Informasi

Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Visi BKN : Menjadi Pembina dan Penyelenggara Manajemen Kepegawaian yang Profesional dan Bermartabat Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Melayani dengan Peduli, Iklas dan Bertanggungjawab ... ;
» Forum Tanya Jawab

  • sertifikat PI ( 24-10-2018 )
  • Nama : robi hayadi
    Tanya : asslmkm wrwb.saya mau tanya.apakah sertifikat PI thn 2017 bisa digunakan untk KP thn 2019 atau harus ujian PI lagi thn 2019?.adakah aturan mengenai hal tersebut?.terima kasih

    Jawab:
    Dapat menggunakan sertifikat PI thn 2017 untuk proses KP thn 2019 selama memenuhi persyaratan dan diusulkan oleh PPK/BKD terkait. Demikian, terima kasih.

  • Formasi JFT ( 23-10-2018 )
  • Nama : ode
    Tanya : Bagaimana penanganan untuk PNS Formasi JFT yang belum diangkat sesuai formasinya? ada yang sekarang menjadi JFU, ada yang sudah KP Penyesuaian Ijazah, himbauannya untuk dibatalkan KP Penyesuaian ijazahnya, tapi yang sudah KP Penyesuaian Ijazah tidak dibatalkan kemudian usul KP Reguler kok lolos ya, ada juga yang karena KP Penyesuaian Ijazah dapat menduduki jabatan struktural karena pangkat terpenuhi, terus usul KP Struktural juga lolos, kalau bisa KP terus mungkin pilih tidak diangkat dalam jabatan sesuai dg formasinya karena tidak terbebani dengan angka kredit. terimakasih

    Jawab:
    1. Mohon informasi data PNS yang Saudara sebut sebagai `ada yang sekarang menjadi JFU, ada yang sudah KP Penyesuaian Ijazah, himbauannya untuk dibatalkan KP Penyesuaian ijazahnya, tapi yang sudah KP Penyesuaian Ijazah tidak dibatalkan kemudian usul KP Reguler kok lolos ya'. Akan kami telusuri lebih lanjut dan teruskan ke PPK/BKD terkait untuk ditinjau kembali KP nya.
    2. KP Reguler dapat diusulkan untuk PNS Formasi JFT yang belum diangkat sesuai formasinya, selama ybs menjalankan tugas sesuai formasi awal.
    3. PNS Formasi JFT yang belum diangkat sesuai formasinya, dapat dimungkinkan untuk diberikan jabatan Struktural selama ada formasi yang dibutuhkan instansi.
    Demikian, terima kasih.

  • Penulisan Gelar ( 23-10-2018 )
  • Nama : Adi
    Tanya : Seorang ASN Gol IIIa dengan gelar SK SHI, tetapi juga mempunyai Ijazah S.Pd.I yang tidak masuk pada SK. Bisakah diusulkan penulisan gelarnya menjadi SHI., SPdI.

    Jawab:
    Dapat diusulkan untuk dituliskan kedua gelar tersebut, selama kedua gelar telah dinilai dalam Angka Kredit (bagi JF Guru). Demikian, terima kasih.

  • TMT Pensiun ( 23-10-2018 )
  • Nama : Mustakim
    Tanya : Kapan TMT Pensiun an. Mustakim, S.Ag. MA NIP. 196103261989031002

    Jawab:
    Pertimbangan Teknis dan SK Pensiun an. Mustakim, S.Ag. MA NIP. 196103261989031002 telah tuntas diproses dengan nomor SK 000451 tanggal 29 April 2018. Untuk TMT Pensiun, silakan dicek pada SK Saudara melalui pengelola kepegawaian Kementerian Agama. Demikian, terima kasih.

     


  • - ( 23-10-2018 )
  • Nama : Dewi
    Tanya : Kpd Yth admin, mohon ijin utk bs cek data kepegawaian saya yg ada di Kanreg I BKN, NIP sy 197602071999032002, mksh atas bantuannya.

