Informasi

Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Visi BKN : Menjadi Pembina dan Penyelenggara Manajemen Kepegawaian yang Profesional dan Bermartabat Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Melayani dengan Peduli, Iklas dan Bertanggungjawab ... ;
» Forum Tanya Jawab

  • Pengakuan ijazah ( 12-04-2019 )
  • Nama : Alfian
    Tanya : Salam bagi tim bkn jogja, saya seorang cpns yang sedang menempuh kuliah s2. Pertanyaan saya, jika saat cpns saya lulus s2 apakah ijazah saya diakui & memerlukan syarat apa saja? Terimakasih

    Jawab:
    Dapat kami sampaikan bahwa berdasarkan Keputusan Kepala BKN Nomor 12 Tahun 2002tentang Ketentuan Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 99 Tahun 2000 tentang Kenaikan Pangkat PNS sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2002, antara lain dinyatakan bahwa Ijazah Dokter, Ijazah Apoteker, dan Ijazah Magister (S2) atau Ijazah lain yang setara, dan masih berpangkat Penata Muda golongan ruang III/a ke bawah dapat dinaikkan pangkatnya menjadi Penata Muda Tingkat I golongan ruang III/b, setelah memenuhi syarat antara lain diangkat dalam jabatan/diberi tugas yang memerlukan pengetahuan/keahlian yang sesuai dengan ijazah yang diperoleh, sekurang-kurangnya telah 1 (satu) tahun dalam pangkat terakhir, setiap unsur penilaian prestasi kerja sekurang-kurangnya bernilai baik dalam 1 (satu) tahun terakhir, memenuhi jumlah angka kredit yang ditentukan bagi yang menduduki jabatan fungsional tertentu, dan lulus ujian kenaikan pangkat penyesuaian ijazah.
    Syarat syarat yang perlu dilampirkan antara lain:
    - Ijin belajar/Tugas Belajar
    - Fotokopi Ijazah + Transkrip legalisir oleh pejabat yang berwenang
    - Ijin Penggunaan Gelar
    Demikian, terima kasih.


  • tentang KP penyesuaian ijazah ( 12-04-2019 )
  • Nama : INDAH RAHMAWATI
    Tanya : bpk saya mau tanya saya sudah pengajuan kenaikan pangkat penyesuaian ijasah dari golongan II c ke kegolongan III / a tapi setelah tanya ke BKN katanya ko harus kenaikan pangkat yang reguler ke II / d terus apa gunanya Surat tanda lulus ujian kenaikan pangkat penyesuaian ijazah bpk nama saya indah Rahmawati NIP.19720306 200701 2 007 Pangkat / Gol : Pengatur / II c unit kerja SMK N 1 Sragi Kab.Pekalongan ,mohon penjelasanya apakah saya harus menghadap ke BKN langsung y BPK ? matur nuwun

    Jawab
    Dapat kami sampaikan bahwa usulan KP atas nama indah Rahmawati NIP.19720306 200701 2 007 telah kami terima dan dalam proses nota persetujuan. Selanjutnya berkas usulan kenaikan pangkat yang telah selesai diproses, baik yang berstatus disetujui dengan NP maupun Tidak Memenuhi Syarat (TMS) dan BTL (Berkas Tidak Lengkap) dikoordinasikan kepada Pejabat Pengelola Kepegawaian / BKD instansi, dan merupakan kewenangan mereka untuk menyusun SK KP maupun mengonfirmasikannya kepada pegawai yang bersangkutan. Demikian, terima kasih.

  • Proses Kenaikan Pangkat ( 11-04-2019 )
  • Nama : Andri
    Tanya : Mhn ijin bertanya Min..saya an.ANDRI LUHUR WICAKSONO NIP.198205282010121001 sudah cek apk MYSAPK BKN.Disitu tertulis dimenu pelacakan, Prosedur Step Nama:Create Nota Persetujuan KP. mhn penjelasannya?apa usulannya masih bs perapril.mksh atas infonya.

