 | 208 | 209 | 210 | 211 | 212 | 213 | 214 | 215 | 216 | 217 | 218 | 219 | 220 | 221 | 222 | 223 | 224 | 225 | 226 | 227 | 228 | 229 | 230 | 231 | 232 | 233 | 234 | 235 | 236 | 237 | 238 | 239 | 240 | 241 | 242 | 243 | 244 | 245 | 246 | 247 | 248 | 249 | 250 | 251 | 252 | 253 | 254 | 255 | 256 | 257 | 258 | 259 | 260 | 261 | 262 |

PEMBERITAHUAN
Pertanyan terkait kemajuan proses KENAIKAN PANGKAT dapat dicek langsung melalui fitur baru INFORMASI PROSES KP yang ada di pojok kiri atas halaman beranda/home (Klik disini).

Tuliskan pertanyaan mengenai permasalahan KEPEGAWAIAN dengan mengisi form di bawah ini:
Nama :
e-Mail :
Judul :
Tanya :
   
    (Masukkan 6 kode diatas)