    Jawab:
    Mohon maaf kami tidak dapat melakukan pengecekan terhadap rincian data PNS dengan NIP 197602071999032002 karena kedudukan hukum ybs tidak ikut e-PUPNS 2015. Namun demikian dapat diusulkan Pensiun. Lebih lanjut silakan menghubungi Pejabat Pengelola Kepegawaian (PPK) / BKD terkait. Demikian, terima kasih.


  • Tunjangan Fungsional PNS Dokter ( 23-10-2018 )
  • Nama : Danu Lestariyanto, dr, SpOG
    Tanya : Assalammualaikum wr wb PNS Kab Magelang Peserta Tubel Mandiri PPDS Obsgin... telah selesai pendidikan April 2018, sudah menghadap BKD, melapor dengan membawa ijasah dan tesis, memohon penempatan kembali sebagai PNS. Kemudian ada SK Kemenkes mewajibkan saya Wajib Kerja Dokter Spesialis di RSUD SIwa, Kab, Wajo, Prop Sulawesi Selatan selama 1 tahun. BKD Magelang mengeluarkan surat tugas untuk saya supaya melaksanakan tugas WKDS tsb, tetapi yang saya dapatkan dari Kab Magelang hanya gaji pokok saja, tunjungan fungsional tidak ada, sama seperti saat saya masih pendidikan. Apakah kebijakan seperti itu? Wassalammualaikum wr wb

    Jawab:
    Pada saat saudara melaksanakan Tugas Belajar, maka Jabatan Fungsional saudara dibebaskan sementara (SE Menpan 4 tahun 2013) dengan SK Pembebasan Sementara dari Jabatan Fungsional, sehingga tidak mendapatkan tunjangan Jabatan Fungsional selama tugas belajar berlangsung. Tunjangan tersebut akan diberikan kembali setelah ybs menyelesaikan Tugas Belajar dengan diberikan SK Pengaktifan Kembali ke dalan Jabatan Fungsional. Demikian, terima kasih.

  • Kenaikan Pangkat Tugas Belajar Mandiri Kabupaten Magelang ( 23-10-2018 )
  • Nama : Danu Lestariyanto, dr, SpOG
    Tanya : Assalammualaikum wr wb PNS Kabupaten Magelang Kenaikan pangkat peserta tugas belajar mandiri (biaya sendiri) tidak bisa diproses karena biaya sekolah dibayar sendiri. Sekolah saya 4 tahun 4 bulan (1 Jan 2014 - April 2018) Apakah benar seperti ini?

    Jawab:
    Menurut Perpres 12 tahun 1961, Tugas belajar diberikan untuk menuntut ilmu, mendapat didikan atau latihan keahlian,baik di dalam, maupun di luar negeri, dengan biaya Negara atau dengan biaya sesuatu Pemerintah Negara Asing, sesuatu Badan International, atau sesuatu Badan Swasta Asing.
    Apabila menggunakan biaya sendiri, hal tersebut termasuk dalam ketentuan Ijin Belajar (SE MENPAN 4 tahun 2013). Baik tugas belajar maupun ijin belajar, diatur dalam SE MENPAN tersebut bahwa PNS tidak berhak menuntut penyesuaian ijazah ke dalam pangkat yang lebih tinggi kecuali terdapat formasi. Demikian, terima kasih.


  • aduan CPNS Kab. Rembang ( 23-10-2018 )
  • Nama : rahadi gianto
    Tanya : saya sudah kordinasi dengan pihak BKD rembang jawabannya : masing-masing daerah mempunyai keputusan yang berbeda walaupun ijasah dan lamaran kualifikasi jabatannya sama. Kalo di jatim lolos belum tentu d rembang lolos. apakah betul aturan atau juknis seleksi CPNS 2018 seperti itu? (keputusan lolos tidaknya bergantung daerah yang di lamar)

    Jawab:
    Berdasarkan Permenpan 36 Tahun 2018 romawi I angka 1 huruf a. menyatakan bahwa Verifikasi persyaratan administrasi kelengkapan dokumen pelamar dilakukan  oleh  Panitia Pelaksana  Seleksi CPNS Instansi.
    Peraturan BKN 14 Tahun 2018 tentang Petunjuk Teknis Pengadaan PNS pada romawi V huruf B angka 8 menyebutkan bahwa Hasil penetapan pelamar yang lulus maupunyang tidak lulus seleksi administrasi menjadi kewenangan ketua panitia seleksi instansi pengadaan PNS.
    Demikian, terima kasih.