    Jawab:
    Seluruh berkas usulan kenaikan pangkat yang telah selesai diproses, baik yang berstatus disetujui dengan NP maupun Tidak Memenuhi Syarat (TMS) dan BTL (Berkas Tidak Lengkap) dikoordinasikan kepada Pejabat Pengelola Kepegawaian / BKD instansi, dan merupakan kewenangan mereka untuk menyusun SK KP dan mengonfirmasikannya kepada pegawai yang bersangkutan. Demikian, terima kasih.



  • Lama proses Pembuatan Nota Persetujuan Naik Pangkat ( 11-04-2019 )
  • Nama : Yulidar
    Tanya : Berapa lama proses pembuatan nota persetujuan KP, maksud kami berapa hari/berapa minggu/berapa bulan. Saat ini kami mengajukan KP dan pada My SAPK tertulis create nota persetujuan, tapi teman yang lain sudah tertera nomor NP, tanggal NP, Nomor SK dan Tanggal NP sudah lengkap.

    Jawab:
    Seluruh berkas usulan kenaikan pangkat yang telah selesai diproses, baik yang berstatus disetujui dengan NP maupun Tidak Memenuhi Syarat (TMS) dan BTL (Berkas Tidak Lengkap) dikoordinasikan kepada Pejabat Pengelola Kepegawaian / BKD instansi, dan merupakan kewenangan mereka untuk menyusun SK KP dan mengonfirmasikannya kepada pegawai yang bersangkutan. Demikian, terima kasih.

  • tanya jawab ( 11-04-2019 )
  • Nama : Agus Sofyan
    Tanya : Ass. Maaf Nanya Mas. Kalo PNS golongan I/d ijazah SMP mau naik ke golongan II/a, Apakah harus ikut ujian dinas ?

    Jawab:
    Dapat kami sampaikan bahwa golongan Id yang akan naik pangkat ke golongan IIa tidak perlu ujian dinas. Demikian, terima kasih.

  • Konsultasi tanya jawab ( 11-04-2019 )
  • Nama : Harman
    Tanya : Terkait Kp Periode April 2019 atas Nama Harman NIP 196003231988031004 apakah sudah disetujui atau tidak...? Berkas sudah kami lengkapi...demikian terimakasih..

    Jawab:
    Untuk informasi perkembangan usulan KP dapat dipantau secara mandiri melalui aplikasi My SAPK (dapat didownload di playstore) dengan memasukkan NIP dan NIK, Kemudian pilih menu "lainnya" kemudian menu "pelacakan". Demikian, terima kasih.

  • Konsultasi tanya jawab ( 11-04-2019 )
  • Nama : Harman
    Tanya : Selamat siang bp, ibu admin : dengan tidak mengurangi rasa hormat dan penghargaan, melalui media ini kami sampaikan konsultasi dan tanya terkait kenaikan pangkat periode april 2019 an Harman NIP. 196003241988031004..demikian dan terimakasih

    Jawab
    Mohon maaf NIP. 196003241988031004 bukan atas nama Harman. Silakan cek kembali NIP yang saudara sampaikan. Demikian, terima kasih.

  • SK Pensiun ( 11-04-2019 )
  • Nama : Bambang Ekowarno
    Tanya : Kapan SK Pensiun saya, NIP.195908291981111002 sudah terbit

    Jawab
    Dapat kami sampaikan bahwa usul pensiun an BAMBANG EKOWARNO NIP.195908291981111002 telah selesai berproses di Kanreg I BKN dengan Nomor Pertek PH-234xxx. Realisasi SK Pensiun silakan konfirmasikan kepada Pemerintah Kab. Bantul. Demikian, terima kasih.