  • TES CAT jogja ( 23-10-2018 )
  • Nama : Reni nuril
    Tanya : jadwal pelaksanaan tes CAT jogja yang di laksanakan di Graha Wana Bhakti Yasa bisa dilihat dimana ya bu/pak? apakah sekarang sudah dikeluarkan jadwalnya?

    Jawab:
    Silakan pantau secara berkala website dan media sosial resmi instansi yang saudara lamar. Demikian, terima kasih.

  • Tes CAT ( 22-10-2018 )
  • Nama : Rexy Satria
    Tanya : untuk pelaksanaan tes CAT, apakah tiap instansi tanggalnya berbeda atau dilaksanakan serentak bersamaan waktunya secara nasional?

    Jawab:
    Tes akan dilaksanakan pada periode yang bersamaan pada lokasi yang telah ditentukan. Setiap instansi yang membuka formasi jabatan berhak menentukan lokasi dan jadwal untuk peserta yang lolos seleksi untuk mengikuti tes selanjutnya. Demikian, semoga sukses.

  • aduan cpns formasi kab. rembang ( 22-10-2018 )
  • Nama : rahadi gianto
    Tanya : saya lulusan D3 teknik komputer dan jaringan program beasiswa BPKLN, teman seangkatan saya lolos seleksi administrasi semua di wilayah jatim. saya tidak lolos karena ijasah tidak sesuai kriteria pdhal formasi nama jabatannya yg d lamar sama gk da bedanya. mohon pejelasannya?

    Jawab:
    Silakan konfirmasikan ke instansi yang saudara lamar. Seluruh kewenangan seleksi administrasi berada pada instansi yang membuka formasi jabatan. Demikian, semoga sukses.


  • cpns 2018 kemenag ( 22-10-2018 )
  • Nama : Yasnita
    Tanya : asslmkm..bpk/ibuk..sy may bertnya hasil seleksi administrasi kemenag yogyakarta Blum kluar ato bgaimna pak..pdahal dijadawalny bs dilht tgl 21 tp smpai skrg Blum ad pngumuman ktk login d sscn. Mhon pnjlasan X buk. Mksh

    Jawab:
    Silakan pantau web resmi Kemenag untuk info terbaru. https://kemenag.go.id/
    Pelayanan dan penjelasan lebih lanjut dapat menghubungi call center panitia pada hari dan jam kerja melalui:
    telp (021)3802800 ext.231 email: panitiacpns2018@kemenag.go.id
    Demikian, semoga sukses.


  • honorer KII TAHUN 2014 ( 22-10-2018 )
  • Nama : DIONISIUS CANRI HOSTEIN
    Tanya : Apakah ada aturan UUD khusus honorer daerah KII Harus ada ijin belajar atau tugas belajar sebelum di anggakt cpns atau pns karena sy halahamduli lah sy di angkat cpns tahun 2014 dan pns 2015 di maluku utara dengan pangkat golongan juru I/c ijazah smp tapi tahun 2016 sudah ujian penyusuain ijasah SMA SDERAJAT DI LAPIRIKAN SETIFIKAT UJIAN PENYUSUASAIN IJASAH SMA GOLONGAN II/a sekaligus sudah ada keluarga dari bkn kenaikan pangkat panata muda II/a dan selanjutnya saya tahun 2018 sudah ujian penyusuaian ijasah S1 ekonomi pada bulan oktober 2018 ini...tapi saya di persulit harus minta uraian tugas dan tidak relevan dengan sarjana S1 EKONOMI , di waktu sebelum menjadi cpns dan pns sudah ada ijin tugas di perbantukan pada penghubung pada instansi lain di luar kota yang di tugaskan...akan tetapi apakah ada aturan UUD bahwa yang mana honorer harus ijin belajar...atau bagai mana..sebelum di samapiak kepihak berwajib karena kalua di lihat ini sangat di persulit pada kebijakan presiden RI NOMOR 11 TAHUN 2002 TETANTANG KENAIKAN PANGKAT...PENYUSAIAN IJASAH MOHON DI INFORMASI selanjutnya KE KAMI TRINAKSI

    Jawab:
    Dapat kami sampaikan bahwa dalam mengusulkan Kenaikan Pangkat melalui Penyesuaian Ijazah, maka pendidikan yang akan disesuaikan harus relevan dengan jabatan dan uraian tugas yang dimiliki sebagaimana tertera pada SK Pengangkatan/Jabatan seorang PNS. Apabila pendidikan tidak relevan dengan jabatan, maka dapat diusulkan untuk pindah ke jabatan baru yang mempersyaratkan pendidikan tersebut, selama terdapat formasi dalam unit kerja instansi terkait. Demikian, terima kasih.

  • Nilai PAK ( 22-10-2018 )
  • Nama : B. Suryono
    Tanya : Berapa nilai Angka Kredit yang harus dicapai setiap tahun untuk seorang Guru Gol II (dua) dengan ijazah masih SPG (setara SMA) #Gol II c akan naik ke II d

    Jawab:
    Angka Kredit yang harus dicapai setiap tahun untuk seorang Guru Gol II (dua) dengan ijazah masih SPG (setara SMA) Gol II c akan naik ke II d adalah sebanyak 4,5.
    Demikian, terima kasih.

  • Inpassing ( 22-10-2018 )
  • Nama : Zaky
    Tanya : Apakah Benar PNS yang SK CPNS nya sdh Jabatan Fungsional Tertentu tidak perlu ikut Inpassing untuk Usul Jafungnya...?? Saya PNS diangkat dgn Sk CPNS Jabatan Pustakawan.. Pendidikan D3 pangkat II/c kemudian seiring dgn berjalanx wktu saya bisa naik pangkat ke III/a melalui penyesuaian ijazah S1 perpustakaan dan blm meusul jafung... Ktika ingin meusul jafung ke BKD... Saya justru tidak dibolehkn karena kata BKD ditempat saya bekerja tdk ada formasi pustakawan ahli.. Tp ujernya klo pustakawan terampil baru biza.. Pdhl pndidikn saya sdh S1 perpust.. setelah itu Saya Konsultasi Ke Dinas Perpustakaan di Provinsi.. sebagai Instansi Koordinator JF pustakawan.. mereka menyarankan saya Ikut Inpassing JF Pustakawan... tapi Ketika saya tanyakan di BKD mereka malah berpendapat bahwa saya tidak perlu ikut Inpassing karena SK CPNS saya jabatanx sudah Pustakawan.. Apakah memang benar aturan sprti tu.. Dan saya bingung.. saya mnta saran.. langkah apa yg saya ambil.. dan mohon pncerahanx.. Trims

    Jawab:
    Benar yang disampaikan BKD. Apabila SK CPNS sudah tertera Pustakawan, maka dapat diusulkan untuk diangkat sebagai Pustakawan Terampil tanpa melalui inpassing. Demikian, terima kasih.

  • Profil PNS tdk sesuai ( 21-10-2018 )
  • Nama : Wawan Bintoro. SH
    Tanya : Assalamualikum wr wb. bp / ibu kami bertanya bagaimana membetulkan data profil yang di app.bkn.go.id kami tidak sesuai / belum benar ? wassalamu alaikum wr. wb

    Jawab:
    Silakan hubungi pengelola kepegawaian yang merupakan admin SAPK BKD/instansi saudara untuk melakukan update/pembaharuan data. Demikian, terima kasih.

  • tes skd ( 21-10-2018 )
  • Nama : Ita Rostikawati
    Tanya : jadwal tes skd kapan ya ?

    Jawab:
    Silakan cermati pengumuman yang disampaikan instansi yang saudara lamar. demikian,semoga sukses.

  • Status KP IVb ( 21-10-2018 )
  • Nama : Drs. Paryono, MSI
    Tanya : Bagaimana status KP ke IVb an. Drs. Paryono, MSI NIP. 196308061991031003?