  • penentuan gaji pokok ( 11-04-2019 )
  • Nama : wahyudi
    Tanya : mohon penjelasan tentang tabel gaji PNS.... masa kerja keseluruhan saya 28 tahun ( tmt Maret 1991), besaran gaji pokok yang saya terima di bulan April 2019 dengan MKG 20 tahun. apa tidak MKG 22, 24,26 tahun? mohon penjelasan. maaf mungkin kurang pengetahuan saya masalah kepegawain..tks

    Jawab:
    Apabila saudara dari golongan II ke III dengan masa kerja 28 tahun di tarik ke tabel dikurangi 5 tahun, jadi penetapan gajinya ada pada posisi 23 tahun. Silakan lihat tabel gaji pada pp yang mengatur gaji. Demikian, terima kasih.

  • Kartu pegawai elektronik ( 11-04-2019 )
  • Nama : Suprihono
    Tanya : Pak niki yg kartu pegawai elektronik masih dipakai atau tidak masalahnya saya belum buat .apa cukup karpeg saya sudah cukup ? Maturnuwun

    Jawab
    Saudara dapat mengakses kartu pegawai elektronik saudara melalui aplikasi MySAPK yang dapat saudara unduh melalui playstore secara gratis untuk gadget android saudara. Demikian, terima kasih.

  • NIP ( 11-04-2019 )
  • Nama : Vicka
    Tanya : Assalamu 'alaikum Bapak/Ibu.semoga dalam lindungan Tuhan YME. Apakah dari Kab.Pemalang terdapat susulan berkas pengajuan NIP?. jika proses pertek bekas susulan tersebut berapa lama?. Terima kasih

    Jawab:
    Dapat kami sampaikan bahwa berkas susulan pengajuan NIP Kab. Pemalang tidak ada. Untuk lebih jelasnya silakan cek ke BKD setempat. Demikian, terima kasih.

  • Tanya Pengajuan KP ( 10-04-2019 )
  • Nama : Endri
    Tanya : Halo admin,bisa minta tlg cek pengajuan KP saya per april 2019,apakah sudah masuk BKN? NIP 198406212006042013 . Terimakasih... Saya cek di pojok kiri atas blm ada. Tp teman sy yg pengajuannya sama sdh ada.

    Jawab:
    Mohon maaf, data dengan NIP 198406212006042013 tidak diusulkan untuk KP periode April 2019 baik secara berkas fisik maupun aplikasi kepegawaian. Silakan konfirmasikan kepada pengelola kepegawaian Kabupaten Cilacap. Demikian, terima kasih.


  • Lama proses Pembuatan Nota Persetujuan Naik Pangkat ( 10-04-2019 )
  • Nama : Reka riyana
    Tanya : Berapa lama proses Pembuatan Nota Persetujuan Naik Pangkat..priode april 2019 mas/mbak..?

    Jawab:
    Segera setelah NP ditetapkan kami akan sampaikan kepada BKD setempat sesuai arahan pimpinan untuk realisasi SK KP saudara. Demikian, terima kasih.


  • Potongan gaji dan Tunjangan gaji bagi CPNS 2018 ( 10-04-2019 )
  • Nama : andiwan
    Tanya : Bismillah Admin mau tanya Potongan apa saja yang dilakukan pada gaji CPNS dan tunjangan apa saja yang didapat di gaji CPNS? Terima kasig

    Jawab:
    Sesuai Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 1977, kepada seorang yang diangkat menjadi calon Pegawai Negeri Sipil, diberikan gaji sebesar 80% dari gaji pokok. Selain gaji pokok, CPNS juga berhak memperoleh hak tunjangan, antara lain sesuai dengan status perkawinan dan jabatan yang diduduki. Demikian, terima kasih.

  • Peninjauan Masa Kerja ( 10-04-2019 )
  • Nama : Alvinda
    Tanya : Selamat pagi.... Saya CPNS 2018. Selama proses kemarin, semua SK CPNS masa kerjanya dihitung dari 0 tahun. Sementara saya sudah pernah bekerja sebelumnya menjadi tenaga kontrak di instansi pemerintah selama 3 tahun. Apakah saya masih bisa mengusulkan peninjauan masa kerja? Apabila masih bisa, kapan saya dapat mengajukan usulan tersebut? Terima kasih.