    Jawab
    Mohon maaf, saudara tidak diusulkan kenaikan pangkat periode Oktober 2018.
    Usulan kenaikan pangkat an. Drs. Paryono, MSI NIP. 196308061991031003 sudah disetujui BKN untuk KP Periode April 2018 dengan Nota Persetujuan dengan nomor AI-12018005745 tanggal 5 Maret 2018. Selanjutnya realisasi pembuatan SK KP dapat dikoordinasikan dengan Kementerian Agama. Demikian, terima kasih.

  • Tanya soal simulasi cat ( 20-10-2018 )
  • Nama : Fahmi Hilman Dilaputra
    Tanya : Kapan ya ada simulasi CAT lagi, selalu aja kelewat informadinya doal simulasi CAT, tolong dong biar info simulasi CAT di perbanyak, jadi biar yang gak sempet update berita lewat online bisa tau,masak kalah sama iklan marketing kendaraan bermotor

    Jawab:
    Simulasi CAT di wilayah DIY dan Jateng telah tuntas kami selenggarakan. Silakan akses www.cat.bkn.go.id untuk simulasi CAT secara online. demikian, terima kasih.

  • sktp belum keluar ( 20-10-2018 )
  • Nama : toni wahyudi
    Tanya : mohon maaf , saya di BKN profil PNS sudah 3c per oktober 2018, tetapi sampai tanggal 20 oktober hari ini, sk kenaikan 3c saya belum keluar, sehingga menyebabkan data di dapodi dan di BKN tidak sesuai, di BKN 3c tetapi di dapodik masih 3b, belum bisa mengganti karena sk belum keluar. terima kasih

    Jawab:
    Silakan koordinasikan dengan pengelola kepegawaian Saudara. SK KP dicetak dan disampaikan oleh BKD/pengelola kepegawaian masing-masing instansi. Demikian terima kasih.


Hal: 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | 11 | 12 | 13 | 14 | 15 | 16 | 17 | 18 | 19 | 20 | 21 | 22 | 23 | 24 | 25 | 26 | 27 | 28 | 29 | 30 | 31 | 32 | 33 | 34 | 35 | 36 | 37 | 38 | 39 | 40 | 41 | 42 | 43 | 44 | 45 | 46 | 47 | 48 | 49 | 50 | 51 | 52 | 53 | 54 | 55 | 56 | 57 | 58 | 59 | 60 | 61 | 62 | 63 | 64 | 65 | 66 | 67 | 68 | 69 | 70 | 71 | 72 | 73 | 74 | 75 | 76 | 77 | 78 | 79 | 80 | 81 | 82 | 83 | 84 | 85 | 86 | 87 | 88 | 89 | 90 | 91 | 92 | 93 | 94 | 95 | 96 | 97 | 98 | 99 | 100 | 101 | 102 | 103 | 104 | 105 | 106 | 107 | 108 | 109 | 110 | 111 | 112 | 113 | 114 | 115 | 116 | 117 | 118 | 119 | 120 | 121 | 122 | 123 | 124 | 125 | 126 | 127 | 128 | 129 | 130 | 131 | 132 | 133 | 134 | 135 | 136 | 137 | 138 | 139 | 140 | 141 | 142 | 143 | 144 | 145 | 146 | 147 | 148 | 149 | 150 | 151 | 152 | 153 | 154 | 155 | 156 | 157 | 158 | 159 | 160 | 161 | 162 | 163 | 164 | 165 | 166 | 167 | 168 | 169 | 170 | 171 | 172 | 173 | 174 | 175 | 176 | 177 | 178 | 179 | 180 | 181 | 182 | 183 | 184 | 185 |

PEMBERITAHUAN
Pertanyan terkait kemajuan proses KENAIKAN PANGKAT dapat dicek langsung melalui fitur baru INFORMASI PROSES KP yang ada di pojok kiri atas halaman beranda/home (Klik disini).

Tuliskan pertanyaan mengenai permasalahan KEPEGAWAIAN dengan mengisi form di bawah ini:
Nama :
e-Mail :
Judul :
Tanya :
   
    (Masukkan 6 kode diatas)