    Jawab:
    Menurut Keputusan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 11 Tahun 2002, dapat kami sampaikan bahwa persyaratan Peninjauan Masa Kerja salah satunya dengan melampirkan persyaratan asli pengalaman kerja dari pengangkatan awal sampai dengan pemberhentian, beserta daftar gaji baik pada waktu bekerja di Instansi pemerintah maupun swasta. Masa kerja di instansi pemerintah diperhitungkan secara penuh sementara di lembaga swasta berbadan hukum dihitung  1/2 (setengah) dari masa kerja dengan ketentuan minimal  1 (satu) tahun dan tidak terputus-putus, serta sebanyak-banyaknya 8 (delapan) tahun.
    Untuk teknis selanjutnya silakan berkoordinasi dengan BKD / pengelola kepegawaian instansi terkait. Demikian, terima kasih.

  • Proses kenaikan pangkat ( 09-04-2019 )
  • Nama : Sumarlin
    Tanya : Hallo Admin..nama Saya sumarlin. NIP 19780622 200212 1 010, saat ini saya sedang mengajukan KP dari 3D ke 4A, progres kenaikan pangkat saya pantau melalui aplikasi My SAPK, namun hampir berjalan sebulan dimenu pelacakan tertulis "Create Nota Persetujuan" apakah usul kenaikan pangkat saya bisa di proses sebagaimana mestinya...?

    Jawab:
    Usul kenaikan pangkat saudara masih dalam proses nota persetujuan. Demikian, terima kasih.

  • tindak lanjut pertanyaan ( 09-04-2019 )
  • Nama : achmat afandi
    Tanya : di permen... tidak boleh menuntut kenaikan pangkat pi terkecuali ada formasi tapi kenyataanya punyak saya belum ada tindak lanjut saya lulus sarjana jurusan teknologi pangan dan di kantor formasi pekerjaan saya di kantor mengurusi keamanan pangan dan pengawasan produk perikanan dan formasi jelas sesuai kenapa sampai sekarang belum turun padahal di bkd sudah mengakui sesuai formasi dan sesuai persyaratan dan sampai sekarang nota persetujuan belum turun terus saya harus konsultasi kemana boleh ngak saya datang menemui kepala bkn regional 1 Yogyakarta untuk konsultasi

    Jawab:
    Silakan datang ke pelayanan kepegawaian Kanreg I BKN Yogyakarta. Jln. Magelang Km 7,5 Yogyakarta. Demikian, terima kasih.


  • Cltn krn orangtua uzur ( 09-04-2019 )
  • Nama : Ni'mah
    Tanya : Maaf msh blm begitu jelas."sakit atau uzur pengertiannya sama termasuk lansia" apakah harus orangtua yg sakit (tidak bisa melakukan aktifitas sendiri)? Jika orangtua usia 69 th, pernah stroke ringan,lutut sering sakit tapi msh bisa melakukan aktifitas sendiri apakah bisa dikategorikan uzur?

    Jawab
    Berdasarkan Peraturan BKN 24 tahun 2018 Huruf G angka 2(f) dinyatakan bahwa salah satu alasan pribadi untuk mendapatkan izin CLTN adalan mendampingi/merawat orangtua/mertua yang sakit/uzur. Selanjutnya pada angka 6 dijelaskan lebih lanjut bahwa untuk mengajukannya silakan melampirkan surat keterangan dokter.
    Silakan saudara mengajukan usulan CLTN disertai alasan dan surat keterangan dokter (terkait orang tua yang sakit/uzur) untuk mendapat pertimbangan persetujuan cuti dari Pejabat Pengelola Kepegawaian instansi saudara. Demikian, terima kasih.

  • KP PI Formasi JFT ( 09-04-2019 )
  • Nama : yaya
    Tanya : Apa benar admin, ada PNS dari formasi CPNS JFT dan belum diangkat dalam jabatan JFT sesuai formasi CPNS bisa KP Penyesuaian Ijazah, kemudian KP lagi Reguler 2018, 2019?, kalau benar bagaimana? tolong cek data kepegawaiannya

    Jawab:
    Dapat kami sampaikan bahwa formasi JFT dapat mengusulkan KP PI setelah yang bersangkutan diangkat dalam jabatan fungsional tertentu tersebut. Demikian, terima kasih.


  • Persyaratan karpeg/karsu/karis ( 09-04-2019 )
  • Nama : Anton
    Tanya : Persyaratan pengajuan Karpeg dan Karis apa saja ya min ? Sy lihat di sub menu Karpeg/Karis/Karsu pd website tapi tidak ada tampilan apa-apa, mungkin perlu diupdate. Mungkin itu saja, mohon pencerahannya. Terima kasih

    Jawab :

    syarat penerbitan KARIS/KARSU sbb :

    1. pengantar dari BKD

    2. Laporan Perkawinan

    3. Fc sah Surat Nikah

    4. pas foto ukuran 3x4 sebanyak 2 lembar

    5. Fc sah data pendukung kepegawaian : SK. CPNS; SK. PNS 

    syarat penerbitan KARPEG sbb :

    1. pengantar dari BKD

    2. fc sah SK. CPNS dan PNS

    3. fc. sah STTPL

    4. pas foto ukuran 3x4 sebanyak 2 lembar. Demikian, terima kasih.



Hal: 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | 11 | 12 | 13 | 14 | 15 | 16 | 17 | 18 | 19 | 20 | 21 | 22 | 23 | 24 | 25 | 26 | 27 | 28 | 29 | 30 | 31 | 32 | 33 | 34 | 35 | 36 | 37 | 38 | 39 | 40 | 41 | 42 | 43 | 44 | 45 | 46 | 47 | 48 | 49 | 50 | 51 | 52 | 53 | 54 | 55 | 56 | 57 | 58 | 59 | 60 | 61 | 62 | 63 | 64 | 65 | 66 | 67 | 68 | 69 | 70 | 71 | 72 | 73 | 74 | 75 | 76 | 77 | 78 | 79 | 80 | 81 | 82 | 83 | 84 | 85 | 86 | 87 | 88 | 89 | 90 | 91 | 92 | 93 | 94 | 95 | 96 | 97 | 98 | 99 | 100 | 101 | 102 | 103 | 104 | 105 | 106 | 107 | 108 | 109 | 110 | 111 | 112 | 113 | 114 | 115 | 116 | 117 | 118 | 119 | 120 | 121 | 122 | 123 | 124 | 125 | 126 | 127 | 128 | 129 | 130 | 131 | 132 | 133 | 134 | 135 | 136 | 137 | 138 | 139 | 140 | 141 | 142 | 143 | 144 | 145 | 146 | 147 | 148 | 149 | 150 | 151 | 152 | 153 | 154 | 155 | 156 | 157 | 158 | 159 | 160 | 161 | 162 | 163 | 164 | 165 | 166 | 167 | 168 | 169 | 170 | 171 | 172 | 173 | 174 | 175 | 176 | 177 | 178 | 179 | 180 | 181 | 182 | 183 | 184 | 185 | 186 | 187 | 188 | 189 | 190 | 191 | 192 | 193 | 194 | 195 | 196 | 197 | 198 | 199 | 200 | 201 | 202 | 203 | 204 | 205 | 206 | 207 | 208 | 209 | 210 | 211 | 212 | 213 | 214 | 215 | 216 | 217 | 218 | 219 | 220 | 221 |

PEMBERITAHUAN
Pertanyan terkait kemajuan proses KENAIKAN PANGKAT dapat dicek langsung melalui fitur baru INFORMASI PROSES KP yang ada di pojok kiri atas halaman beranda/home (Klik disini).

Tuliskan pertanyaan mengenai permasalahan KEPEGAWAIAN dengan mengisi form di bawah ini:
Nama :
e-Mail :
Judul :
Tanya :
   
    (Masukkan 6 kode diatas)